close

Pahami Bahaya Mengisi Daya Laptop dengan Charger Laptop Lain

Berbicara mengenai laptop, tentu semua orang menggunakan benda satu ini untuk berbagai keperluan. Ada yang menggunakan untuk bekerja, mengerjakan tugas kuliah atau sekedar, bermain game, atau malah untuk keperluan hiburan saja. Bisa dibilang laptop memang telah menjadi ‘sahabat’ bagi banyak orang. Namun tahukah Anda jika ada mitos yang mengatakan bahwa saat mengisi daya baterai laptop menggunakan charger laptop lain bisa berbahaya. Daripada Anda bingung, apakah mitos ini benar atau tidak, sebaiknya simak beberapa ulasan di bawah ini.

Jangan membeli charger dengan harga murah

Biasanya banyak orang memutuskan membeli charger yang murah meriah saat charger original rusak. Alasannya karena ingin hemat. Sebenarnya Anda perlu mengetahui kualitas charger tersebut terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa charger yang sembarangan tersebut malah bisa merusak komponen pada laptop, lho. Lebih baik mengelurakan uang lebih banyak di awal untuk membeli charger original, daripada harus mengeluarkan banyak biaya di akhir karena laptop rusak.

Memerhatikan spesifikasi charger

Ingat, tidak semua laptop sama. Walau dengan merek yang sama. Setiap laptop memang memiliki jenis berbeda-beda. Anda perlu memerhatikan spesifikasi laptop tersebut. Ada laptop yang dipakai untuk aktivitas sehari-hari, namun ada juga laptop yang digunakan untuk bermain game. Tentu saja daya yang dibutuhkan akan berbeda-beda. Jadi jangan sama ratakan semua charger ya.

Charger dengan laptop beda merek

Apabila merek sama namun spesifikasi berbeda saja sudah berbahaya, apalagi jika berbeda merek. Namun sayangnya banyak orang yang tidak paham hal ini. Sehingga tukar-menukar charger laptop sering dilakukan, yang penting bisa mengisi saja. Namun dalam beberapa kejadian tertentu, laptop  masih bisa selamat karena beberapa charger yang meskipun berbeda merk namun berasal dari satu manufaktur. Namun tidak semuanya demikian, bukan?

Tidak berlaku untuk MacBook

Namun bagi Anda yang memiliki MacBook, Anda bisa sedikit tenang walau tetap harus berwaspada. Pasalnya seri MacBook apapun memang bisa saling menggunakan charger, selama masih bermerek Apple. Namun Anda harus tetap waspada karena saat ini banyak beredar charger palsu.

Itu tadi beberapa hal seputar bahaya mengisi daya laptop dengan memakai charger lain. Sebaiknya mulai sekarang Anda harus lebih berhati-hati. Jangan mengambil risiko seperti yang telah disebutkan di atas.

Tags : laptopmengisi dayamengisi daya laptop

Leave a Response