close
mesin kasir 4
mesin-kasirBagi siapapun yang ingin memulai sebuah bisnis yang membutuhkan pembayaran secara langsung atau menggunakan uang, pasti sangatlah membutuhkan mesin kasir. Baik itu perusahaan seperti restoran, toko-toko retail, kios penjualan atau usaha-usaha yang berbasis storefront, pasti sangat membutuhkan pembayaran untuk kelancaran usahanya dan membuat bisnis yang mereka jalani menjadi lebih sukses. Saat ini memilih mesin kasir bisa menjadi salah satu hal yang cukup membingungkan bagi para pemilik usaha. Hal tersebut tak lain dikarenakan banyaknya mesin kasir yang berada dipasaran. Sebenarnya hal tersebut merupakan sebuah peluang yang cukup baik bagi anda jika anda menguasai dengan baik apa kebutuhan dan kegunaan anda. Agar anda tidak bingung, kami memberikan sebuah panduan memilih mesin kasir sesuai dengan kegunaan kantor.

Overview

Dibalik banyaknya teknologi yang berkembang pada abad ke-20 ini, hampir semua perusahaan retail masih menggunakan mesin kasir sebagai tempat yang digunakan untuk melakukan transaksi. Oleh karena itu, memilih mesin kasir yang tepat bisa menjadi salah satu hal yang penting bagi kegiatan bisnis anda. Pada mesin kasir ini biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai macam uang, baik itu kertas atau koin. Mesin ini dioperasikan oleh satu orang yang bertujuan untuk menghitung uang yang harus dibayar oleh pelanggan dan memberikan pelayanan kepada para pelanggan. Para pengguna mesin kasir sebagai gantinya harus membayar pengeluaran kertas sebagai bukti cetak struk yang digunakan.

mesin-kasir
Contoh mesin kasir

Penggunaan mesin kasir pada awalnya dimulai dari tahun 1883, saat itu kebanyakan digunakan oleh para pemiliki usaha salon pada Dayton, Ohio. Dari awal keberadaannya, mesin kasir memang telah dilengkapi fitur untuk bisa menjaga uang yang ada didalam mesin tersebut. Pada faktanya, hal tersebut dibuat agar para penjaga toko tidak bisa mencuri uang sepeser pun dari mesin kasir tersebut. Sekarang, kebanyakan mesin kasir telah dioperasikan secara elektronik, meski telah berubah cara pengoperasiannya, fungsi dasar dari perangkat ini tidak terlalu banyak berubah.

Jika berbicara mengenai mesin kasir secara general/luas, mesin kasir merupakan sebuah alat pendukung transaksi keuangan yang ada. Pada mesin kasir, uang kertas dan uang koin dipisah pada beberapa bagian. Uang kertas pun juga dibagi-bagi lagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan nominalnya, sehingga diharapkan operator/kasir tidak melakukan kesalahan ketika menghitung kembalian uang atau pembayaran uang.

Panduan membeli mesin kasir

Pada artikel ini kami menekankan mengenai pembelian mesin kasir. Tujuannya adalah agar anda tidak mengalami kesalahan dalam memilih mesin kasir yang sesuai dengan kegunaan bisnis anda. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih mesin kasir adalah sebagai berikut

1. Cara membuka mesin kasir

Untuk tips memilih yang pertama adalah perhatikan cara membuka mesin kasir tersebut. Memang memperhatikan cara membuka terlihat begitu remeh dan cenderung diabaikan. Oleh karena itu, kami mengingatkan kepada para pengguna mesin kasir untuk memperhatikan cara membuka mesin kasir tersebut. Material dari mesin kasir ini juga dibuat sekuat mungkin untuk membuat uang yang ada tetap aman di dalam mesin tersebut. Ketika kasir telah melakukan transaksi, mesin kasir akan terbuka dari tempat yang sebelumnya terkunci. Hal tersebut terjadi karena adanya gulungan elektromagnetik yang biasa kita kenal dengan solenoid. Solenoid tersebut melepas kunci pada kotak yang mengisi uang dan ketika di tutup solenoid akan mengunci mesin tersebut kembali.

mesin-kasir
Cara membuka mesin kasir bisa dijadikan pertimbangan

Beberapa mesin kasir masih menggunakan teknologi yang manual, tapi beberapa mesin kasir telah menggunakan pengunci silinder untuk bisa memastikan uang yang berada di dalam mesin kasir menjadi lebih aman. Dengan menggunakan kunci silinder ini, pengguna mesin kasir memiliki beberapa opsi, yaitu mengunci mesin, membuka kunci mesin, online dan melepaskan mesin kasir. Jika mesin diatur pada posisi terkunci, mesin sama sekali tidak akan bisa dioperasikan, meski menerima sinyal dari solenoid, mesin tidak akan bisa terbuka. Jika mesin diatur pada posisi online, berarti mesin siap untuk digunakan dalam kegiatan transaksi.

