close

Review Epson L120: Mencetak Lebih Cepat Dengan Teknologi Baru

review epson l120 3
review epson l120 2Setelah sebelumnya kita membahas berbagai jenis printer Epson yang menggunakan sistem ink tank, kali ini kita juga akan membahas printer Epson yang memiliki ink tank, namun berbeda sistem dan teknologinya. Kali ini kita akan menuliskan review Epson L120. Sekilas kita tidak akan melihat perbedaan berarti yang ada pada printer Epson L120 ini dengan printer-printer Epson jenis lainnya, namun jika dilihat lagi secara mendetail, baik itu dari segi fisik maupun spesifikasi beberapa perbedaan akan anda temui.

Here they are, kami berikan review Epson L120

Overview

Printer Epson L120 ini merupakan salah satu printer Epson L series yang baru saja diluncurkan sekitar awal bulan april tahun ini. Printer ini sendiri dibuat dengan menyempurnakan printer L series seri sebelumnya yaitu L100 dan L110. Sekilas memang tak ada perbedaan yang berarti dari printer ini dengan printer L110. Namun jika kita teliti akan ada bagian yang berbeda dari printer ini dibandingkan dengan printer ink tank jenis sebelumnya. Pihak Epson mengaku menggunakan teknologi terbaru, tanpa menggunakan choke dan selang yang telihat pada bagian luar. Printer single-function ini meniadakan choke valve untuk mengunci tinta, hal ini berarti ketika anda memindahkan printer ke suatu tempattidak perlu lagi untuk bingung karena tangki tinta sudah menjadi satu dengan bodi printer. Selain itu, tutup bagian atasnya ditiadakan, jadi ketika anda mengisi tinta anda tidak perlu lagi membuka tutup yang ada, anda tinggal membuka tutup tangki tinta. Terdapat satu lagi kelebihan dari teknologi terbaru dari Epson L210 ini mengenai selang tinta yang langsung terhubung tanpa terdapat pada bagian luar printer, hal tersebut tentu saja membuat printer terlihat lebih ringkas.

review epson l120
Perbedaan cara refill tinta Epson L120

Beranjak dari teknologi baru yang diterapkan, kini kita mengupas Epson L120 ke bagian dimensi dari printer terbaru besutan produsen asal jepang. Sekali lagi, perbedaan antara besar dimensi dengan printer jenis sebelumnya tidak begitu kental. Epson L120 ini hadir dengan bodi yang lebih ramping dan elegan. Dengan tinggi sebesar 130mm (13 cm/5.1 inci), tinggi bodi Epson L120 sama dengan pendahulunya Epson L110. Untuk lebarnya Epson L120 ini hanya berada pada angka 215 mm (21,5 cm/8.5 inci), lebar printer ini jauh sedikit lebih kecil daripada printer L110 yang berada pada angka 222 mm (22,2 cm/9 inci), panjang dari printer Epson L120 ini berada pada angka 461 mm (46,1 cm/18,1 Inci), hal ini berbeda jauh dari Epson L110 yang berada pada angka sebesar 472 mm (47,2 cm). Jika diambil kesimpulan dari statistik diatas, Printer Epson L120 ini lebih ramping ketimbang pendahulunya.

review epson l120
Dimensi dari Epson L120

Lalu bagaimana dari sisi material bodinya? Material bodi yang diberikan kepada kedua printer ini sama saja, hanya bentuk rangka pada Epson L120 dibuat lebih kecil dan ramping.

Spesifikasi Printer Epson L120

Rasanya tak adil jika kita hanya melihat review Epson L120 dari sisi fisik dan mengesampingkan sisi performanya. Mari kita kupas Epson L120 ini berdasarkan sisi spesifikasinya.

Menurut product marketing manager PT Epson Indonesia, Riswin Lee, Epson L120 ini didesain dengan mengutamakan efisiensi mencetak dokumen, sistem tangki tinta terbaru membuat printer ini menawarkan sebuah kecepatan dalam mencetak, reliabilitas yang tinggi dan mampu menjaga kinerjanya secara konstan. Dirinya, juga mengatakan jika printer ini sama seperti printer Epson seri sebelumnya yang mengandalkan penghematan dalam mencetak.

Spesifikasi Printer Epson L120:

1. Teknologi Cetak

Teknologi cetak merupakan teknologi yang digunakan sebuah printer untuk menentukan hasil cetaknya, teknologi cetak berperan besar dalam hasil cetak dan performa sebuah printer. Inilah spesifikasi teknologi cetak pada Epson L120:

  • Print method :  On-demand ink jet (piezo electric)
  • Konfigurasi nozzle :  180 nozzle untuk warna hitam, 59 nozzle untuk warna lainnya
  • Print Direction :  Bi-directional printing, Uni-directional printing
  • Resolusi maksimal :  720 x 720 dpi
  • Volume tinta minimal :  3 pl
  • Kecepatan cetak normal :  5 ipm (images per minute)
  • Kecepatan cetak tinggi :  5 ipm (images per minute)

Jika melihat kecepatan cetak yang ada pada printer Epson L120 ini mampu membuat waktu tunggu anda berkurang, apalagi ketika anda harus mencetak banyak dokumen, waktu yang anda gunakan akan jauh berkurang.

