close

Smartfren Siap Mendukung Netflix di Indonesia

Netflix

Netflix merupakan layanan penyewaan film serta serial televisi berbasis streaming. Layanan ini akan mendukung internet cepat di Indonesia. Wajar saja karena untuk menggunakan layanan tersebut memang dibutuhkan internet cepat sebagai syarat mutlak. Netflix dapat mewadahi kebutuhan menonton melalui PC, laptop, maupun mobile (smartphone atau tablet) di manapun dan kapan pun.

Netflix

Kecepatan minimum yang dibutuhkan pengguna untuk mengakses Netflix sebesar 5.0 Mbps. Namun, untuk kualitas gambar film maksimal (Ultra HD), kecepatan yang dibutuhkan 25 Mbps.

Dapat dikatakan bahwa syarat tersebut telah dipenuhi bagi penyedia internet rumah seperti First Media, IndiHome, MNC PlayMedia, atau Biznet. Begitu juga dengan penyedia internet mobile (Telkomsel, Indosat Ooreedo, Hutchison Tri, dan Smartfren).Para operator penyedia internet rumah memang telah menyematkan teknologi fiber optic yang bisa mengakomodir internet berkecepatan hingga ratusan Mbps. Begitu juga dengan operator telekomunikasi yang telah menyediakan layanan internet 4G LTE) dengan kecepatan memadai.

Setelah kecepatan yang harus memadai, kuota juga harus memadai. Penyedia internet rumah berbasis teknologi fiber optic mengakomodir paket internet tanpa batas (unlimited) dengan beragam kisaran harga. Untuk operator telekomunikasi sendiri pun demikian. Streaming satu film di Netflix rata-rata membutuhkan kuota internet sekitar 6 GB. Sementara mayoritas operator telekomunikasi belum menyediakan paket internet berkuota besar dengan harga yang terjangkau. XL Axiata dan Indosat Ooreedo masing-masing punya paket bertajuk internet unlimited, namun dipatok batas wajar pemakaian atau FUP. Sementara Telkomsel dan Tri sudah menghilangkan paket unlimited-nya.

Salah satu operator yang menyediakan paket true unlimited tanpa FUP ialah Smartfren. Operator berbasis CDMA ini mematok harga sekitar Rp 300.000 untuk pemakaian kuota jaringan 4G sepuasnya dengan kecepatan rata-rata 49 Mbps. Dapat dikatakan, baru Smartfren yang siap mendukung kebutuhan masyarakat modern menjajal Netflix melalui perangkat mobile.

Tags : NetflixSmartfrenStreaming

Leave a Response