Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-utils.php on line 26

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-utils.php on line 26

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-person.php on line 152

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-person.php on line 230

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-person.php on line 236
close
Panduan Membeli

Tips Memilih Casing Komputer Untuk Desktop Anda

memilih-casing-pc-1

Apakah anda pengguna Desktop PC? Apakah anda merakit PC anda sendiri? Jika, jawaban dari kedua pertanyaan tersebut adalah iya, maka salah satu perangkat yang bisa menjadi pertimbangan adalah pemilihan casing komputer. Dengan memilih casing komputer yang sesuai untuk kegunaan anda, akan mampu membantu produktivitas anda. Memang casing tidak terlihat seperti perangkat yang mempengaruhi kinerja dari PC, namun sebenarnya casing bisa mempengaruhi kinerja dari PC, dikarenakan sirkulasi udara, kipas yang tersedia hingga kemampuan power supply yang ada pada komputer.memilih casing pc

Jika kegunaannya hanya untuk keperluan biasa, sebenarnya anda tidak perlu terlalu khawatir tentang pemilihan casing komputer anda. Beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih desktop komputer adalah ukuran dari casing, jumlah harddisk yang bisa dipasang, dan port-port yang terdapat pada panel bagian depan. Dengan mengetahu beberapa hal tersebut secara benar, maka kita bisa mendapatkan casing komputer yang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan kita.

Overview

Memang memilih casing komputer merupakan pekerjaan yang terkadang tidak mudah, bahkan kebanyakan pengguna komputer yang merakit komputer mereka sendiri memilih casing komputer tidak dengan teliti. Kebanyakan para pengguna memilih casing yang memiliki harga yang cukup rendah tanpa mengetahui fitur atau spesifikasi yang ditawarkan oleh casing tersebut.

Mengetahui bagaimana casing tersebut bekerja, material dari casing dan mengapa casing tersebut didesain, akan membantu anda memahami memilih casing tersebut dengan benar dan pintar. Dengan memilih casing yang tepat, anda bisa membuat sistem yang medioker menjadi sedikit lebih baik, dan membuat sistem yang baik, menjadi lebih hebat. Jadi, apakah anda masih meragukan kegunaan dari casing komputer?

Panduan membeli casing komputer

Terdapat beberapa pertimbangan yang bisa dijadikan alasan untuk memilih casing komputer yang tepat. Beberapa pertimbangan tersebut bisa saja sering dilupakan oleh para pembeli. Beberapa pertimbangan dalam memilih casing komputer adalah sebagai berkut

1. Memilih ukuran dan bentuk yang sesuai

Tidak seperti ukuran pada motherboard dan prosesor, ukuran pada casing komputer tidak butuh dijelaskan dan tidak ada ukuran tertentu untuk mendapatkan casing yang sesuai. Semakin besar casing yang anda gunakan, maka akan semakin banyak komponen dan optical drive yang bisa terdapat. Selain itu, dengan semakin besarnya casing, pengguna bisa menggunakan video card yang memiliki kemampuan yang tinggi dan lebih mudah untuk dilakukan pemasangan.

memilih casing pc
Ukuran dan bentuk casing bisa jadi salah satu faktor menentukan

Satuan ukuran yang digunakan untuk menentukan besarnya casing komputer adalah satuan full tower, mid tower dan mini tower, namun jika anda tidak memahami satuan-satuan ini, hal ini tidak berarti banyak atau tidak mempengaruhi kemampuan anda dalam memilih casing. Kami menyarankan anda untuk memilih casing komputer yang sesuai dengan kebutuhan komponen-komponen PC anda dan apa yang akan anda kembangkan kedepannya. Tapi, alangkah baiknya jika anda mempertimbangkan ukuran dari casing, desain interior dan eksterior dari casing, serta tipe motherboard yang bisa berada pada casing tersebut.

Dengan membeli casing komputer yang memiliki ukuran yang sesuai dengan ruangan dan desain yang eksterior yang menarik akan membantu anda mendapatkan perangkat yang cukup mendukung dan menarik perhatian.

2. Memiliki drive bays yang cukup

Seperti yang kami sebutkan diatas, semakin besar casing komputer, maka akan semakin banyak komponen-komponen yang bisa dipasang pada komputer anda. Salah satu komponen yang bertambah dari ukuran casing yang besar adalah drive bays. Drive bays merupakan kumpulan drive yang terdapat pada bagian depan, seperti disk untuk DVD atau Blu-Ray Optical drive. Ukuran dari DVD atau Blu-Ray optical drive ini biasanya sebesar 5.25 inci. Selanjutnya, biasanya digunakan oleh card reader atau beberapa USB yang memiliki ukuran sebesar 3.5 inci, dahulu slot ini biasanya digunakan untuk floopy disk.

memilih casing pc
Jumlah drive bays pada casing PC bisa dipertimbangkan

Untuk casing yang memiliki ukuran full-size tower, kebanyakan memiliki maksimal 3 DVD atau Blu-Ray Optical drive. Tak hanya itu casing dengan ukuran ini juga memiliki maksimal 5 internal bays berukuran 3.5 inci. Ditambah lagi, anda bisa memilih casing yang memiliki slot SSD sebesar 2.5 inci yang mampu terpasang pada bagian depan depan. Namun, fitur ini sangat jarang dimiliki oleh casing-casing biasa.

