close

ProgeCAD 2014 Professional: Software CAD yang berkualitas

progecad-4
progecad-4Apakah anda seorang designer interior? Ataukah anda seorang designer di sebuah pabrik manufacturing? Tentu saja jika anda seorang designer pasti tidak akan awam dengan perangkat lunak CAD (Computer’s Aided Software). Banyak sekali perangkat lunak berbasis Computer’s Aided Software salah satunya adalah ProgeCAD. Pada kali ini kita akan membahas ProgeCAD 2014 Professional.

ProgeCAD sendiri merupakan sebuah perangkat lunak yang mampu membangun desain dari berbagai bentuk bangunan ataupun sebuah benda. Sebelumnya ProgeCAD di kenal dengan nama ProgeSOFT IntelliCAD. ProgeCAD sendiri merupakan sebuah perangkat lunak yang dibangun dengan platform ProgeCAD di Como, Italia.

Overview

ProgeCAD adalah perangkat lunak profesional yang digunakan untuk melakukan desain objek DWG 2 dimensi atau 3 dimensi berbasis CAD. Perangkat lunak ini di dukung dengan berbagai aplikasi, libraries dan servis yang tergolong memiliki harga rendah. Software ProgeCAD dibuat dengan menggunakan berbagai platform seperti ITC IntelliCAD, ACIS dan bahasa pemrograman Open Design Alliance. Tampilan antar muka emulator dari software ini menggunakan emulator yang hampir sama dengan software bernama AutoCAD, tak hanya tampilan emulator namun juga dukungan command line interface seperti AutoLISP dan VBA scripting.

Terdapat versi gratis dan versi berbayar dari perangkat lunak ini, kali ini kita berbicara tentang ProgeCAD versi Profesional, yaitu ProgeCAD 2014 Professional. Jika berbicara software versi profesional, terdapat beberapa hal yang mengalami pengingkatan, tentu saja hal tersebut tidak ada pada ProgeCAD versi gratis (free). Beberapa peningkatan tersebut adalah adanya tabel informasi, dukungan basic dynamic block, model 3D solid, rendering dan import berkas PDF serta mencetak file tersebut. Pada tahun 2011, ProgeCAD sudah memulai memasukan teknologi desain 3D arsitektur, teknologi tersebut di kenal dengan nama “EasyArch”. Tak usah khawatir, karena sama seperti perangkat lunak berbasis CAD kebanyakan, ProgeCAD juga menggunakan hardware OpenGL untuk teknologi grafisnya, dengan dukungan GDI yang di batasi untuk video card jenis lama. Selain itu anda tidak membutuhkan dukungan DirectX untuk akselerasi perangkat keras milik anda.

Salah satu inovasi yang cukup penting pada ProgeCAD adalah dengan menambahkan fitur iCARE untuk pelanggan yang membeli ProgeCAD versi profesional. Bagi pelanggan yang menggunakan iCARE akan mendapatkan perawatan dan dukungan untuk penawaran berbagai program yang cukup menguntungkan, tentu saja penawaran ini di harapkan mampu membantu para pelanggan untuk mendapatkan performa terbaik dari ProgeCAD. Dengan menggunakan iCARE, para pelanggan ProgeCAD profesional di harapkan mampu memotong biaya pergantian ProgeCAD ke depannya. Artinya, pengguna iCARE akan mendapatkan ProgeCAD versi sebelumnya secara gratis dan instan. Tak hanya itu, mereka akan mendapatkan berbagai asistensi secara teknikal yang cukup  memudahkan pengguna melalui web. Asistensi dilakukan oleh pihak ProgeCAD melalui email, live chat atau remote support.

progecad-5
Contoh ProgeCAD

“Pada ProgeCAD versi terbaru, kami telah memfokuskan agar fitur pada ProgeCAD profesional mampu memenuhi kebutuhan dari berbagai kalangan profesional yang pekerjaannya membutuhkan dukungan perangkat lunak CAD. Dan kami juga ingin membuat ProgeCAD ini lebih fleksibel dan intuitif. Namun, kami juga masih memiliki komitmen untuk bisa menuju tujuan utama kita, yaitu mampu bersaing dan menjadi salah satu pemimpin pasar untuk software CAD.” kata Damiano Croci yang menjabat sebagai CEO pada perusahaan ProgeCAD.

Saat ini para pengguna ProgeCAD akan bisa mendapatkan pemberitahuan dimana mereka bisa melakukan pembaharuan sistem versi terbaru dan mendapatkan diskon yang cukup signifikan untuk versi ProgeCAD full version. ProgeCAD juga terknal sebagai perangkat lunak yang memiliki lisensi yang cukup fleksibel, dengan menggunakan satu lisensi dengan kemungkinan untuk bisa mendapatkan instalasi perangkat lunak tambahan atau pengguna bisa membeli lisensi Network NLM, dengan lisensi tersebut anda akan mendapatkan lisensi secara remote beberapa perusahaan anda, hal ini berguna jika perusahaan anda telah memiliki kantor cabang.

