SHARE

Di era serba canggih seperti saat ini, smartphone menjadi kebutuhan yang cukup penting bagi setiap orang. Bagaimana tidak, beberapa aktivitas penting membutuhkan ponsel pintar tersebut. Namun kecanggihan tersebut juga memicu banyak orang usil atau yang sering disebut dengan hacker (black hat hacker). Hacker sering memanfaatkan kerentanan dalam sistem operasi yang ada pada smartphone.

sistem operasi

Menyikapi hal ini, sebaiknya pengguna harus waspada. Selain waspada, sebaiknya pengguna juga mengetahui apakah sistem operasinya rentan atau tidak. Steve Lord, seorang white hat hacker, menyatakan bahwa sistem operasi (OS) yang paling aman digunakan ialah Windows Phone. OS besutan Microsoft ini menurutnya paling sulit untuk diretas. Walaupun pada dasarnya semua sistem operasi pasti memiliki sisi baik dan buruk. White hat sendiri merupakan sebutan untuk seorang hacker komputer yang beretika, atau seorang pakar keamanan komputer yang mengkhususkan diri dalam pengujian untuk memastikan keamanan suatu sistem.

Steve mengatakan bahwa untuk saat ini memang Windows Phone yang tampak paling sulit untuk dihancurkan. Kemudian disusul OS BlackBerry. Sejak dahulu BlackBerry memang dikenal sangat fokus pada keamanan. Sedangkan OS yang paling mudah untuk diserang adalah Android, terutama jika hacker mempunyai akses fisik ke perangkat.

Demi keamanan, ia menyarankan pengguna untuk menggunakan smartphone berbasis Windows Phone 8, BlackBerry 10, atau versi terbaru juga bisa menjadi pilihan. Namun jika pengguna tetap ingin memakai Android, pengguna dapat memakai salah satu varian produk brand Nexus yang sering mendapatkan pembaruan.

Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Windows Phone jika dibandingkan dengan sistem operasi lainnya.

  • Adanya virtual asisten atau pembantu virtual yang diberi nama Cortana
  • Adanya Live Tiles atau interface khas windows phone 1.0. Tampilan tersebut lebih informatif dan lebih nyaman dilihat karena lebih komprehensif jika dibandingkan dengan interface Android yang statis.
  • Kustomisasi Lock Screen
    Tombol pengunci pada Windwos Phone bisa di-setting sesuai dengan keinginan pengguna. Meskipun menu ini juga ada pada Android, namun Windows Phone lebih memberi keluasaan dalam kustomisasinya.
  • Adanya aplikasi eklusif khas Lumia
    Ada beberapa aplikasi yang hanya ada di Windows Phone 8.1seperti Glance Screen, Lumia Selfie, dan Lumia Panorama.
  • Fitur HUB
    Fitur ini dapat menghubungkan semua aktivitas yang sering dilakukan menjadi satu tempat.
  • Lebih aman
    Sifatnya yang tertutup membuat Windows Phone lebih aman digunakan dibandingkan sistem operasi lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here