close

Microsoft Edge vs Google Chrome: Mana yang Lebih Hebat?

Microsoft Edge vs Google Chrome

Pasca perilisan Microsoft 10 pada 29 Juli 2015 lalu, banyak pengguna Windows yang memperdebatkan browser Microsof Edge vs Google Chrome. Beberapa pengguna Windows membandingkan kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh Google Chrome maupun browser baru bawaan Windows 10 tersebut. Memang Google Chrome masih mumpuni untuk digunakan, namun sayang rasanya apabila pengguna tidak ikut mencicipi pengganti Internet Explorer yang memiliki beberapa fitur unggulan tersebut.

Microsoft Edge vs Google ChromeSeperti telah diketahui, dikatakan bahwa Microsoft Edge dapat memberikan kemudahan akses serta mengerti penggunanya. Pengguna dapat catatan atau gambar secara langsung dengan highlight pada poin-poin tertentu yang ingin ditandai di website. Setelah ditandai, catatan atau gambar yang sudah diberi tanda tersebut bisa disimpan dan dibagikan kepada pengguna lain. Selain itu, Microsoft Edge juga memiliki kelebihan kepada mudahnya membaca tulisan yang ada di browser.

Namun di balik keunggulan-keunggulannya, kita perlu membandingkan keunggulan-keunggulan Microsoft Edge dengan beberapa browser lainnya seperti Google Chrome. Selama ini Google Chrome dikenal sebagai browser yang memiliki performa cukup unggul. Penggunanya pun cukup banyak di seluruh dunia. Apakah Microsoft Edge mampu menyaingi produk keluaran Google tersebut? Berikut perbandingan antara Micorosoft Edge vs Google Chrome yang telah diuji oleh Mashable menggunakan laptop HP Spectre x360 dengan prosesor Intel Core i5 dan RAM sebesar 8 GB.

Microsoft Edge vs Google Chrome

SunSpider JavaScript

SunSpider JavaScript merupakan salah satu JavaScript benchmark yang digunakan untuk membandingkan browser. Mashable menggunakan versi 1.0.2 terbaru untuk membandingkan kinerja Microsoft Edge vs Google Chrome. Semakin rendah angka kecepatannya, maka performanya semakin baik. Didapatkan hasil bahwa Microsoft Edge mendapatkan hasil 103,5 ms, sementara Google Chrome sebesar 267,4 ms.

Real-World Speed

Real-World Speed digunakan untuk membandingkan performa browser saat membuka website. Microsoft Edge dan Google Chrome memiliki perbedaan kecepatan dalam beberapa milidetik yang tidak begitu terasa saat digunakan. Beberapa tes membuktikan, saat digunakan untuk membuka website NewYorkTimes.com, Microsoft Edge memiliki kecepatan sebesar 5,65 seconds, sementara Google Chrome memiliki kecepatan 5,53 seconds.

Futuremark Peacekeeper

Future Peacekeeper juga salah satu JavaScript bencmark yang digunakan untuk menjalankan beberapa tes untuk mengetahui performa, seperti kemampuan HTML5, rendering, hingga parsing teks. Hasil Peacekeeper akan menunjukkan bahwa semakin tinggi skor maka semakin tinggi performa dari browser tersebut. Untuk tes kali ini, Google Chrome memiliki skor yang lebih tinggi dibanding Microsoft Edge, yaitu sekitar 2525 dari 3917.

V8 Benchmark Suite – Versi 7

V8 Benchmark Suite – Versi 7 dibuat oleh Google untuk mengetes performa JavaScript. Semakin tinggi skor yang didapat, makan performa browser tersebut semakin baik. Hasil yang didapatkan dari tes ini dimenangkan oleh Google Chrome, namun Microsoft Ede memiliki skor yang tidak buruk. Google Chrome mendapatkan skor 21834, sedangkan Microsoft Edge sebesar 23608.

Dari hasil keempat tes di atas, dapat dikatakan bahwa Google Chrome masih mengungguli Microsoft Edge. Namun perfoma dari Microsoft Edge dapat diacungi jempol karena sudah berhasil menggantikan posisi browser legendaris seperti Internet Explorer. Microsoft Edge juga mampu bersaing dengan browser-browser lain.

 

Tags : Google ChromeMicrosoft EdgeMicrosoft Edge vs Google Chrome

Leave a Response