close
Please assign a menu to the primary menu location under menu

Pilih Firefox, Mozilla Lepas Thunderbird

mozilla-lepas-thunderbird

Setelah bertahun-tahun mengembangkan Thunderbird, Mozilla akhirnya memutuskan untuk melepas salah satu email client terhandal ini. Berita ini diumumkan oleh Mitchell Baker sendiri yang merupakan executive chairwoman Mozilla. Menyatakan Mozilla ingin lebih berkonsentrasi pada proyek-proyek yang lebih penting dengan menyisihkan pengembangan Thunderbird.

mozilla-lepas-thunderbird

Mitchell percaya jika Thunderbird akan lebih inovatif dan berkembang pesat tanpa harus mengandalkan dependensi dengan induk teknologi Mozilla.

Ditengarai, faktor utama yang menyebabkan pemisahan Thunderbird dengan Mozilla ialah ketergantungannya dengan Firefox. Sedangkan kompetisi dalam dunia browser semakin ketat dan menguntungkan. Mau tidak mau para pengembang dalam perusahaan Mozilla dituntut untuk lebih berfokus pada Firefox sebagai browser dan mengalihkan Thunderbird.

Sedangkan mereka yang khusus menangani Thunderbird juga harus bekerja ekstra keras untuk mengikuti kemajuan yang diimplementasikan pada Firefox. Dilihat dari segi bisnis dan kenyamanan pengguna, Mitchell Baker tidak melihat adanya solusi terbaik selain memisahkan keduanya dan lebih memilih Firefox.

Masih belum jelas hingga saat ini jika Thunderbird akan dilepas sebagai opern-source project yang bisa dikembangkan secara bebas oleh developer dari seluruh dunia, atau “dititipkan” kepada suatu komunitas pengembang software atau perusahaan tertentu.

Leave a Response


Warning: Cannot assign an empty string to a string offset in /home/anugrahx/public_html/wp-includes/class.wp-scripts.php on line 445