Fitur-fitur penting pada ProgeCAD

1. EasyArch 3D – Plugin yang digunakan untuk objek 2D dan 3D

EasyArch 3D merupakan sebuah peralatan automasi yang digunakan untuk membuat desain arsitektur yang bagus. Dengan desain yang bagus, produktivitas pekerjaan pengguna akan meningkat, baik itu seorang desainer rumah dan interior atau desainer modelling suatu benda.

progecad-4
Easy Arch 3D pada Progecad

Dengan menggunakan EasyArch, anda memiliki kemungkinan untuk bisa:

  • Membuat tembok.
  • Mengedit tembok (menghapus, merotasi, memindahkan, menggandakan, membuat dan menghapus lubang dan sebagainya).
  • Memasukan, menggandakan, memindahkan dan mengedit pintu dan jendela secara otomatis.
  • Mengatur layer.
  • Mengatur dan memasukan parametric block dari menu tambahan.
  • Membuat tangga, atap dan berbagai element lainnya.
  • Bekerja sebagai asisten dimensi pengguna.

2. PDF Import (PDF2DWG)

ProgeCAD membantu anda untuk bisa mengubah berkas PDF anda menjadi berkas yang memiliki ekstensi DWG secara cepat dan mudah. Dengan fitur PDF Import, pengguna akan dimudahkan pekerjaannya. PDF Import mampu menghasilkan dan mengoptimalkan garis vector seperti garis, polylines, splines, hatches, lingkaran, panah dan teks. Teknologi TrueType teks dan pengenalan lebar garis membantu perangkat ini dalam membaca file PDF. Selain itu fitur ini menjaga warna pada DWG/DXF tetap bagus. Lalu bagaimana jika file PDF memiliki background atau layer tersendiri? PDF Import dapat membaca dan membedakan mana yang layer dan background dari file tersebut. Jadi, yang akan terbaca adalah objek utama dan akan diubah dari PDF menjadi DWG.

progecad
PDF Import pada ProgeCAD

Fitur mengubah PDF menjadi CAD ini mampu menghemat waktu yang di keluarkan untuk melakukan transfer project, menggambar, dan beberapa bagian untuk bisa mendeteksi gambar vektor pada PDF, serta mampu secara manual menggambar objek tersebut menjadi berkas yang memiliki ekstensi DWB.

PDF Import ini mendukung semua versi dari file Adobe PDF.

3. Konfigurasi Plotter dan dukungan PC3

Pengguna ProgeCAD akan mendapatkan sebuah manajeman printer yang lebih maksimal ketika printer tersebut di integrasikan secara langsung dengan software ProgeCAD. ProgeCAD sendiri memiliki fitur Paper Orientation Control dan konfigurasi layout yang di simpan pada bidang gambar yang ada.

Sejak peluncuran ProgeCAD 2013, konfigurasi untuk sistem printer yang ada pada Windows di simpan pada konfigurasi plotter dengan ekstensi file .PC3. Tidak seperti pada AutoCAD, konfigurasi file PC3 plotter pada ProgeCAD hanya mampu di terapkan pada sistem printer di OS Windows.

progecad
Konfigurasi plotter dan PC3 ProgeCAD

Pada konfigurasi file plotter, anda bisa membuat lebih dari satu pengaturan pada sistem printer yang ada di Windows. Anda bisa melakukan konfigurasi pada ProgeCAD untuk berbagai perangkat cetak dan menjaga berbagai konfigurasi hanya untuk satu perangkat saja.

Setiap konfigurasi file plotter mengandung berbagai informasi, seperti:

  • Driver dari perangkat dan model dari perangkat cetak anda.
  • Port output yang tersambung dengan perangkat cetak (printer).
  • Berbagai perangkat dengan pengaturan yang cukup spesifik.

4. Render untuk 3D photorealistic

Fitur ini merupakan salah satu fitur yang ideal bagi seorang arsitek dan seluruh desainer yang ingin menampilkan gambar mereka dengan visualisati photorealistic. ProgeCAD 2014 Professional memiliki kemampuan untk bisa melakukan fungsi rendering secara advance, menggunakan algoritma ray-tracing secara menyeluruh dan memiliki berbagai karakteristik seperti bayangan yang halus, mengkontrol posisi matahari, menyimpan gambar dengan resolusi yang bervariasi dan bisa di export dalam bentuk gambar.

progecad
3D render pada ProgeCAD

5. Selalu mendapatkan pembaharuan dengan iCare

Dengan berlangganan iCare selama 1 tahun, pengguna akan mendapatkan perawatan dan dukungan program yang tersedia. Selain itu, iCare juga menawarkan berbagai hal yang cukup menguntungkan untuk bisa membantu para pelanggannya mendapatkan kepuasan dalam menggunakan perangkat lunak ProgeCAD. Dengan menggunakan iCare, biaya upgrade tentu saja akan lebih murah.

Tags : ProgeCADsoftware

Leave a Response