Kami menyarankan anda untuk membeli dan memilih mesin kasir yang menggunakan kunci silinder ini. Dengan menggunakan kunci ini pengguna bisa memiliki beberapa opsi yang cukup banyak untuk kegiatan transaksinya.

2. Bentuk/konstruksi dari mesin kasir

Ketika memilih mesin kasir, para pemilik usaha harus mempertimbangkan kekuatan dari konstruksi mesin kasir. Jika bisnis anda memiliki omzet yang cukup tinggi, dan anda ingin berhati-hati mengenai uang yang ada didalam mesin anda, maka anda bisa memilih mesin kasir yang memiliki konstruksi yang lebih tebal dan mungkin lebih berat.

Untuk toko-toko seperti toko grosir, retail dan restoran-restoran, kami sarankan untuk sebaiknya memilih mesin kasir yang memiliki konstruksi dan ketebalan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mesin kasir biasa. Karena mesin kasir pada bidang usaha tersebut biasanya rentan untuk di curi atau di rusak. Selain itu, toko-toko seperti itu biasanya juga rentan untuk dilakukan perampokan. Dengan konstruksi mesin yang lebih berat dan tebal akan membuat para pencuri kesulitan untuk mengeluarkan uang anda.

Anda bisa memilih mesin kasir yang memiliki konstruksi yang standart/biasa jika bisnis anda sangat jarang sekali menggunakan mesin kasir sebagai alat pembantu transaksi. Meski mesin dengna konstruksi yang lebih tebal dan berat memiliki harga yang lebih mahal, namun kemampuan yang dimilikinya lebih kompleks dan juga lebih aman dalam menjaga uang anda. Anda akan mendapatkan garansi keamanan yang lebih jika membeli mesin kasir yang memiliki konstruksi yang lebih tebal dan berat.

3. Interface yang terdapat pada mesin kasir

Jika membeli mesin kasir, salah satu bahan pertimbangan untuk memilih mesin kasir adalah interface yang terdapat pada mesin kasir. Para pemilik usaha sebaiknya memilih mesin kasir yang memiliki interface yang dapat membantu kegiatan bisnis mereka. Dengan berpedoman terhadap hal tersebut, ada 3 opsi interface yang bisa anda pertimbangkan, yaitu keberadaan mesin cetak, serial dan penngambilan uang secara manual.

  • Printer pada mesin kasir

Mungkin saat ini, membeli mesin cetak yang memiliki printer sudah bisa anda temukan di dalam pasar. Bahkan printer pada mesin cetak ini sangat dianjurkan untuk kegiatan apapun, karena dengan menggunakan printer, pengguna bisa mencetak bukti transaksi yang telah terjadi. Printer yang ada pada mesin kasir ini tersambung secara langsung dengan mesin cetak. Printer secara langsung bisa menerima sinyal ketika transaksi telah selesai, dan secara manual pihak kasir menekan tombol untuk mencetak bukti transaksi yang telah berlangsung.

  • Koneksi serial

Penggunaan koneksi serial ini bertujuan untuk menyambungkan mesin kasir terhadap komputer POS (Point Of Sales), seperti mesin kartu kredit atau ATM. Dengan adanya koneksi serial ini membuat mesin kasir bisa tersambung dengan menggunakan kabel yang ada.

  • Pengambilan uang secara manual

Interface ini berbanding terbalik dengan koneksi serial, jika koneksi serial memiliki kabel yang mampu tersambung ke dalam komputer POS, maka pada mesin kasir ini tidak memiliki kabel yang tersambung secara langsung ke dalam mesin pengambil uang. Jadi pihak kasir harus mengoperasikannya secara manual.

4. Slot Media

Jika anda berniat membeli mesin kasir, salah satu yang bisa anda pertimbangkan adalah jumlah slot media dari mesin kasir. Mesin kasir biasanya memiliki 1 hingga 3 media slot. Media slot memperbolehkan pengguna untuk bisa menempatkan dokumen seperti cek, hasil cetak kredit card milik pembeli dan berbagai dokumen lainnya tanpa perlu membuka slot uang. Dengan adanya slot media, tentu saja menambah tingkat keamanan dan kenyamanan ketika mengoperasikan mesin kasir. Slot media merupakan fitur yang cukup berguna untuk bisa bekerja sama dengan sistem POS.

5. Tampilan dan desain

Mungkin tampilan bukanlah salah satu yang menjadi pertimbangan utama dalam membeli sebuah mesin kasir. Tapi tampilan dan desain dari sebuah mesin kasir bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan mesin kasir yang akan anda gunakan. Setiap mesin kasir pasti memiliki model, ukuran, dan warnanya sendiri. Semua spesifikasi diatas patut dipertimbangkan untuk memastikan jika tampilan mesin kasir pas/sesuai dengan interior atau desain dari ruangan anda.

Tags : mesin kasir

Leave a Response