2. Paper Handling

Paper handling merupakan spesifikasi yang digunakan untuk menangani proses masuk hingga keluarnya sebuah kertas. Spesifikasi printer handling ini menentukan kehandalan sebuah printer dalam mengolah dokumen yang banyak. Inilah spesifikasi paper handling pada Epson L120:

  • Paper feed method :  Friction feed
  • Jumlah paper tray :  1
  • Kapasitas input kertas :  50 lembar kertas A4 atau plain paper lainnya
  • Ukuran kertas maksimum: 5 x 4.4 inci
  • Margin cetak :  3mm di tiap sisi nya. atas, bawah, kiri dan kanan

Melihat spesifikasi paper handling yang ada, pihak Epson sepertinya tidak memberikan banyak perubaha kecuali pada sisi ukuran kertas maksimum yang dapat dicetak, biasa untuk sebuah printer standart Epson memberikan kemampuan cetak maksimum sebesar 8.5 x 4.1 inci. Printer Epson L120 ini hadir dengan kemampuan cetak yang lebih besar.

3. Spesifikasi kelistrikan

Tanpa memperhatikan hal yang satu ini bisa jadi kita akan terjebak pada situasi dimana kita tidak bisa menjalankan printer tersebut secara maksimal, spesifikasi kelistrikan menentukan besarnya listrik yang digunakan oleh sebuah printer untuk bisa beroperasi. Ini dia spesifikasi kelistrikan pada Epson L120

  • Voltase listrik :  AC 100-240V / 220-240V
  • Frekuensi listrik :  50-60 Hz
  • Konsumsi listrik saat beroperasi : 10 W
  • Konsumsi listrik saat sleep mode : 0.6 W
  • Konsumsi listrik saat standby mode : 2 W
  • Konsumsi listrik saat printer mati : 0.3 W

Kelebihan dan Kekurangan Epson L210

Setelah melihat beberapa review Epson L210 dari berbagai sudut, mungkin sekarang kita bisa menentukan berbagai kelebihan dan kekurangan dari printer ini.

Kelebihan:

Printer ini dibekali oleh teknologi tangki tinta yang jauh lebih mutakhir dibandingkan dengan printer jenis sebelumnya, teknologi ini akan memudahkan anda untuk memindahkan printer kemana saja yang anda mau. Tentu saja printer Epson L120 hadir dengan dimensi yang lebih kecil dan ramping dari printer jenis sebelumnya

Printer Epson L120 menguasai kelebihan dari printer jenis sebelumnya yaitu kecepatan cetak dan efisiensi cetak yang luar biasa. Printer jenis ini didesain dengan kemampuan cetak yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan printer-printer jenis sebelumnya. Efisiensi cetak dari printer ini juga cukup maksimal, dengan botol tinta dari Epson sebesar 700 ml tinta hitam, printer ini mampu mencetak 4000 halaman hitam putih. Sangat cocok untuk ada yang sedang mengerjakan skripsi, menjalankan bisnis printing dokumen, atau perkantoran yang butuh untuk mencetak dokumen-dokumen hitam putih.

Reliabilitas dari printer ini sangat hebat, printer ini akan tetap berada pada performa yang cukup bagus walaupun selama 1 bulan digunakan untuk mencetak berbagai dokumen. Jarang sekali kita mendengar printer ini mengalami kendala berarti seperti printer Epson jenis L210.

Kekurangan:

Seperti biasa, hasil cetak dari printer ini terkesan cukup premature. Seperti tanpa kombinasi warna yang bagus. Jika anda merupakan seorang fotografer atau usaha anda kebanyakan mencetak dokumen-dokumen berbau grafis, seperti poster atau brosur maka sebaiknya anda tidak menggunakan printer ini.

Printer ini tidak bisa digunakan untuk mencetak pada kertas photo media. Hal ini tentu saja sangat mengecewakan. Dengan harga yang berada pada kisaran 1.5 juta. Epson L210 ini lebih cocok bagi anda yang tidak mementingkan kualitas hasil cetak dan berpedoman terhadap kuantitas hasil cetak yang tinggi.

Kesimpulan

Sekarang kita tiba diujung artikel review Epson L120, bisa kita ambil kesimpulan secara garis besar jika printer Epson L120 ini berada pada kelas mid-end printer yang mampu mengakomodasi segala jenis dokumen hitam putih dengan grafis yang minim. Satu hal yang perlu diingat bahwa printer ini memang tidak didesain untuk anda para pencinta fotografi atau seni. Printer ini didesain bagi sekolah, rumah, kantor yang membutuhkan kemampuan kuantitas cetak yang tinggi untuk dokumen-dokumen yang minim grafis dan didominasi oleh banyak karakter.

Tags : Epson

8 Comments

  1. Saya pengguna epson L120, mau tanya: Berapakah panjang minimal yg masih mampu dicetak oleh L120?
    Saya mau mencetak kertas dengan ukuran lebar 15cm dan panjang hanya 6cm, apakah masih bisa? Atau saya harus merubah posisi menjadi lebar 6cm dan panjang 15cm?
    Makasih

  2. ralat gan. tangki L120 hanya 40ml tapi klaim bisa cetak 4000 lembar sama dengan epson dengan tangki 70ml.

  3. saya kemarin baru beli epson l120 baru buat print 7 lembar kok tiba” gak bisa nyala ?, kira” itu kenapa gan

  4. knapa kok bisa , saya baru mencetak 2000 kertas A4 printer epson l120 saya sudah overload?
    yg saya tanyakan . apa penyebab printer bisa operload?

  5. Comment:saya punya printer baru epson L120. yang jadi masalah driver disknya hilang, coba didownload bukannya dapat driver L120 eh malahan dapat L110.. yang jd pertanyaan bisa nggak digunakan untuk L120

  6. Saya mau tanya, apakah system ink tank built in seperti ini bisa bermasalah seperti system infus.. Sering mampet, harua di cleaning dsb..

Leave a Response