SHARE

mengatasi masalah yang sering muncul pada printer dot matrix 4Saat ini penggunaan printer dot matrix mungkin sudah sedikit, beberapa perusahaan mungkin telah menggunakan printer ink jet untuk mencetak nota milik mereka. Bagaimanapun juga beberapa kantor masih menggunakan printer dot matrix sebagai alat cetak. Tentunya setiap printer memiliki beberapa masalah yang sering muncul, tak terkecuali printer jenis Dot Matrix. Oleh karena itu, kami ingin memberikan anda tips untuk memperbaiki masalah pada printer dot matrix yang sering muncul.

Tenang saja, memperbaiki printer dot matrix tidak sesulit yang dibayangkan apalagi jika sebelumnya anda pernah memiliki pengalaman memperbaiki printer. Dengan memperbaiki printer sendiri, tentu saja akan menghemat biaya pengeluaran anda. Inilah beberapa masalah yang sering muncul dan cara memperbaiki masalah pada printer dot matrix.

1. Kendala kertas macet

Menurut pengalaman kami, kendala kertas yang macet pada printer dot matrix di sebabkan oleh berbagai hal. Artinya tidak ada hal pasti yang menjadikan kendala macetnya kertas. Salah satu penyebab yang paling sering menyebabkan kertas macet adalah kertas yang terjebak di bawah roller atau tractor feed printer dot matrix anda. Jika hal ini terjadi, anda bisa dengan mudah mengatasinya dengan cara, melepaskan roller yang ada pada printer lalu menarik keluar kertas yang terjebak. Pasang kembali roller-nya lalu lakukan cetak ulang.

Ciri-ciri masalah ini bisa anda lihat dengan mudah ketika kertas masuk ke dalam printer. Sebagian besar kertas akan terjebak di bawah roller dan sisanya tidak bisa masuk. Hal ini menyebabkan kertas berikutnya tidak bisa masuk sehingga aktivitas mencetak akan terhenti. Masalah ini bisa juga muncul ketika label cetak terpisah dari backing dan stick dari roller.

Kendala kertas macet juga bisa muncul ketika ujung dari traktor feed terpisah (tidak bersentuhan) dari kertas ketika melakukan aktivitas mencetak. Terkadang hal tersebut hanyalah sebuah kebetulan, namun jika keadaan tersebut sering terjadi maka bisa disimpulkan bahwa itu adalah masalah mekanika pada printer. Bagaimana cara memperbaiki printer dot matrix ini? Anda bisa dengan mudah menarik kertas tersebut dan menekan tombol form feed beberapa kali. Perhatikan tractor feed printer anda untuk memastikan jika traktor feed tersebut berjalan dan saling sinkronisasi satu sama lain. Beberapa printer dot matrix menggunakan sabuk berupa karet untuk menggerakan tractor feed dan seiring berjalannya waktu, sabuk ini bisa saja kendur, putus atau mungkin berada tidak pada jalurnya.

2. Muncul garis putih pada hasil cetak

Mungkin salah satu permasalahan yang ada pada printer dot matrix adalah munculnya garis putih horisontal pada hasil cetak. Lalu bagaimana cara memperbaiki printer dot matrix ini? Sebenarnya ini merupakan sinyal jika terjadi suatu masalah pada head print. Biasanya, hal ini terjadi karena pin yang ada pada print head sudah tidak lagi bekerja dengan benar. Jika hal ini terjadi, salah satu yang bisa anda lakukan adalah memastikan jika pita pada print head tersambung dengan rapat dengan print head. Jika pita tersebut lepas, terlebih dahulu bersihkan print head dengan cairan alkohol. Terkadang kotoran yang terdapat pada print head mampu menyebabkan print head tidak bisa bekerja. Jika anda telah melakukan hal ini namun masih ada garis putih pada hasil cetak, maka sebaiknya anda mengganti print head printer dot matrix anda.

mengatasi masalah yang sering muncul pada printer dot matrix
Munculnya garis putih pada printer dot matrix

3. Hasil cetak tidak keluar

Salah satu permasalahan yang ada pada printer dot matrix adalah hasil cetak yang tidak keluar. Ketika printer dot matrix melakukan kegiatan mencetak dan printer tersebut mengeluarkan suara layaknya mencetak sebuah dokumen, namun kertas keluar tanpa hasil cetak. Hal tersebut biasanya dikarenakan tinta pada pita mengering atau habis. Jika anda telah memastikan bahwa kondisi pita baik-baik saja, coba anda amati ketika melakukan kegiatan mencetak. Print head seharusnya mengenai pita untuk bisa mencetak pada kertas. Setelah itu, setiap print head kembali ke posisi awal, printer seharusnya memajukan pita tinta. Jika salah satu dari hal tersebut tidak terjadi, maka kemungkinan terbesar adalah pita tinta tidak terpasang dengan benar. Anda bisa membenahi dan meletakkan pita tinta pada tempat asalnya.

