Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-utils.php on line 26

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-utils.php on line 26

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-person.php on line 152

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-person.php on line 230

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-person.php on line 236
close
Panduan Membeli

Panduan Memilih Webcam Untuk Desktop PC Anda

memilih-webcam-4

Apakah anda sering menggunakan aplikasi-aplikasi video call? Tentu jika anda sering melakukan hal tersebut, anda tidak akan lepas dari sebuah perangkat yang bernama webcam. Perangkat ini mampu membantu anda untuk tetap bisa berhubungan dengan teman anda yang berada pada jarak yang jauh. Saat ini perusahaan yang memproduksi webcam bisa dibilang sudah cukup banyak. Sehingga varian dari webcam ini cukup banyak dan bisa sangat membingungkan. Memilih webcam yang tidak sesuai tentu saja akan sangat merugikan pengguna.memilih-webcam

Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan memberikan tips memilih webcam yang tepat untuk kebutuhan desktop PC anda.

Overview

Waktu berjalan begitu cepat dan tidak kita sadari bahwa teknologi kini telah berkembang cukup pesat dan menjadi lebih baik lagi. Dengan berkembangnya teknologi, tentu saja salah satu perangkat yang ikut berkembang adalah webcam. Memilih webcam pun juga tidak bisa asal, karena dengan variasi harga yang cukup banyak, membuat webcam bisa kita sesuaikan dengan pilihan, kebutuhan dan budget keuangan kita. Mungkin dulu kita menggunakan webcam hanya untuk melakukan panggilan yang bisa menampilkan keadaan kita sekarang. Namun, kini dengan menggunakan webcam, pengguna bisa merekam video dengan kualitas yang cukup tinggi dan mengambil gambar.

Sebab itu, memilih webcam sama halnya dengan memilih perangkat peripheral lainnya, cukup rumit dan ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan. Dibawah ini kami akan memberikan beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk mempertimbangkan memilih webcam yang sesuai dengan kebutuhan desktop PC milik anda.

Panduan memilih webcam

Ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan dalam memilih webcam, beberapa alasan ini bisa anda jadikan pertimbangan sebelum beranjak memilih dan membeli webcam pilihan anda. Here they are hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih webcam

1. Resolusi

Salah satu hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli dan memilih webcam adalah resolusi dari webcam tersebut. Mengapa resolusi menjadi faktor utama? Karena webcam merupakan perangkat peripheral yang erat kaitannya dengan kekuatan lensa yang dimiliki, sama halnya dengan kamera-kamera jenis lainnya. Jika berbicara mengenai resolusi, maka kita akan selalu berbicara mengenai megapixel yang ada pada camera. Namun, tak seperti halnya kamera pada umumnya, resolusi yang ada pada webcam biasanya lebih kecil jika dibandingkan dengan kamera biasa.

memilih-webcam
Resolusi webcam menjadi salah satu yang bisa dipertimbangkan

Anda mungkin tidak akan mendapatkan resolusi yang tinggi pada sebuah webcam. Meski semakin tinggi resolusi webcam, pengguna akan mendapatkan gambar yang lebih jelas dan jernih. Webcam maksimal memiliki resolusi kamera sebesar 2 megapixel. Rata-rata webcam memiliki resolusi sebesar 1.3 megapixel. Namun, dengan resolusi yang cukup kecil tersebut webcam sudah menampilkan hasil yang cukup bagus.

Selain kekuatan pixel yang ada pada kamera, anda juga harus mempertimbangkan resolusi yang ditawarkan oleh sebuah webcam. Rata-rata resolusi video yang ditawarkan oleh sebuah webcam berada dikisaran 320 x 240 pixel. Untuk ukuran rata-rata tersebut, tampilan video sudah cukup bagus bagi anda yang menggunakan perangkat komputasi seperti netbook. Jika anda menggunakan laptop atau desktop PC yang memiliki ukuran layar yang cukup tinggi, anda bisa menggunakan 640 x 480 pixel.

2. Kecepatan pengambilan frame

Yang berhubungan dengan resolusi adalah kecepatan pengambilan frame per detik yang bisa diproses oleh sebuah webcam dan kecepatan mengirimkannya ke dalam komputer milik anda. Yang pasti, semakin besar kecepatan pengambilan frame dari sebuah kamera, maka akan semakin baik pula hasil rekaman webcam tersebut. Kecepatan pengambilan frame ini biasanya diukur dengan satuan fps atau frame per second. Rata-rata sebuah webcam memiliki kecepatan fps kamera yang berada di angka 10 hingga 30 fps. Namun, kami sangat menyarankan anda untuk memilih webcam yang mempunya kecepatan pengambilan frame yang berada pada angka antara 15 dan 30 fps. Mengapa? karena pada kecepatan minimal 15 fps, anda bisa mendapatkan video yang tidak terlalu jelek dan tetap nyaman untuk dilihat. Dan juga ketika anda melakukan gerakan yang tiba-tiba, video akan tampak blur, namun hasilnya tidak seberapa jelek.

memilih-webcam
Kecepatan pengambilan frame adalah fitur yang cukup mendukung kinerja webcam

Beberapa webcam memang memiliki kemampuan kecepatan merekam hingga 120 fps, jika kegunaan anda hanya untuk melakukan komunikasi biasa, kami tidak menyarankan anda membeli webcam dengan kemampuan seperti ini. Hal tersebut tak lain juga karena harga dari webcam ini yang cukup mahal. Webcam yang memiliki kecepatan merekam hingga 50 fps, kami kira sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi berbagai kegiatan anda.

