Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-utils.php on line 26

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-utils.php on line 26

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-person.php on line 152

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-person.php on line 230

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-person.php on line 236
close

Mengenal Kamera GoPro: Diperkirakan Banyak Peminat di 2015

camera_product_silver

camera_product_silverDalam beberapa tahun terakhir, kamera GoPro sangat menyita perhatian dan mampu menjadi trending topik di dunia. Berawal dari hanya beberapa orang yang menyukai kamera jenis ini, kini GoPro sudah mampu merambah pasar dunia dan memperoleh banyak keuntungan dari penjualan berbagai produknya. Dengan popularitas kamera GoPro yang meningkat, membuat beberapa orang yang tidak mengetahui produk ini bertanya-tanya mengenai “Apa GoPro itu?”.

Overview

GoPro merupakan sebuah kamera yang memiliki kualitas HD, anti-air, anti-guncang dan mampu merekam video dengan kualitas yang bagus. Kamera GoPro mendapatkan popularitas yang cukup tinggi bukan tanpa alasan, bentuknya yang kecil dan compact menawarkan hal yang berbeda dari kamera-kamera jenis lain. Selain bentuknya yang unik, kamera ini mampu menghasilkan video yang bagus. Dengan berbagai keunggulan diatas, ditambah fitur anti-air dan anti-debu mampu membuat kamera ini digunakan di berbagai kondisi dan keadaan.

Untuk saat ini ada 4 generasi berbeda dari kamera GoPro. 4 generasi ini adalah GoPro Hero 1, GoPro Hero 2, GoPro Hero 3 dan GoPro Hero 4. GoPro Hero 4 merupakan tipe terbaru dari kamera GoPro. Satu hal yang perlu di catat bahwa setiap generasi terbaru merupakan perkembangan dari generasi sebelumnya, semakin kecil angka dari produk tersebut, maka semakin minim fitur yang dimiliki kamera GoPro tersebut. Contoh, GoPro Hero 2 merupakan perkembangan dari GoPro Hero 1. Otomatis, fitur yang terdapat pada GoPro Hero 2 lebih banyak dan lebih baru dibandingkan dengan GoPro Hero 1.

Anda mungkin tidak akan bisa membeli GoPro Hero 1 dan GoPro Hero 2 melalui website dari pihak GoPro secara langsung. Karena pihak GoPro sudah memutuskan untuk memberhentikan produksi kamera tersebut dan fokus ke penjualan generasi terbaru. Meski begitu, anda tetap bisa membelinya dari toko-toko retail, baik online maupun offline.

Sebagai tambahan untuk memilih generasi dari kamera GoPro, anda juga harus menentukan generasi yang tepat dari kamera GoPro. Contohnya, kamera GoPro Hero 3 tersedia di 3 edisi yang berbeda. GoPro Hero 3 tersedia dalam edisi white (putih), silver (abu) dan black (hitam). Setiap edisi memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

GoPro Hero 3 white edition (edisi putih) memiliki kamera yang mampu merekam pada resolusi maksimal sebesar 1080p dengan kecepatan maksimal sebesar 30 fps. GoPro Hero 3 silver edition mampu merekam pada resolusi maksimal sebesar 1080p dengan kecepatan maksimal sebesar 30 fps, resolusi sebesar 960p dengan kecepatan maksimal 48 fps. Dan yang paling spesial adalah GoPro Hero 3 black edition (edisi hitam), mampu merekam resolusi maksimal sebesar 1080p dengna kecepatan maksimal sebesar 60 fps. Dengan menggunakan kamera GoPro edisi hitam, memiliki opsi yang pengambilan gambar yang lebih banyak dan hal tersebut berpengaruh terhadap harga yang ditawarkan.

