close

Melihat Jajaran Intel SSD: Intel SSD 330, 530 dan 730

Intel-ssd-1

Semakin berkembangnya jaman, maka secara tak langsung keperluan komputasi pun juga semakin berkembang, bahkan untuk komponen penyusun komputer pun juga berkembang (baca perkembangan prosesor Intel disini). Salah satu komponen yang berkembang adalah drive penyimpanan. Mungkin saat ini HDD atau harddisk masih menjadi primadona pada berbagai laptop atau komputer yang ada di pasaran. Namun, SSD (Solid State Drive) pun juga tak kehilangan pamornya dan terus melakukan manuver untuk menarik para pelanggannnya. Penjualan SSD pun juga kini terus meningkat dari sejak awal kehadirannya. Hal tersebutlah yang mungkin membuat Intel untuk turut berpartisipasi dalam pembuatan SSD kembali setelah sebelumnya kurang berhasil dalam pengembangan perangkat ini. Saat ini Intel SSD bisa dibilang merupakan sebuah SSD yang memiliki kualitas tinggi dan waktu hidup yang cukup lama.Intel-ssd

Intel datang dengan slogannya “not all SSD build the same” atau yang bisa diartikan tidak semua SSD dibuat untuk bisa memiliki kinerja yang sama. Intel SSD tampaknya ingin membuktikan jika kegunaan SSD milik mereka akan mampu mengubah kinerja dan performa dari perangkat komputasi anda. Intel pun juga baru saja merilis SSD andalan versi terbaru milik mereka, yaitu Intel SSD 330, 530 dan 730. Ketiga SSD terbaru ini merupakan pengganti dari versi sebelumnya, yaitu Intel SSD 320, 520 dan juga 720.

Overview

Mungkin masa kejayaan Intel menjadi pemain dominan pada pembuatan SSD sudah lama sekali tidak terdengar kabarnya. Sebagai informasi, bahwan Intel SSD sebenarnya telah ada pada tahun 2007-2008, pada saat itu penamaannya adalah Intel X-25M. Tapi untuk beberapa tahun terakhir, Intel kini kembali giat dalam melancarkan dan menjual produk SSD mereka. Intel pun juga tak ragu-ragu dalam mengeluarkan produknya untuk bersaing dengan salah satu pemimpin pasar SSD, yaitu Samsung.

Perubahan yang paling terlihat dari Intel SSD yang dulu dan yang baru ini adalah penggunaan silikon SandForce sebagai bahan dasar bodi untuk SSD sehingga lebih ringan namun tetap kuat. Kembali ke tahun 2007-2008, saat pertama kali munculnya Intel SSD X-25M, bentuk bodinya masih terlalu lebar dan belum menggunakan silikon SandForce sehingga cukup berat. Selain, pada saat itu mungkin masih terlalu prematur dalam mengeluarkan teknologi SSD. SSD pada tahun itu juga dipandang memiliki volume penyimpanan yang kecil, tapi memiliki harga yang mahal serta tidak terlalu menguntungkan atau menghasilkan profit yang tinggi bagi penggunanya. Karena telah berpengalaman dalam pembuatan perangkat SSD, Intel kini tidak diragukan lagi akan menawarkan SSD yang memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan para pesaingnya.

Untuk saat ini, semakin berkembangnya tingkat kerumitan komputasi dan teknologi membuat SSD secara tak langsung menjadi dibutuhkan oleh para pengguna yang menginginkan kecepatan dan fleksibilitas terhadap perangkat laptop/notebook milik mereka. Mengapa masyarakat sekarang lebih menginginkan perangkat yang cepat dan juga fleksibel? Hal tersebut tak lain karena dengan semakin cepat perangkat, maka akan mampu menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi untuk pengguna, dan semakin fleksibel suatu perangkat komputasi maka akan semakin menawarkan kemudahan bagi penggunannya. Intel disini hadir dengan Intel SSD-nya untuk menawarkan kecepatan dan fleksibilitas.

Tipe-tipe terbaru dari Intel SSD

1. Intel SSD 330

Intel SSD 330 tersedia dalam 4 kapasitas penyimpanan, yitu 60 GB, 120 GB, 180 GB dan juga 240 GB. Ketika diluncurkan, kapasitas penyimpanan dari Intel SSD 330 ini berbeda dengan seri sebelumnya yaitu 320. Pada seri sebelumnya, Intel 320 hadir dengan kapasitas mulai dari 40 GB hingga 600 GB. Namun sebenarnya, ini tidak berpengaruh banyak karena jumlah kapasitas penyimpanan hanya berpengaruh terhadap jumlah data yang bisa ditampung, bukan terhadap teknologi, kecepatan atau stabilitas. Pada SSD 330 perangkat ini memiliki kontroler yang sama dengan SSD 520, jika anda memerlukan tempat penyimpanan yang lebih tinggi kami menyarankan anda untuk membeli Intel SSD 520.

Intel-ssd
Desain Intel SSD 330

Arsitektur dari Intel SSD 330 dan 520 sangat identik. Kedua drive penyimpanan ini menggunakan kontroller berupa SF-2281 dengan kecepatan sebesar 6 Gbps, dan kedua perangkat ini menggunakan NAND yang sama, yaitu Intel MLC sebesar 25 nanometer. Tidak hanya kontorler dan juga NAND, layout PCB pada kedua perangkat ini memiliki desain yang sama, hanya saja pada Intel SSD 520 memiliki nama kode silkscreened dan pada Intel SSD 330 memiliki nama kode Maple Crest.