mengatasi masalah yang sering muncul pada printer dot matrix
Hasil cetak yang tidak keluar pada printer dot matrix

4. Munculnya baris kosong pada tiap teks

Jika terdapat baris kosong setelah jeda pada setiap teks yang ada, anda bisa mencoba mencetak beberapa teks. Setelah itu coba cetak satu halaman kertas. Jika masih terdapat baris kosong, maka anda bisa melihat dip switch dari printer dot matrix. Dip switch sendiri merupakan sebuah perangkat yang mengontrol perangkat CR/LF (Carriage Return/Line Feed), perangkat tersebut merupakan perangkat yang berguna untuk menarik kertas untuk masuk dan mengeluarkan kertas sesaat setelah di cetak. Dengan mengubah dip switch yang ada, seharusnya masalah ini telah teratasi.

mengatasi masalah yang sering muncul pada printer dot matrix
Dip switch pada printer dot matrix

Jika hasil cetaknya masih sama, maka ada beberapa hal yang sepertinya mengganggu kinerja printer anda. Hal yang paling mungkin terjadi adalah, driver dari printer dot matrix tidak berjalan dengan baik. Masalah tersebut bisa diatasi dengan cara mengunduh driver printer terbaru pada halaman website resmi printer anda.

Kabel yang kendur, salah atau terlalu panjang juga bisa menyebabkan hasil cetak seperti tersebut. Pastikan jika anda menggunakan kabel bawaan dari printer atau jika anda sudah menggunakan kabel bawaan, pastikan jika kabelnya terpasang dengan benar.

Jika semua tips diatas gagal, anda bisa mencoba untuk mencetak langsung dari printernya, tanpa melalui komputer. Jika hasilnya tetap sama, maka kemungkinannya adalah sistem board (papan sistem) yang ada pada printer mengalami gangguan/rusak.

5. Lampu Printer yang Berkedip

Masalah lainnya yang mungkin terjadi pada printer dot matrix adalah lampu yang ada pada printer terkadang berkedip secara terus menerus. Untuk masalah ini, anda sebaiknya membaca buku manual yang telah di berikan oleh pihak produsen. Setiap lampu printer yang berkedip memiliki pola tersendiri, tentu saja pola kedip lampu memiliki arti yang berbeda, hal ini berarti untuk setiap jenis printer memiliki arti yang berbeda.

Lampu yang berkedip berarti mengindikasikan sesuatu seperti tinta yang tinggal sedikit hingga kertas yang tersendat. Beberapa jenis printer juga mengindikasikan sistem board yang mengalami panas dan kegagalan menerima perintah dari PC.

6. Printer Tidak Bekerja

Salah satu masalah pada printer dot matrix adalah ketika melakukan aktivitas mencetak namun printer dot matrix tidak memberikan respon terhadap aktivitas. Ada beberapa cara untuk memastikan akar permasalahannya yaitu, pertama, pastikan jika printer anda mendapatkan tenaga untuk melakukan pekerjaannya (tersambung ke dalam arus listrik dan terkoneksi dengan baik ke dalam PC/laptop). kedua, jika semuanya telah tersambung dengan baik, baik koneksi (Wi-Fi atau kabel) dan printer masih belum bisa bekerja. Hal yang harus anda lakukan adalah dengan menjalankan cetak langsung dari printer dot matrix milik anda, tanpa melalui komputer. Jika masih tidak berjalan, maka bisa dipastikan terjadi kerusakan pada motor atau sistem board dari printer.

7. Suara yang Makin Berisik

Mungkin tidak ada printer dot matrix yang memiliki suara yang halus, banyak printer dot matrix bersuara kasar dan keras. Namun, kadang suara printer dot matrix menjadi semakin berisik dan lebih keras sehingga cukup mengganggu. Hal tersebut kadang juga di perparah ketika ada sebuah kertas yang tersendat. Mengapa suara yang di hasilkan printer dot matrix bisa menjadi berisik? Hal tersebut dikarenakan gear printer berada di luar jalur, sehingga tarikannya lebih kasar dan menghasilkan suara yang keras dan berisik. Anda bisa mengatasinya dengan cara mematikan printer dan membenahi setiap gear yang dirasa berada di luar jalur. Setelah membenahinya, anda bisa memberikan pelumas pada tiap gear yang ada sehingga bisa berjalan lebih halus dan mengurangi tingkat kemungkinan gear keluar dari jalur.

Selain mengecek gear, pastikan juga jika sabuk yang di kenakan oleh gear tetap kencang dan tidak sedang berada dalam masalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here