close

Review Epson L300 : Cetak Banyak, Tetap Hemat

review epson l300 4
review epson l300 5[Review printer Epson L300] -Teknologi printer memang sudah banyak berubah, sejak tahun 2008 banyak sekali bermunculan perusahaan-perusahaan yang melakukan modifikasi terhadap cara kerja printer. Printer yang dirasa mahal ketika harus mengganti head-nya, dimodifikasi dengan ditambahakan tinta yang langsung terhubung pada cartridge dan diberi sebuah chip yang berfungsi untuk mengatur kinerja dari cartridge agar ketika tinta dalam cartridge habis, maka cartridge akan menyedotnya melalui tinta tambahan yang ada pada sisi printer. Sayangnya teknologi ini terkadang malah membuat kita rugi dikarenakan hal ini bertentangan dengan SOP produksi pabrik, tak jarang printer modifikasi yang kita beli jadi sering mengalami masalah.

Epson ternyata melihat ini sebagai sebuah peluang untuk mengembangkan bisnis printer mereka, sejak tahun 2012 Epson mulai memunculkan printer-printer yang memiliki tinta tambahan. Ditandai dengan munculnya L100 dan L200, Epson mulai menjajaki kemungkinan pangsa pasar printer infus. Dengan semakin berjalannya waktu kini Epson mulai serius menekuni produksi printer-printer jenis infus, L300 dan L350 hadir untuk memperkuat segmen printer infuse. Kali ini kami akan memberikan review Epson L300 yang hadir sebagai printer mid-end dengan kualitas high-end.

Overview

Epson L300 hadir untuk menyasar pangsa pasar mid-end printer, printer kategori ini bisa digunakan untuk kegiatan dirumah sehari-hari atau dibuat usaha kecil-kecilan. Anda jelas akan dimanjakan dengan teknologi infus tinta langsung dari produk Epson ini, teknologi infus tinta langsung dari pihak produsen memberikan anda kenyamanan dibandingkan dengan membeli printer modifikasi yang entah siapa developer-nya. Anda juga tidak perlu khawatir ketika anda mencetak dokumen masal, karena printer ini sudah dilengkapi dengan teknologi low-cost print technology. Selain teknologinya, Epson juga mendukung dari segi teknisnya, mereka memberikan tinta dengan harga yang terjangkau untuk setiap printernya. Ketika anda membeli printer Epson L300 anda akan mendapatkan 4 botol tinta ditambahkan 2 botol tinta hitam tambahan, dimana untuk 1 botol hitam mampu mencetak 12.000 lembar dokumen hitam-putih. “So, anda mau mencetak banyak dokumen? Gak usah takut”

review epson l300
Bonus tinta ketika membeli L300

Selain unggul dalam hal penghematan, printer ini juga datang dengan performa yang lebih baik ketimbang para pendahulunya seperti L100 atau L200. Pihak Epson mengklaim jika printer L300 ini mampu mencetak 3x lebih cepat daripada model-model sebelumnya. Dengan performa seperti diatas, Epson juga berharap jika produktivitas dari para penggunannya bisa meningkat tajam.

Dengan kemampuan kerja dan efisiensi diatas, printer ini juga mendapatkan tambahan teknologi seperti durabilitas yang tinggi, layanan purna jual yang bagus serta mobilitas yang cukup fleksibel. Pantas saja jika printer jenis ini mendapatkan Best Innovative Award pada tahun 2012.

Namun, dengan segala kelebihan yang ada diatas printer ini bukan datang tanpa celah. Pada saat pertama kali diluncurkan oleh pihak Epson, proses instalasi driver printer jenis ini sering mengalami masalah dan akhirnya tidak bisa digunakan, kini nampaknya Epson sudah memberikan pembaharuan driver untuk printer jenis ini. Selain itu masalah yang paling besar adalah cartridge dari printer ini tidak bisa diganti, jadi ketika masa garansi anda habis dan mengalami masalah pada cartridge, anda hanya bisa pergi ke service center Epson langsung dan menanyakan solusinya disana. Selain itu, printer ini masih menggunakan Interface standart dimana beberapa vendor telah menggunakan Interface yang bervariasi untuk berbagai jenis printer mereka.

Spesifikasi Printer Epson L300

Sepertinya kurang rasanya jika kita ingin mengupas printer Epson L300 tanpa melihat spesifikasi yang anda secara detail, kami akan memberikan review Epson L300 dari segi spesifikasi agar membantu anda menilai kelebihan dan kekurangannya.

review epson l300
Epson L300

Review Epson L300 dari segi spesifikasi:

1. Spesifikasi Umum (General Specification)

Spesifikasi umum merupakan spesifikasi yang biasa terdapat pada laptop, dengan melihat spesifikasi umum kita bisa menentukan perbedaan dari setiap printer terutama pada dimensi printer dan konsumsi tenaganya.