3. Jumlah port pada panel bagian depan

Akhir-akhir ini teknologi mengalami perkembangan yang cukup pesat. Cukup banyak sekali peripheral yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Namun, tanpa adanya akses ke dalam komputer, beberapa peripheral tersebut rasanya tidak akan seberapa berguna. Oleh karena itu, jumlah port pada panel bagian bisa menjadi salah satu pertimbangan yang cukup penting. Dan rasanya, pengguna akan lebih mudah mengakses port bagian depan, jika dibandingkan harus mengakses port bagian belakang. Jack untuk microphone dan headphone bisa menjadi salah satu port yang bisa diletakkan pada bagian depan dan juga telah menjadi standart bawaan bagi casing komputer. Terdapat pula beberapa port standart yang ada pada casing komputer seperti USB, memory card reader, dan mungkin pada beberapa casing akan terdapat port FireWire dan Eksternal SATA.

Pada beberapa casing jenis terbaru, terdapat port yang bisa digunakan untuk USB 3, port tersebut berguna bagi anda yang menginginkan kecepatan yang lebih tinggi pada saat transfer data.Anda bida menyambungkan port ini pada motherboard, tapi jika motherboard anda merupakan motherboard jenis yang lama, maka hal tersebut tidak akan mendukung fitur USB 3.

4. Mudah untuk di bongkar pasang

Mungkin dulu ketika anda ingin merakit sebuah komputer, anda membutuhkan beberapa perangkat seperti obeng, tang, atau solder untuk melakukan pemasangan komponen pada PC anda. Namun sekarang, anda bisa memilih casing komputer yang sangat mudah untuk bisa dilakukan bongkar pasang tanpa perlu menggunakan beberapa peralatan seperti obeng, tang atau solder. Anda bisa merakit komponen-komponen komputer pada perangkat anda tanpa perlu khawatir akan kerumitan dan lebih simple. Kecuali motherboard yang masih harus dipasang dengan menggunakan obeng ke dalam casing komputer.

memilih casing pc
Tingkat kerumitan casing PC bisa dihindari

Berbeda casing, tentunya berbeda pula metode yang digunakan untuk bisa memasang komponen-komponen komputernya. Casing dengan fitur ini bisa menjadi salah satu casing yang mampu mendukung kinerja anda. Pengguna tidak perlu repot-repot dalam menyusun komponennya, dan ketika ada yang rusak, pengguna juga tidak perlu bingung untuk melakukan pergantian. Sayangnya, beberapa casing yang mudah untuk dibangkar pasang ini masih memiliki sistem yang cukup membingungkan dan susah untuk digunakan, casing ini juga tidak mampu merekatkan komponen-komponen anda, seperti yang digunakan oleh casing biasa. Anda bisa membeli dan memilih casing yang mudah dibongkar pasang dengan harga yang sedikit lebih mahal, karena tentunya fiturnya lebih banyak dan memiliki sistem yang lebih baik.

5. Casing yang memiliki power supply atau tidak?

Haruskah anda membeli sebuah casing komputer yang memiliki power supply? Hal tersebut tergantung juga kebutuhan anda. Jika anda memilih casing yang memiliki harga murah, namun sudah termasuk power supply-nya, maka kami kira hal tersebut adalah ide yang cukup buruk. Power supply yang jelek, tidak akan bekerja secara efektif dan memiliki lama hidup yang pendek, hal tersebut sama saja dengan anda tidak menghemat uang anda. Kami sarankan anda untuk memilih casing yang memiliki harga sedikit lebih mahal, karena dengan casing yang sedikti lebih mahal anda akan menemukan power supply yang cukup baik, seperti milik Antec, Cooler Master atau Thermaltake. Dengan menggunakan power supply yang baik, anda akan merasa sedikit aman dan tentunya tidak perlu membeli power supply dalam waktu yang dekat

Kesimpulan

Memilih casing komputer sebenarnya merupakan hal yang cukup sepele, namun hal tersebut bisa berdampak panjang terhadap kebutuhan anda ke depannya. Semakin bagus casing anda, maka akan semakin nyaman perasaan anda dalam menggunakannya dan rasa aman pun juga akan meningkat. Casing memiliki harga yang berkisar di antara 400 ribuan hingga lebih dari 7 jutaan. Jika keperluaan anda hanya untuk kebutuhan kantoran biasa, anda tidak perlu membeli casing yang memiliki harga lebih dari 2 jutaan.

Pada casing yang berharga sekitar 1 jutaan, anda sudah bisa menemukan fitur-fitur yang cukup baik, meski mungkin terdapat kekurangan, namun hal tersebut masih bisa dimaklumi. Ketika anda memerlukannya untuk bermain game dan berbagai kegiatan multimedia lainnya, anda bisa membeli casing yang sedikit lebih mahal agar ketika anda melakukan pergantian perangkat ke depannya, casing anda masih bisa sesuai dengan komponen-komponen baru. Hal tersebut tentu akan menghemat pengeluaran anda.

Leave a Response


Warning: Cannot assign an empty string to a string offset in /home/anugrahx/public_html/wp-includes/class.wp-scripts.php on line 454