close

Penemu Password Komputer Meninggal Dunia

penemu password komputer

Kamu perlu tahu penemu password komputer, jika kamu pengguna sosial media atau berbagai akun online. Dimana kamu pasti punya username dan juga password rahasia kan.

Mungkin kamu dan banyak orang lainnya yang tidak menyadari bahwa sistem login dengan password yang saat ini kamu gunakan tersebut memiliki proses yang sangat panjang dalam komputasi.

Perlu diketahui bahwa sistem login dengan password pertama kali diciptakan oleh seorang yang bernama Fernando “Corby” Corbato. Ia adalah seorang periset dari Massachusetts Institue Of Technology (MIT).

Konsep password diciptakan dengan tujuan untuk melindungi akun pengguna komputer, dengan memasukan kata kunci tertentu yang hanya diketahui oleh penggunanya. Konsep password komputer ini diciptakan oleh Fernando Corbato saat membuat CTSS yang merupakan singkatan dari Compatible Time-Sharing System.

Konsep awal password yang dirancang oleh Fernando Corbato memungkinkan banyak orang dapat menyakses satu komputer dalam waktu yang bersamaan. Hal ini yang hingga saat ini berkembang dan digunakan dalam sistem keamanan digital.

Sisi negatif penggunaan password

Jika kamu merasa ribet saat login sosial media atau akun online lain. Demikian juga penemu password komputer ini merasakan hal yang sama. Sejak awal Fernando Corbato menyadari bahwa dengan adanya password membuat pengguna merasa ribet untuk login akun terutama di media online.

Kadang satu orang memiliki banyak akun online, selain itu juga bisa jadi memiliki lebih dari satu password yang harus diingat. Hal ini juga menjadi kerasahan yang dirasakan oleh Fernando Corbato, bahkan ia menyebut banyaknya password yang harus diingat sebagai mimpi buruk.

Perkembangan password

Banyaknya pencurian password yang sering terjadi, saat ini password berkembang dalam berbagai bentuk untuk melindungi akun pengguna, misalnya saja penggunaan bagian tubuh untuk login suatu akun. Jadi pengguna tidak perlu memasukan kombinasi huruf atau angka untuk login akunnya tapi cukup dengan sidik jari, wajah, hingga suara.

Dilansir dari kompas.com bahwa Fernando Corbato telah tutup usia pada 12 Juli 2019. Fernando Corbato meninggal di usia 93 tahun di Newburyport, Massachusetts, Amerika Serikat. Penyebab meninggalnya penemu password ini dikarenakan kompilasi diabetes.

Meski demikian, jasa Fernando Corbato dalam dunia sistem keamanan komputasi akan terus sangat berharga.

Kunjungi anugrahpratama.com, karena disitu banyak berbagai produk sistem keamanan IT yang kamu butuhkan.


Warning: Cannot assign an empty string to a string offset in /home/anugrahx/public_html/wp-includes/class.wp-scripts.php on line 454