3. Lensa dan Sensor

Beberapa penggunaan webcam kini sudah mengalami pengembangan, bahkan untuk ukuran pemerintahan saja sudah menggunakan perangkat webcam sebagai perangkat pendukung pengawasan, seperti pengawasan lampu lalu lintas, kejadian di jalan atau beberapa hal lainnya yang berhubungan dengan pemantauan kegiatan. Oleh karena itu, teknologi yang digunakan oleh webcam ini sudah cukup berkembang pesat. Salah satu teknologi yang berkembang adalah Lensa dan Sensor.

memilih-webcam
Jenis lensa dan sensor juga harus diperhatikan sebelum memilih webcam

Jika anda memilih webcam yang memiliki harga yang cukup rendah atau tergolong murah, anda akan mendapatkan lensa yang fixed, artinya pengguna tidak akan bisa mengubah-ubah fokus yang ada dari lensa, dan bahan dari lensanya terbuat dari plastik. Webcam yang bagus memiliki lensa yang terbuat dari kaca, dan pengguna juga memiliki kemampuan untuk bisa mengubah-ubah fokus dari lensa. Beberapa orang memang masih nyaman menggunakan lensa biasa yang tidak memiliki kemampuan untuk bisa mengubah fokusnya. Namun, jika kebutuhan anda untuk berbagai kegiatan pemantauan, kami menyarankan anda untuk memilih webcam yang memiliki kemampuan lensa yang bisa mengatur fokusnya, tentu saja webcam dengan kapasitas ini memiliki fitur yang lebih baik dan juga harga yang lebih mahal. Kelebihan webcam yang menggunakan lensa berbahan kaca adalah lensa tersebut mampu melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam memindahkan/menggerakan cahaya ke dalam sensor yang ada.

Sensor juga merupakan salah satu yang harus anda perhatikan dalam membeli webcam. Hal tersebut tak lain karena sensor juga memegang peranan penting dalam fungsionalitas kamera. Sensor memiliki tugas untuk bisa mengubah cahaya menjadi gambar digital. Pada webcam, terdapat 2 sensor yaitu CMOS dan CCD. CMOS merupakan sensor yang digunakan oleh kebanyakan webcam yang memiliki harga yang cukup terjangkau, sangat sedikit webcam mahal yang masih menggunakan teknologi ini Berbeda dengan CCD, sensor ini telah digunakan dibanyak model webcam yang tergolong mahal. Namun, kami tidak melihat perbedaan yang cukup superior antara sensor CCD dan CMOS. Tapi, anda mungkin bisa menggunakan sensor CCD yang memiliki sensitifitas cahaya yang cukup tinggi dan dynamic range yang cukup lebar. Dengan begitu video yang dihasilkan akan lebih baik.

4. Harga

Kami rasa pengguna tidak perlu khawatir akan masalah ini, karena harga webcam sendiri tidak seberapa mahal dan dirasa cukup terjangkau untuk sebagian masyarakat atau instansi. Kami menyarankan agar anda tidak perlu menghamburkan uang untuk membeli webcam yang memiliki harga yang cukup mahal. Jika anda melihat pada website kami, anugrahpratama.com, anda bisa menemukan webcam dengan harga yang cukup terjangkau, dan berada di bawah 400 ribuan.

Tapi, semuanya tergantung dengan budget dan kebutuhan anda. Anda bisa memilih webcam yang memiliki fitur dan kemampuan yang cukup baik, dengan harga yang berkisar diantara 1 juta – 1,5 juta. Namun, jika anda memiliki kemampuan budget yang tinggi, anda mungkin bisa memilih webcam yang memiliki harga 1,5 juta keatas. Tentu saja semakin mahal harga website kualitas video dan varian fitur juga akan semakin bagus dan banyak.

5. Aksesoris

Seperti halnya dengan perangkat peripheral lainnya, webcam pun juga memiliki aksesoris yang mampu mendukung fitur-fitur yang anda. Oleh karena itu, kami memasukkan aksesoris ke dalam salah satu petimbangan yang harus anda pikirakan dalam memilih webcam. Dengan adanya aksesoris, pengguna akan semakin nyaman dalam menggunakan webcam yang ada. Pertama, fitur yang tidak ingin anda lewatkan adalah kemampuan untuk merekam suara/audio atau anda ingin mendapatkan suara dari video yang anda rekam. Jika anda membutuhkan hal tersebut, anda bisa membeli webcam yang memiliki kemampuan untuk bisa dikombinasikan dengan microphone dan speaker. Dengan begitu, beberapa aksesoris audio lainnya bisa juga terpasang, seperti headset atau headphone.

memilih-webcam
Banyaknya aksesoris yang terdapat pada webcam semakin mendukung efisiensi kinerja

Pengguna juga pasti menginginkan webcam untuk bisa dipasang pada bagian atas dari layar monitor anda. Oleh karena itu, anda bisa memilih webcam yang dilengkapi dengan clip atau dudukan yang bisa membuat webcam berdiri dengan tegak dan melekat pada layar monitor. Biasanya aksesoris ini sudah terdapat di beberapa webcam, bahkan untuk webcam dengan harga yang cukup terjangkau pula.

Leave a Response


Warning: Cannot assign an empty string to a string offset in /home/anugrahx/public_html/wp-includes/class.wp-scripts.php on line 454