Resolusi dari kamera pada tiap edisi juga berbeda. White Edition memiliki resolusi kamera sebesar 5 megapixel dan memiliki kemampuan untuk mengambil gambar burst sebesar 3 fps. Silver edition memiliki resolusi kamera sebesar 11 megapixel dan memiliki kemampuan untuk mengambil gambar burst sebesar 10 fps. Dan black edition memiliki resolusi kamera sebesar 12 megapixel dan memiliki kemampuan untuk mengambil gambar burst sebesar 30 fps. Dengan kemampuan pengambilan gambar sebesar 30 fps sudah menyamai kualitas video bioskop.

Kamera GoPro versi terbaru kini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik. Salah satunya adalah Wi-Fi, dengan fasilitas ini akan memudahkan pengguna untuk bisa melakukan upload dan sharing video atau gambar yang telah diambil. Sebagai tambahan, setiap edisi dari kamera GoPro Hero memiliki remote yang mampu memudahkan anda untuk mengkontrol seluruh fungsi yang terdapat pada kamera.

Sayangnya, jika anda membeli kamera GoPro versi lama, anda tidak akan merasa nyaman pada keadaan rendah cahaya (low light).

Aksesoris Kamera GoPro

Ketika anda membeli kamera GoPro, pastikan jika anda tidak hanya membeli kameranya saja. Cukup banyak aksesoris yang disediakan oleh pihak GoPro untuk kamera yang mereka produksi, aksesoris ini pun juga mampu bekerja cukup baik. Semua aksesoris yang terdapat pada kamera GoPro, mampu menawarkan kelebihan dalam pengambilan video maupun gambar, serta mampu mendukung pengguna untuk mendapatkan hasil yang cukup bagus. Beberapa aksesoris sudah populer dikalangan pengguna GoPro.

Ini dia beberapa aksesoris yang cukup populer bagi kamera GoPro

1. Baterai BacPac

Bagi anda yang menginginkan waktu merekam lebih lama, menggunakan 1 baterai mungkin tidaklah cukup. Dengan menggunakan akesoris bernama Battery BacPac akan memungkinkan anda untuk bisa melakukan aktivitas lebih lama dengan kamera GoPro. Aksesoris ini bekerja seperti baterai biasa dan dapat di isi ulang. Sayangnya, kapasitasnya tidak lebih besar dari kapasitas standart baterai bawaan.

go pro
Baterai BacPac GoPro

2. Handle Kamera

GoPro menawarkan sebuah produk yang memiliki berbagai variasi kamera dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Untuk kamera GoPro, memiliki berbagai jenis handle yang cukup bervariasi sehingga memudahkan pengguna untuk mengambil video dalam berbagai situasi. Mulai dari kegiatan skateboarding hingga kegiatan mendaki gunung. Setiap handle pun juga cukup bervariasi dalam meletakkan kamera GoPro anda, ada dengan cara cukup menempelkan, mengaitkan atau menjepitnya. Dan pastinya, beragam variasi tersebut cukup aman untuk digunakan oleh kamera GoPro.

3. Memory Card

Memory card yang dijual untuk kamera GoPro biasanya memiliki kapasitas sebesar 16 GB hingga 64 GD. Memory card cukup penting bagi pengguna yang melakukan kegiatan merekam video dengan intensitas yang cukup tinggi, seperti sehari 2 kali. Tanpa menggunakan memory card, kamera GoPro anda tidak akan bisa menyimpan banyak video. dan tentunya memory card ini cukup berguna dibuat untuk berjaga-jaga agar ketika merekam sebuah momen yang cukup penting anda tidak kehabisan memori lalu kehilangan momen tersebut.

4. Charger Tembok (Wall Charger)

Kamera GoPro menggunakan koneksi USB untuk melakukan pengisian baterai. Namun pengisian baterai tidak hanya bisa dilakukan oleh USB Charger. Pihak GoPro memberikan opsi kepada anda untuk melakukan pengisian dengan menggunakan Wall Charger. Dengan menggunakan Wall Charger, baterai kamera GoPro anda akan terisi 2 kali lebih cepat.

go pro
Wall Charger GoPro

5. Pengisi Baterai Auto (Auto Charger)

Salah satu aksesoris yang cukup berguna untuk dimiliki adalah auto charger. Dengan menggunakan auto charger, anda memiliki kesiapan lebih untuk mengambil video yang di inginkan.