Intel-ssd
Arsitektur Intel SSD 330

Kesamaan pada kedua perangkat ini tidak berakhir disana. Jika anda tidak melakukan pembaharuan pada software Intel SSD Toolbox, SSD Intel 330 secara langsung bisa dideteksi oleh software dari Intel 520.

330 dan 520 sebenarnya merupakan drive yang memiliki banyak kesamaan. Hanya bedanya, Intel 330 lebih murah jika dibandingkan dengan 520, namun memiliki tingkat ketahanan MLC NAND yang lebih rendah.

2. Intel SSD 530

Setelah model Intel SSD 330, Intel juga memiliki jenis perangkat SSD lain yaitu Intel SSD 530. Untuk para konsumen SSD yang baru, anda mungkin akan merasakan hal yang hebat ketika pertama kali menggunakan drive penyimpanan tipe ini. Intel mengeluarkan Intel SSD 530 tanpa perubahan yang signifikan jika dibandingkan dengan model sebelumnya. Seperti model sebelumnya, SSD 520, SSD 530 juga masih menggunakan silikon SF-2281 sebagai pelindungnya. Namun, tak seperti SSD 335 dan 520, Intel SSD 530 menggunakan silikon SF-2281 dengan versi terbaru yang telah terlebih dahulu dilakukan revisi. Dengan adanya teknologi B02, tidak meningkatkan performa yang dihasilkan oleh SSD, tapi konsumsi tenaga yang dibutuhkan semakin sedikit dengan adanya teknologi ini.

Intel-ssd
Desain Intel SSD 530

Tidak seperti model SSD sebelumnya, SSD 530 tersedia dalam 3 bentuk yang berbeda, yaitu SSD 2.5”, mSATA dan M.2 (80mm).  Kapasitas untuk hardisk yang memiliki ukuran 2.5” cukup bervariasi, mulai dari 80 GB hingga 480 GB. Untuk 530 tipe mSATA hanya tersedia pada 1 ukuran penyimpanan yaitu 240 GB. Dan untuk bentuk M.2 memiliki tempat penyimpanan mulai dari 240 GB hingga 360 GB. Desain pada SSD berukuran 2.5” memiliki bentuk facelift, dan memiliki bodi luar yang berbahan aluminum sebagai chasing.

Intel-ssd
Arsitektur Intel SSD 530

Intel memberikan garansi sebesar 5 tahun pergantian SSD kepada tipe ini. Dengan garansi yang cukup panjang ini, pengguna diharapkan akan merasakan keamanan dalam menggunakan SSD. Selain itu, Intel juga mengklaim jika SSD milik mereka memiliki MTBF (Mean Time Between Failure) sebesar 10 tahun. Biasanya hal seperti ini hanya terdapat pada high-end SSD. Jadi, bisa dibilang jika SSD dari Intel merupakan SSD yang memiliki kualitas yang tinggi.

3. Intel SSD 730

Dengan mengadaptasi platform dari SSD DC S3500/S3700, Intel SSD 730 merupakan satu-satunya SSD dari intel yang menggunakan kontroler dan juga interface NAND yang mampu berjalan pada frekuensi yang paling tinggi sehingga bisa meningkatkan performa dari sebuah SSD. Meski masih ada tipe Intel SSD 710, Intel menyarankan agar para pengguna SSD membeli Intel 730 karena seri ini merupakan yang terbaru dan mengadopsi teknologi terbaru pula. Intel SSD 730 memiliki logo ‘Skulltrail’ pada bagian depannya.

Intel-ssd
Desain Intel SSD 730

Intel sepertinya juga sangat serius membangun Intel SSD 730 sebagai SSD yang mampu bersaing pada kelas enterprise. Tipe NAND yang digunakan pada drive penyimpanan ini menggunakan MLC-HET NAND yang mampu bekerja lebih baik jika dibandingkan dengan NAND biasa. Dengan MLC-HET, SSD mampu menghasilkan performa yang tinggi namun tetap berada pada voltase yang rendah. Kontroller pada perangkat ini memiliki desain 8 channel yang berjalan pada kecepatan 600 MHz. Kontroller ini ditemani oleh MLC-HET NAND yang memiliki ukuran sebesar 32 GB (2×16 GB). NAND tipe ini mampu berjalan pada kecepatan sebesar 100 MHz dan mampu menghasilkan bandwidth sebesar 166 MB/s hingga 200 MB/s.

Intel-ssd
Arsitektur Intel SSD 730

Perangkat ini memiliki fitur yang sesuai dengan fungsi perusahaan, yaitu memiliki proteksi yang tinggi terhadap kehilangan data. Hanya beberapa SSD yang masih menggunakan teknologi proteksi ini. SSD yang menggunakan teknologi ini pastinya merupakan SSD dengan kemampuan tinggi dan tentunya dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Namun fasilitas yang ditawarkan sesuai dengan harga yang akan anda bayar.

Dengan teknologi yang memang dibangun untuk kegiatan bisnis, membuat Intel SSD 730 sangat nyaman untuk bisa digunakan selama 7 hari penuh tanpa berhenti. Pengguna juga tidak perlu khawatir karena konsumsi tenaga yang digunakan oleh SSD ini cukup rendah, hanya berkisar antara 1.5W hingga 5W. Intel memang menyangsa pangsa pasar untuk Intel SSD 730 bagi para pengguna yang cukup entusias dan profesional dalam bidang IT.

Tags : IntelSSD

Leave a Response