Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-utils.php on line 26

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-utils.php on line 26

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-person.php on line 152

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-person.php on line 230

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-person.php on line 236
close
Panduan Membeli

Tips Memilih Harddisk Eksternal Yang Tepat Untuk Anda

Hardisk-External-1

Memilih harddisk eksternal sebagai tempat back up bisa jadi salah satu hal yang membutuhkan kebijaksanaan, apalagi jika berkas-berkas yang ingin disimpan/di-back up merupakan berkas yang cukup sensitif dan memiliki nilai yang cukup berguna. Untuk seseorang yang sangat profesional, yang bahkan menghabiskan hampir seluruh waktunya untuk bekerja pada media digital, keberadaan harddisk eksternal yang bisa digunakan sebagai perangkat back up dari pekerjaaannya bisa jadi cukup esensial. Bagi para pengguna umum, seperti para pekerja kantor, pelajar atau pengusaha bisa jadi juga cukup berguna. Beberapa hal yang cukup sensitif seperti catatan pengeluaran di bank, catatan pajak, foto keluarga, musik dan mungkin film, bisa di organisir di perangkat harddisk eksternal ini.Hardisk-External

Meski untuk seorang pengguna yang berlangganan sistem penyimpanan berbasis cloud, membuat tempat backup tambahan bisa jadi juga cukup penting, apalagi untuk berkas-berkas yang memiliki urgensi yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan jika tiba-tiba pengguna harus membutuhkan berkas tersebut namun tidak ada koneksi Internet, disini harddisk eksternal bisa menjadi penyelamat bagi anda yang menggunakannya.

Overview

Pada artikel ini kami akan memberikan panduan memilih harddisk eksternal yang tepat untuk kebutuhan anda. Evolusi dari harddisk saat ini sudah sangat berkembang. Oleh sebab itu, jenis-jenis dari harddisk sendiri sudah sangat banyak. Hal tersebut bisa menjadi keuntungan bagi pembeli, karena pembeli akan bisa mendapatkan opsi yang cukup banyak dari jenis-jenis harddisk. Namun, hal tersebut juga bisa menjadi boomerang bagi para pengguna ketika mereka salah memilih harddisk yang ada.

Pada panduan ini, pengguna akan mendapatkan detail dari harddisk eksternal. Sehingga ketika pembaca selesai membaca artikel ini, pengguna tidak akan bingung dalam menentukan harddisk eksternal yang akan digunakan.

Tips/panduan dalam memilih harddisk eksternal

Sebelum membahas pertimbangan-pertimbangan yang bisa anda gunakan sebagai patokan untuk menentukan harddisk eksternal yang sesuai, ada beberapa alasan mengapa anda bisa memilih harddisk eksternal sebagai media penyimpanan kedua (secondary) dibandingkan dengan media lainnya.

Mengapa memilih harddisk jika dibandingkan dengan Cloud Storage?

Dengan keunggulan dari segi teknologi dari tempat penyimpanan cloud, serta fleksibilitas tinggi yang ditawarkan membuat hampir semua orang berpikir bahwa keberadaan harddisk eksternal merupakan salah satu perangkat yang tidak berguna/usang. Namun jika kita melihat teknologi yang digunakan oleh tempat penyimpanan eksternal juga masih menggunakan perangkat fisik. Hanya saja yang membedakannya adalah ukuran dari tempat penyimpanan tersebut dan lokasi dari tempat penyimpanannya.Hardisk-External

Pada tempat penyimpanan cloud, berkas ditempatkan pada kolam data secara virtual dan bisa diakses melalui fasilitas online. Kolam data ini dioperasikan oleh pihak ketiga, sama halnya seperti website. Data yang ada di dalam kolam ini bergabung langsung dengan seluruh data yang ada pada tempat penyimpanan eksternal pelanggan lainnya.

Spesifikasi harddisk eksternal

Harddisk pada beberapa tahun terakhir memang mengalami pekembangan yang cukup signifikan. Mulai dari material yang digunakan hingga bentuk yang ada. Selain perubahan fisik, harddisk juga mengalami beberapa perubahan pada spesifikasi seperti kecepatan putar disk, konektivitas dan kapasitas penyimpanan.

harddisk reguler biasanya menyimpan data pada komponen yang memiliki kemampuan magnetik dan berbahan ferromagnetic yang cukup tipis. Komponen tersebut melekat pada bagian dari casing harddisk.

Pada tabel dibawah ini kami akan memberikan penjelasan secara total terhadap spesifikasi dan fitur yang terdapat pada harddisk, sehingga anda bisa mengetahui seberapa penting fitur tersebut di dalam harddisk yang anda beli.