go pro
Auto Charger GoPro

6. Mic Adapter

Microphone bawaan dari kamera GoPro memang cukup berguna, tapi beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan kualitas perekam suara yang lebih baik. Oleh karena itu, pihak GoPro menyediakan sebuah aksesoris bernama Mic Adapter yang mampu merekam suara dengan kualitas yang cukup bagus. Aksesoris ini dapat dihubungkan dengan slot micro USB yang terdapat pada kamera dan memiliki konektor suara yang bisa dipasangkan pada microphone lainnya untuk menghasilkan suara yang cukup bagus.

go pro
Mic Adapter GoPro

7. Kabel Kombo (Combo Cables)

Microphone bawaan dari kamera GoPro memang cukup berguna, tapi beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan kualitas perekam suara yang lebih baik. Oleh karena itu, pihak GoPro menyediakan sebuah aksesoris bernama Mic Adapter yang mampu merekam suara dengan kualitas yang cukup bagus. Aksesoris ini dapat dihubungkan dengan slot micro USB yang terdapat pada kamera dan memiliki konektor suara yang bisa dipasangkan pada microphone lainnya untuk menghasilkan suara yang cukup bagus.

go pro
Combo Cables GoPro

8. Anti-Fog

Anti Fog Inserts, seperti namanya yang diambil dari bahasa inggris, aksesoris ini berfungsi untuk menghalangi lensa kamera dari keadaan fogging (berkabut). Jika berada dalam keadaan fogging, anda tidak akan bisa mengambil gambar dengan baik. Aksesoris ini dimasukan pada bodi dari kamera dan menjaga bodi kamera dan lensa dari keadaan lembab.

go pro
Anti-Fog kamera GoPro

9. Floaty

Aksesoris bernama Floaty ini cukup penting bagi anda yang ingin mengambil video di keadaan basah, seperti pemandangan saat surfing. Alat ini dipasang pada bagian belakang kamera GoPro. Floaty berfungsi sebagai wadah yang digunakan oleh kamera GoPro saat sedang melakukan pengambilan gambar di bawah air.

go pro
Floaty kamera GoPro

Kamera Terbaru Dari GoPro

1. GoPro HERO4

Pada bulan September tahun 2014, GoPro mengeluarkan kamera versi terbarunya yaitu HERO4. GoPro Hero 4 tersedia dalam edisi Black dan Silver. Kamera ini sekaligus menjadi pembaharuan untuk versi sebelumnya, yaitu GoPro Hero3+. Kamera HERO4 Black Edition memiliki resolusi kamera sebesar 12 mp dengan teknologi CMOS dan memiliki lebar focal sebesar f/2.8 pada aperture maksimal. Memiliki konektivitas Bluetooth dan memiliki prosesor yang mampu bekerja 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan versi sebelumnya, selain itu kecepatan frame rate mampu mencapai 2 kali lipat dibandingkan dengan HERO3+. Kamera GoPro HERO4 mampu merekam video berformat 4K dengan kecepatan frame hingga 30 fps. Dengan mode Superview, anda hanya bisa merekam video berformat 4K dengan kecepatan frame hingga 25 fps. Tentunya tidak hanya bisa merekam format 4K, tapi juga bisa merekam dengan berbagai format lainnya. Kamera ini mampu mengambil gambar dengan resolusi maksimal hingga 12 MP dengan kecepatan burst hingga 30 fps. Dengan menonaktifkan fitur Wi-Fi, anda bisa mengambil video sepanjang 65 menit dengan format 4K dengan kecepatan frame hingga 30 fps, atau anda bisa menurunkan resolusinya ke angka 720p dengan kecepatan frame hingga 120 fps dan anda bisa merekam video sepanjang 1 jam 50 menit. Baterai yang difunakan pada kamera HERO4 Black Edition berbeda dengan tipe sebelumnya. Hasil tangkapan video nya pun juga berbeda dengan sebelumnya, HERO4 memiliki detail lebih kompleks pada pengambilan video jarak jauh dan memiliki detail yang sama pada pengambilan video jarak dekat.

