mengenal pabx

mengenal pabxApakah anda mengenal PABX? Atau apakah anda telah mengetahui fungsi utama dari sebuah perangkat PABX? Pada artikel ini kami akan memberikan pembaca informasi mengenai perangkat PABX beserta fungsi dan jenis-jenis dari PABX itu sendiri.

Overview

Sebenarnya, apa kepanjangan dari PABX itu sendiri? PABX merupakan akronim dari Private Automated Branch eXchange. Awalnya perangkat ini bernama PBX, namun karena semakin lama perangkat PABX berkembang menjadi perangkat yang auto (mampu berjalan sendiri), oleh karena itu kini perangkat tersebut bernama PABX. Perangkat ini berguna untuk bisa menyambungkan pesawat telepon yang ada pada suatu tempat sehingga telepon tersebut bisa membentuk sebuah sistem yang mampu bekerja secara berkesinambungan. Jadi dengan adanya PABX, nomer telepon yang tadinya hanya satu bisa digunakan untuk menghubungi beberapa orang yang tersambung pada PABX tersebut. Pada dasarnya PABX merupakan sebuah switchboard yang menghubungkan antar pesawat telepon pada suatu tempat sehingga bisa melakukan panggilan tanpa perlu memakan biaya.

mengenal pabx
Sistem PABX

PABX menyajikan pengalihan panggilan untuk sistem telepon. Penggunaan PABX yang telah terorganisasi dengan baik dapat disambungkan juga dengan PSTN (Public Switched Telephone Network). Dengan begitu, setiap pesawat telepon yang ada pada tempat tersebut bisa melakukan panggilan keluar atau juga bisa menerima panggilan yang masuk. Dengan PABX seri terbaru, pengguna tidak perlu lagi mengoperasikannya dengan manual. Hal tersebut memberikan keuntungan lebih untuk fleksibilitas dan kemudahan pengaturan.

Tipe-tipe PABX

Tentu saja dengan semakin berkembangnya waktu PABX juga berkembang. Teknologi yang digunakan pun juga tak lagi sama seperti yang dulu. Jika dibagi menjadi kelas-kelas, ada 4 tipe PABX yang ada di dalam pasaran. Tipe-tipe PABX tersebut antara lain adalah:

1. PABX Analog

mengenal pabx
PABX Analog

Apakah anda mengenal PABX dengan analog sistem? PABX Analog mungkin telah mendukung pekerjaan masyarakat luas dalam 1 dekade terakhir. Dengan menggunakan kabel tembaga dan POTS (Plain Old Telephone Service), perangkat ini memiliki kemampuan yang cukup bisa andalkan, kemampuan suara yang dihasilkan oleh PABX analog juga cukup baik dan pada PABX analog terdapat beberapa fitur dasar yang mungkin bisa anda temukan pada ponsel biasa seperti menerima telepon, mematikan suara telepon, redial dan speed dial.

Dengan menggunakan PABX, anda juga bisa melakukan transfer panggilan atau memindahkan panggilan antar ekstensi. Sayangnya, fitur dari PABX analog hanya sampai disitu. Dengan kemudahan yang ditawarkan dan fitur yang tidak seberapa kompleks, membuat sistem perangkat PABX ini cukup murah dan terjangkau. PABX analog juga tidak menggunakan banyak hardware tambahan yang digunakan untuk melakukan konfigurasi, support dan peningkatan sehingga perangkat ini tidak terlalu mahal.

Membeli PABX analog mungkin cukup murah, dan berguna dalam jangka waktu yang pendek. Tapi hal tersebut akan sangat menyulitkan ke depannya, terutama jika anda harus berhubungan atau melakukan intergrasi sistem dengan kebutuhan sistem seperti VoIP dan CRM (Customer Relationship Management).

2. PABX Digital

mengenal pabx
Digital PABX

PABX digital sekarang sudah mulai berkembang dan banyak perkantoran yang beralih menggunakan PABX jenis ini. Karena memang PABX jenis digital menawarkan fitur yang lebih lengkap dan lebih canggih jika dibandingkan dengan PABX analog. PABX analog merupakan sebuah sistem telepon yang bisa diatur melalui sistem antar muka berbasis website atau komputer. Hal tersebut berarti bahwa kita tidak membutuhkan perangkat keras apapun untuk melakukan instalasi PABX.

Selain itu perbedaan yang cukup mencolok dari PABX digital dengan PABX analog adalah proses transfer transmisi suara yang sebelumnya analog menjadi digital.

3. IP PABX/VoIP PABX

Selanjunya, perkembangan dari digital PABX adalah IP PABX atau yang bisa disebut dengan VoIP PABX, dengan menggunakan perangkat ini pengguna bisa mengalihkan panggilan dengan melalui VoIP (Voice over Internet Protocol atau IP) kepada semua pengguna yang tersambung dalam satu jaringan. Selain itu, pengguna juga bisa menghubungi ekstensi lain melalui Internet Protocol.

mengenal pabx
Contoh IP PABX

Pengguna IP PABX bisa melakukan panggilan telepon atau mengalihkan panggilan telepon dengan sesama pengguna VoIP atau telepon biasa. Atau jika kantor anda memiliki telepon tradisional, pengguna tetap sama-sama bisa melakukan hal tersebut.

4. Hybrid PABX

Seri terbaru yang sekarang sedang booming adalah Hybrid PABX. Hybrid PABX merupakan PABX yang mendukung 2 teknologi sekaligus yaitu Analog dan Digital. Tentu saja dengan Hybrid PABX fitur yang di dapatkan oleh pengguna akan lebih banyak dan cukup bervariasi. Salah satu fitur yang cukup bermanfaat dari Hybrid PABX ini adalah memiliki sistem yang dibangun untuk bisa sangat berguna pada keadaan modern saat ini, sehingga sistem komunikasi menjadi lebih fleksibel dan mudah.

mengenal pabx
Contoh Hybrid PABX

Mengenal PABX Hybrid memiliki banyak keuntungan jika dibandingkan dengan PABX analog atau digital. PABX Hybrid mampu mendukung panggilan VoIP dengan menggunakan infrastruktur komputer, PABX Hybrid sudah menggunakan kabel UTP untuk sambungannya, PABX Hybrid bisa tersambung secara langsung ke dalam internet. Selain itu, PABX Hybrid juga mendukung tersambungnya koneksi antara 2 telepon tanpa perlu membutuhkan kabel dalam jumlan yang cukup banyak.

Keunggulan lain yang tidak dimiliki PABX lainnya adalah Hybrid PABX dapat terintegrasi secara muta ke dalam Cloud Telephony Services yang menawarkan solusi melakukan panggilan yang cukup menarik dengan harga yang cukup kompetitif pula.

Jika anda ingin membeli PABX baru untuk kegiatan bisnis anda, Hybrid PABX merupakan jenis PABX yang paling cocok saat ini.

Leave a Reply