close
Sony Smartwatch 3

Tak hanya brand besar seperti Samsung dan Apple saja yang menciptakan smartwatch, namun Sony melalui Sony Smartwatch 3 juga unjuk gigi dalam hal jam tangan pintar. Sony Smartwatch 3 ini juga tak kalah ‘pintar’ dari Smartwatch milik Apple dan Samsung.

Sony Smartwatch 3

Bisa dikatakan Sony Smartwatch 3 bukanlah Smartwatch yang cukup ‘wow’, namun dengan satu kelebihan yang dimiliki membuat jam tangan pintar ini cukup ‘wow’ untuk dimiliki. Singkatnya, salah satu kelebihan yang dimiliki yaitu adanya GPS yang tertanam pada jam pintar tersebut.

Fitur-fitur Sony Smartwatch 3

Desain dan Penampilan

Secara desain, ada dua model yang disuguhkan oleh Sony Smartwatch 3 terutama mengenai pengikat. Model pertama tersedia dengan bahan karet dan yang kedua yaitu dengan bahan metal. Untuk model pertama, biasa dipakai bagi mereka yang suka berolahraga, sedangkan yang kedua bisa dipakai dalam berbagai acara. Namun ada satu hal yang menarik dari strap (pengikat) Sony Smartwatch 3 ini yaitu strap mampu menyerap debu sehingga jam tangan terlihat bersih. Hal ini karena strap dibuat dari magnet yang mampu mengikat dan menyingkirkan debu dengan baik.

Layar Sony Smartwatch 3 berukuran 1,6 inci (320×320), LCD sehingga pengguna dapat melihat dengan mudah walau berada pada tempat yang terang karena sinar matahari. Jika ada pada tingkat terang yang tinggi, Anda akan tetap dapat melihat waktu dengan baik karena terdapat lampu sensor. Seperti Smartwatch pada umumnya, di dalamnya terdapat accelerometer internal yang menyala layar setiap kali Anda angkat untuk memenuhi mata Anda.

GPS Tracking

Satu keistimewaan Sony Smartwatch 3 sekaligus titik penjualan Sony adalah adanya GPS Tracking.Titik penjualan terbesar dari Sony SmartWatch 3 adalah bahwa hal itu dalam kemasan konektivitas GPS. Itu jelas sebuah kelebihan besar bagi siapa saja yang ingin secara akurat melacak berjalan tanpa harus membawa smartphone mereka di sekitar dengan mereka.

Sony Smartwatch 3

Sejak Google memperkenalkan dukungan GPS untuk Android Wear di update platform pertama, beberapa pelari mulai menggunakan jam pintar seperti ini untuk menunjang latihan mereka. The RunKeeper, aplikasi baru-baru ini diperbarui untuk menyertakan dukungan GPS untuk perangkat Android Wear.

Menggunakan MyTracks, yang cukup dasar menemukan bahwa GPS pelacakan pada Sony SmartWatch 3 sebenarnya mengesankan. Sebuah percobaan melakukan beberapa berjalan dengan strap yang terikat dan jarak dihitung (dengan hitungan kecepatan permenit). Kemudian juga membandingkannya dengan Adidas miCoach (alat penghitung kecepatan lari dan jalan)menemukan bahwa, selama berlari 10km, Sony SmartWatch 3 ada dalam 20 m setelah 10.000 meter lari.

Hardware Sony Smartwatch 3

Tak hanya menjadi smartwtach yang dapat mentrack GPS pertama, tetapi juga dapat menikmati NFC dan konektivitas Wi-Fi secara built in (telah tersedia pada Smartwatch). Sony Smartwatch 3 memiliki ruang penyimpanan sebesar 4 GB (cukup standar untuk ukuran smartwatch) dan dibekali dengan kekuatan prosesor quad-core 1.2GHz Arm A7. Jangan khawatir, Anda tidak akan menemukan sebuah aplikasi yang membuat SmartWatch 3 gagap walaupun dengan perangkat Wear Android lainnya dengan prosesor jauh lebih sedikit kuat. Satu hal yang kurang dari jam tangan pintar ini yaitu sensor pengukor detak jantung optik yang sudah ada pada smartwatch-smartwatch lainnya.

Daya Tahan Baterai

Berita bagus untuk daya tahan baterai Sony Smartwatch 3. Daya tahan baterai yang menakjubkan yaitu 320 mAh. daya tahan baterai ini disebut-sebut terbaik di kelas Smartwatch. Selain itu, berita bagus lainnya yaitu smartwatch ini dicharge dengan melalui Micro USB, sehingga tak perlu membawa peralatan charger yang banyak. Kalau dipadukan dengan model yang memakai bahan stainless steel, maka memang agak ‘canggung’ jika Anda ingin mengisi daya karena tidak ada cukup ruang di belakang dengan strap yang terkunci.

Sony Smartwatch 3

Satu hal lainnya yang membuat Sony Smartwatch 3 menakjubkan yaitu kemampuannya bertahan di dalam air. Jika jam pintar lainnya mematok kurang lebih membutuhkan 30 menit tahan di dalam air, maka jam pintar yang satu ini mempunyai rating IP68. Dengan rating ini, daya tahan di dalam air bisa bertahan dua kali lipat daripada yang lain.

Kesimpulannya, Sony Smartwatch 3 hadir sebagai pilihan tepat para atlet karena beberapa fitur yang mendukung. Diantara beberapa kelebihan fitur yang dimiliki, ada beberapa kekurangannya. Salah satu kekurangannya yaitu tidak banyak aplikasi yang ada pada jam tangan pintar tersebut. Namun, sah-sah saja jika anda yang bukan atlet atau pelari ingin memakai jam tangan pintar ini.

 

 

Tags : AppleAsusAtletIP68SamsungsmartwatchSony Smartwatch 3

Leave a Response