  • Konsumsi Tenaga

Seperti ciri khas printer Epson yang dilengkapi dengan ENERGY STAR, printer L300 juga datang dengan dilengkapi teknologi ini. Printer ini membutuhkan setidaknya 10 watt untuk beroperasi dan 1.2 watt dalam sleep mode. Dengan konsumsi daya yang kecil ini, Epson L300 mampu menghemat biaya pengeluaran anda dari segi konsumsi listrik.

  • Dimensi Produk

Dimensi produk merupakan ukuran dari sebuah produk, Epson L300 hadir dengan dimensi 472 x 222 x 130 mm (Width x Depth x Height). Jadi produk ini memiliki tinggi sebesar 13 cm, lebar 47,2 cm dan memiliki kedalaman hingga 22,2 centimeter. Untuk ukuran printer mid-end, Epson L300 ini cukup ramping. Selain itu berat dari produk ini hanya sebesar 2.7 Kg (dengan asumsi tinta penuh pada ink tank).

review epson l300
Dimensi epson L300
  • Noise Level

Noise level merupakan bunyi yang dihasilkan ketika sebuah printer melakukan operasi mencetak. L300 memiliki noise level sebesar 51 dB ketika bekerja dengan menggunakan kertas premium glossy photo, sedangkan ketika mencetak dengan kertas biasa akan menghasilkan suara sebear 38dB.

  • Sistem Operasi yang sesuai

Tampaknya printer ini sedikit memilih sistem operasi yang bisa digunakan, untuk anda pengguna Windows anda tidak perlu khawatir dikarenakan hampir seluruh tipe OS Windows bisa beroperasi dengan printer ini, kecuali Windows XP dan sistem operasi dibawahnya. Namun, untuk MAC anda diwajibkan memiliki OS minimal Mac OS 10.5.8 atau yang lebih baru lagi, jika sistem operasi anda berada dibawah itu maka silahkan untuk meng-upgrade terlebih dahulu.

  • Interface

Interface merupakan penyambung antara printer dengan PC atau laptop anda. Printer ini menggunakan Interface standart yang ada pada setiap printer, yaitu USB 2.0.

2. Teknologi (Printing Technology)

Teknologi yang digunakan pada printer ini termasuk teknologi terbaru yang ada dipasaran, teknologi yang dibekalkan untuk Epson L300 ini merupakan hasil pengembangan teknologi model printer sebelumnya. Inilah berbagai teknologi yang digunakan pada L300

  • Print method :     On-demand ink jet
  • Konfigurasi nozzle :     180 nozzle untuk warna hitam, 59 nozzle untuk warna lainnya
  • Print Direction :     Bi-directional printing, Uni-directional printing
  • Resolusi maksimum :     5760 x 1440 dpi (dot per inci)
  • Volume tinta minimal: 3pl
  • Kecepatan cetak dokumen hitam/berwarna: 33/15 ppm
  • Kecepatan maksimal mencetak foto : 27 detik per foto
  • Kecepatan normal mencetak foto : 69 detik per foto
  • Teknologi tinta :     Dye Ink technology
review epson l300
Teknologi refill tinta epson l300 yang lebih aman

3. Paper Handling

Paper handling merupakan teknologi yang ada pada sebuah printer untuk penangan kertas yang ada, mulai dari peletakan kertas hingga proses masuknya kertas kedalam printer. Semua prose situ diatur oleh paper handling yang ada pada printer. Ini dia spesifikasi paper handling dari Epson L300

  • Jumlah paper tray :     1 buah
  • Metode masuk kertas : friction feed method
  • Kapasitas input kertas: 100 lembar untuk kertas biasa, 20 lembar untuk kertas glossy
  • Kapasitas output kertas: 30 lembar untuk kertas biasa, 20 lembar untuk kertas glossy
  • Ukuran kertas :     A4, A5, A6, B5, Legal, Letter, DL, C6, Envelopes: #10
  • Ukuran kertas maksimum: 8.5 x 44 inci (lebar x tinggi)
  • Print margin :     3mm atas, kanan, kiri via default setting pada printer driver

Kesimpulan

Jika anda membutuhkan sebuah printer yang memiliki kehandalan dalam fasilitas print namun tidak ingin melupakan sisi reliabilitas dan kehematan, maka printer L300 ini bisa menjadi pilihan yang sesuai bagi anda. Disamping harganya yang cukup mahal, printer ini menjanjikan anda sebuah kenyamanan. Yang masih belum bisa diketahui adalah berapa volume cetak yang ada pada printer ini, pihak Epson sendiri tidak mencantumkan berapa volume cetak yang bisa dilakukan oleh printer jenis ini.

Plus: hemat dalam mencetak, model printernya cukup space saving, kecepatan print yang tinggi, garansi 1 tahun atau setelah mencetak 30.000 lembar dokumen.

Minus: harga yang cukup mahal, cartridge yang tidak bisa diganti, harus sering dilakukan cleaning ketika dijalankan agar tidak ada masalah terhadap cartridge dan tintanya

Tags : Epson

Leave a Response