Fitur

Penjelasan

Kegunaan

Kecepatan Kecepatan dari harddisk diukur dalam satuan revolution per menit atau rpm. Hal tersebut menunjukan kecepatan yang dihasilkan oleh plat. Semakin besar kecepatan yang dihasilkan, maka akan semakin pula data yang bisa diakses oleh pengguna.Terdapat 2 tipe dari harddisk eksternal. Tipe pertama, merupakan harddisk eksternal yang membutuhkan tenaga listrik dari stop kontak secara langsung dan kedua adalah harddisk eksternal yang bisa langsung tersambung dengan komputer atau laptop Kecepatan rotasi dari harddisk eksternal bisa mencapai angka 10.000 rpm dan minimal bisa mencapai angka 4.200 rpm. Kami menyarakan pengguna untuk memilih harddisk eksternal yang mempunyai kecepatan diatas 5.600 rpm. Dengan kecepatan seperti itu pengguna bisa mempercepat proses yang berlangsung.Jika anda merupakan pekerja profesional yang bekerja dengan program dan data yang besar, kami menyarankan anda untuk membeli harddisk eksternal yang memiliki kecepatan rotasu yang tinggi.
Konektivitas Koneksi yang digunakan untuk menyambungkan harddrive ke dalam komputer biasanya menggunakan port USB. USB yang digunakan kebanyakan adalah yang bertipe 2.0. Namun sekarang, sudah banyak yang memiliki USB dengan tipe 3.0 Harddisk yang menggunakan interface USB 2.0 biasanya memiliki kecepatan rpm yang tidak seberapa tinggi. Sedangkan yang menggunakan 3.0  telah mengunakan rpm yang cukup tinggi.Selain itu, kecepatan transfer pada kedua USB ini jauh berbeda. USB 3.0 memiliki kecepatan yang lebih tinggi jika dibandingkan USB 2.0
Kapasitas Harddisk eksternal yang tersedia pada pasar memiliki kapasitas 60 GB hingga 4 TB. Semakin besar kapasitas yang dimiliki, maka akan semakin besar pula data yang mampu disimpan pada harddisk tersebut. Bagi penggunaan individual atau keluarga yang hanya digunakan untuk menyimpan berkas seperti foto, musik dan film, anda bisa membeli harddisk eksternal yang memliki kapasitas hingga 1 TB atau mungkin yang lebih kecil.Jika anda merupakan sebuah pegawai profesional, yang memiliki data berupa keperluan-keperluan bisnis yang memiliki ukuran yang besar, seperti grafik, render dan desain program, maka kami menyarankan untuk memilih harddisk eksternal yang memiliki kapastitas yang tinggi.
Fitur Keamanan Harddisk eksternal telah memiliki fasilitas untuk bisa mengaktifkan password sebagai akses keamanan untuk para penggunannya. Bahkan untuk sekarang, terdapat password berupa verifikasi sidik jari untuk bisa membuka/mengakses harddisk tersebut. Mungkin hampir semua pengguna umum membutuhkan fitur ini, tapi untuk beberapa pengguna yang memiliki berkas-berkas yang sensitif bisa menambahkan tingkat keamanan yang lebih tinggi seperti pengenalan biometrik atau verifikasi sidik jari sebagai tambahan keamanan yang ekstra.
Kemudahan akses (portability) Harddisk eksternal yang lebih besar, pasti membutuhkan power supply utama untuk bisa berfungsi, dan tentunya memiliki portabilitas yang cukup rendah. Sedangkan untuk perangkat harddisk eksternal yang lebih kecil, akan memiliki portabilitas yang lebih tinggi, sehingga mudah di bawa kemana-mana.Anda tidak perlu khawatir karena hampir seluruh harddisk eksternal kini telah memiliki kemampuan akses yang cukup tinggi, sehingga mudah untuk d bawa kemanapun dan kapanpun. Jika anda ingin memilih harddisk eksternal, maka kami menyaranakan untuk memilih harddisk yang kecil namun memiliki kapasitas yang tinggi.

Kesimpulan

Atikel ini memberikan anda panduan dalam memilih harddisk eksternal yang tepat, kami membedahnya dengan memilah-milah mulai dari anatomi harddisk eksternal, membandingkan harddisk dengan tempat penyimpanan lain dan fitur-fitur yang bisa menjadi pertimbangan dari harddisk eksternal.

Dengan informasi yang terdapat pada panduan memilih harddisk ini, anda sekarang bisa memilih dan membeli harddisk eksternal yang sesuai dengan keperluan anda. Dengan begitu, kami juga mengharapkan anda juga memiliki kemampuan untuk bisa merawat dan mengatur harddisk eksternal tersebut.

Leave a Response


Warning: Cannot assign an empty string to a string offset in /home/anugrahx/public_html/wp-includes/class.wp-scripts.php on line 454