close
Please assign a menu to the primary menu location under menu

Tips Memilih Router Sesuai Dengan Kebutuhan

panduan-membeli-router-6
panduan-membeli-routerMemilih router sebagai jaringan yang akan anda gunakan pada rumah atau kegiatan bisnis anda mungkin akan sangat membingungkan. Pengguna tentu saja ingin membeli dan memilih router yang memiliki performa yang cukup baik dan memiliki jangkauan wireless yang cukup memadai. Sehingga dengan kemampuan performa yang cukup baik, anda tidak perlu untuk mengganti router tersebut dalam jangka waktu yang cukup pendek.

Selanjutnya, yang lebih menambah tingkat kerumitan dalam memilih router adalah jumlah fitur dan spesifikasi wireless yang disediakan. Untuk itu kami akan memberikan panduan memilih router sesuai dengan kebutuhan dan besar ruangan anda.

Overview

Saat ini router telah terdapat hampir di semua tempat. Anda bisa menemukannya di rumah, kantor, dan apartemen. Mungkin anda juga bisa menemukan router yang bisa menghasilkan sinyal Wi-Fi, anda bisa menemui fasilitas ini di berbagai rumah makan, supermarket atau mungkin cafe tempat anda terbiasa membeli kopi. Dengan menggunakan router yang memiliki teknologi wireless, pengguna bisa memproduksi jaringan wireless. Sehingga anda bisa membagi koneksi tersebut ke berbagai pengguna tanpa perlu terbatas dengan tempat. Pengguna wireless anda bisa berada di tempat-tempat yang jauh dari tempat router anda. Namun, router tetap memiliki batas yang bisa di jangkau sehingga pengguna harus tetap menjaga jarak tersebut.

panduan-membeli-router
Ilustrasi kegunaan router

Pada artikel panduan ini kami telah mengasumsikan anda telah berlangganan internet, sehingga tingkat selanjutnya adalah anda hanya perlu untuk membagi koneksi tersebut ke dalam beberapa pengguna yang akan memakan koneksi Internet anda. Kami juga menyaranakan anda untuk memilih router yang memiliki kemampuan wireless, sehingga pengguna tidak hanya terbatas pada yang menggunakan kabel. Meski pengguna wireless pun juga ada batasnya.

panduan-membeli-router
Instalasi Router

Ketika anda ingin membeli sebuah router, hal pertama yang harus anda pertimbangkan adalah seberapa canggih router yang ingin anda beli. Jika anda membutuhkan bantuan router yang memiliki teknologi wireless, tentunya anda tidak akan membeli router yang memiliki kemampuan yang rendah. Selain itu, jika anda ingin menambahkan fitur-fitur yang berlebih seperti keamanan, kontrol utama dan kemampuan untuk menyambungkan USB printer dan tempat penyimpanan eksternal. Tentunya anda harus membutuhkan router yang memiliki harga yang cukup mahal, semakin mahal router maka akan semakin banyak fitur yang ditawarkan.

Panduan membeli router

Sebelum membeli sebuah router, ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal dibawah ini agar anda tidak terjebak pada pembelian router yang tidak sesuai dengan kebutuhan anda.

1. Network standart 802.11n atau 802.11ac

panduan-membeli-router
Standart interface Wi-Fi menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan

Jika anda menginginkan sebuah router yang memiliki teknologi Wi-Fi, anda harus mempertimbangkan fitur kemampuan fitur wireless yang ada pada router. Sama halnya dengan smartphone, perusahaan manufaktur router juga secara konstan menerapkan teknologi yang baru dan bertenaga. Semakin lama, teknologi pastinya juga semakin berkembang. Teknologi terbaru dari wireless router adalah 802.11n, teknologi ini telah menjadi standart dari industri. Jadi, kami menyarankan untuk membeli router dengan teknologi terbaru. Anda bisa melihat spesifikasi ini pada bagian atas kardus dari router yang anda beli, pihak manufaktur seharusnya mencantumkan spesifikasi pada bagian atas.

Namun, tak jarang ada perusahaan yang menjual router yang masih menggunakan teknologi yang lama. Biasaya harga dari router ini lebih murah jika dibandingkan dengan router yang menggunakan teknologi terbaru. Teknologi yang lama ini menggunakan sistem wireless 802.11ac. Yang perlu diperhatikan, bahwa anda tidak perlu khawatir jika teknologi wireless yang lama tidak bisa tersambung dengan teknologi yang terbaru. Teknologi yang lama pun juga bisa bekerja dengan teknologi terbaru.

