close

Opera Max Dapat Melakukan Kompresi Data Hingga 50%

Opera Max

Demi penghematan kuota data pada perangkat, baik melalui smartphone maupun tablet, sejumlah perusahaan pembuat browser menciptakan sebuah browser yang mampu mengkompres data. Salah satunya ialah Opera. Opera menghadirkan aplikasi peramban mobile bernama Opera Max yang bisa melakukan kompresi data hingga 50%. Aplikasi ini bisa mengompres data untuk beberapa aplikasi musik seperti YouTube Music, Slacker, Pandora, Saavn, dan Gaana.

Opera Max

Pembaruan ini memang ditujukan bagi pengguna internet yang suka menikmati beragam musik seperti streaming. Diharapkan melalui aplikasi ini, pengguna bisa menghemat konsumsi data. Opera mengatakan bahwa aplikasi Opera Max merupakan aplikasi pertama di dunia yang bisa mengoptimalkan aplikasi streaming musik dan video dengan kompresi data hingga 50 persen.

“Kami menambahkan fitur kompresi audio untuk beberapa aplikasi musik sehingga pengguna dapat menikmati streaming tanpa harus mencari jaringan Wi-Fi. Hal ini berguna bagi mereka yang memiliki kuota data yang terbatas,” ujar Sergey Lossev selaku Manajer Produk di Opera.

Tak hanya itu saja, teknologi kompresi data ini dikatakan bisa mendorong layanan streaming di Indonesia. Layanan streaming memang meningkat pesat sejalan dengan pertumbuhan pengguna smartphone, terutama di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Sebanyak 1 triliun musik streaming dimainkan dalam enam bulan terakhir selama tahun 2015, menurut laporan dari Next Big Sound. Berarti rata-rata ada sekitar 140 streaming musik yang dimainkan setiap orang di dunia.

Namun, mendengarkan lagu dari aplikasi streaming musik atau radio online selama 9 jam akan menghabiskan data hingga 1 GB. Hal ini tentu sangat merugikan pengguna yang menggunakan internet mobile. Jika menggunakan Wi-Fi saja tidak masalah, namun bagi pengguna yang tidak memiliki akses Wi-Fi secara pribadi juga merasa kerepotan.

Opera Max juga membantu pengguna untuk memantau kuota data yang sudah digunakan setiap hari ataupun setiap bulan, serta memberikan mereka kendali yang lebih baik terhadap penggunaan data.  Opera Max tersedia bagi pengguna Android seri 4.0 ke atas dan dapat diunduh secara gratis melalui Google Play.

Tags : Operaopera max

Leave a Response