go pro
GoPro Hero4

Sedangkan untuk kamera Hero4 Silver Edition, memiliki fitur yang hampir sama dengan GoPro HERO3+ Black Edition, hanya saja pada HERO4 Silver Edition memiliki fitur layar sentuh (touch screen). Sama seperti dengan HERO4 Black Edition, HERO4 Silver Edition juga dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi dan juga Bluetooth.

Kamera ini dilengkapi dengan resolusi kamera 5MP dan memiliki resolusi video seperti kamera HERO3 White Edition.

Baik HERO4 Black Edition dan HERO4 Silver Edition dirilis pada saat yang bersamaan.

2. GoPro HERO3+

Pada bulan Oktober 2013, GoPro mengeluarkan kamera dengan nama GoPro HERO3+. GoPro HERO3+ hadir dengan 2 varian, yaitu HERO3+ Black dan Silver Edition, kamera ini diluncurkan untuk menggantikan kamera versi sebelumnya, yaitu GoPro HERO3. Dengan kamera GoPro Hero3  White Edition yang tetap hadir sebagai perangkat low-end, bisa dipastikan jika kedua perangkat GoPro HERO3+ merupakan perangkat mid-end. Pada kamera GoPro 3+, anda bisa mendapatkan video dalam keadaan minim cahaya dengan sangat baik, dan perangkat ini memiliki kemampua anti-air yang meningkat. Bodi dari GoPro 3+ 20% lebih ringan dan 15% lebih kecil jika dibandingkan dengan GoPro HERO 3. Selain itu, pihak GoPro mengklaim jika, GoPro Hero 3+ mampu mengambil gambar dengan lebih tajam dan memiliki kemampuan audio yang lebih baik dengan fitur pengurangan noise (noise reduction). Lama nyala baterai juga 30% lebih panjang dibandingkan model sebelumnya.

go pro
GoPro HERO3+

3. GoPro HERO3

Pada akhir tahun 2012, GoPro memperkenalkan kamera yang cukup diandalkan, bahkan hingga sekarang masih masuk daftar jual GoPro. GoPro HERO3 merupakan versi ketiga dari kamera yang memiliki ciri khas bentuk yang kecil dan compact ini. Kamera ini terdiri atas 3 edisi, yaitu Black, Silver dan White.

go pro
GoPro HERO3

Ketiga kamera GoPro ini memiliki material bodi yang lebih baru, 30% lebih kecil dan 25% lebih ringan dibandingkan versi sebelumnya. Kamera ini memiliki fitur Wi-Fi namun tidak dilengkapi dengan fitur Bluetooth. Karena bentuk fisiknya yang berbeda dengan versi sebelumnya, kamera GoPro HERO1 dan GoPro Hero 2, maka kebanyakan aksesoris yang bisa digunakan pada versi sebelumnya, tidak bisa digunakan pada versi GoPro HERO3. Namun, anda tidak usah khawatir, karena pihak GoPro juga mengeluarkan banyak aksesoris terbaru yang mampu membantu kinerja kamera GoPro HERO3.

13 Comments

  1. Cukup memberi pencarahan gan untuk tips dan reviewnya. Ijinkan saya bertanya, mengala untuk gopro hero 4 be saya tidak bisa merekam video dengan durasi panjang ya?? Maksimal hanya 45 detik. Micro sd yg saya pakai sandisk 8gb class 10. Ditunggu pencerahannya gan.

  2. MIn numpang nanya klo penutup pada tempat memori serta colok2an di gopro 4 itu namananya apa ya?yg letaknya di samping?tempat ane ilang soalnya terus mau cari penutupnya itu

Leave a Response


Warning: Cannot assign an empty string to a string offset in /home/anugrahx/public_html/wp-includes/class.wp-scripts.php on line 454