2. Menentukan kecepatan Wi-Fi pada router

Ketika anda ingin memilih router yang tepat untuk kegiatan anda, anda juga harus menentukan kecepatan Wi-Fi pada router. Setiap perusahaan pasti menentukan/mendeklarasikan kecepatan Wi-Fi yang bisa digunakan pada router, namun anda tetap harus bijaksana dalam menentukan bandwidth yang bisa dicapai oleh router tersebut. Pihak manufaktur telah memberikan kecepatan secara teori pada kerdus untuk menarik perhatian dari pembeli. Biasanya kecepatan wireless pada router mencapai kecepatan 350 Mb/sec hingga 1900 Mb/sec. Sebenarnya kecepatan tersebut tidak akan diterima secara maksimal oleh perangkat anda. Ketika anda melakukan transfer data dengan menggunakan protokol TCP/IP (protokol yang paling banyak digunakan oleh banyak pihak manufaktur), anda hanya akan menerikan setengah dari kecepatan yang disediakan oleh pihak manufaktur. Semakin jauh perangkat anda dengan router, maka akan semakin pelan pula kecepatan yang akan diterima oleh pengguna. Oleh karena itu, anda harus tetap menentukan peletakan router yang sesuai dengan keperluan anda agar menjangkau semua .

Semua wireless juga memiliki kemampuan untuk bisa memiliki koneksi dengan menggunakan kabel RJ-45/UTP. Tapi yang perlu di perhatikan adalah router hanya akan memberikan bandwidth sebesar 100Mb/s. Meski memakan bisaya yang lebih tinggi, kami menyaranakan untuk membeli router yang memiliki kecepatan bandwidth yang lebih tinggi, yaitu sebesar 1000 Mb/s. Hal tersebut juga bergantung dengan kecepatan ISP yang anda gunakan, akan terasa percuma ketika kecepatan port anda tinggi namun kecepatan Internet anda tidak tinggi. Dengan menggunakan kabel, transfer data yang ada setidaknya lebih stabil jika dibandingkan dengan menggunakan wireless.

3. Keamanan data wireless

Seperti yang kita tahu bahwa jaringan wireless, merupakan jaringan yang sangat rentang terhadap serangan atau ketidakamanan. Jika anda tidak mencoba untuk melakukan pengamanan pada jaringan anda, anda akan mendapatkan banyak masalah seperti pencurian terhadap koneksi anda, orang yang dengan sengaja mengakses setiap data yang disimpan pada komputer anda, menginfeksi sistem yang ada dengan virus dan berbagai permasalahan lainnya.

Jika anda menggunakan router jenis lama yang menggunakan sistem sekuritas WEP (Wired Equivalent Privacy), anda seperti sama saja tidak menggunakan sistem sekuritas. Melakukan pembobolan terhadap sekuritas WEP juga sangat mudah dan banyak sekali tutorial di Internet untuk melakukannya. Anda seharusnya membeli perangkat router yang memiliki tingkat keamanan WPA2. Kebanyakan standart router yang berada di pasaran telah menggunakan sistem keamanan ini.

4. Pertimbangkan jumlah band yang dibutuhkan

Banyak pihak manufaktur yang telah menjual router yang menggunakan teknologi dual-band, tapi saat ini banyak yang mulai bergulir menggunakan router yang memiliki teknologi tri-band. Lalu apa yang membedakan antara teknologi dual-band dan juga tri-band? Dual-band merupakan teknologi yang menggunakan 2 radio, 1 radio beroperasi pada frekuensi 2.4 GHz dan satunya lagi beroperasi pada frekuensi 5.0 GHz. Dengan begitu anda bisa mengaturnya, sehingga anda bisa memisahkan jaringan wireless yang ada pada router. Dengan adanya teknologi ini, akan sangat bagus untuk digunakan dalam melakukan transfer data dan juga melakukan streaming. Pastikan juga anda telah mengetahui bahwa kedua radio tersebut bisa digunakan, beberapa router yang menggunakan fitur dual-band hanya bisa mengoperasikan 1 radio-nya saja secara bersamaan.

panduan-membeli-router
Perbedaan band pada router

5. Kualitas layanan (Quality of Service)

Jika berbicara mengenai QoS atau Quality od Service sebuah router, kita tidak bisa berpatokan hanya terhadap koneksi Internet yang ada. Karena pada kualitas layanan dari router adalah mekanisme yang bisa digunakan oleh router terhadap beberapa aplikasi yang berbeda. Jika anda sering menggunakan Internet untuk melakukan panggilan, dengan menggunakan aplikasi seperti Vonage, anda bisa melakukan pengaturan pada kualitas layanan (QoS) pada router untuk bisa mengatur aliran data sehingga bisa lebih cepat dan menjadi prioritas. Jadi, ketika seseorang melakukan pengunduhan sebuah berkas, dan anda sedang melakukan panggilan, maka kualitas panggilan anda tidak akan turun.

QoS juga bisa digunakan untuk melakukan optimalisasi performa dari jaringan anda saat digunakan untuk melakukan streaming, bermain game online atau melakukan hal-hal yang membutuhkan bandwidth yang cukup besar. QoS tidak bisa meningkatkan bandwidth dari jaringan anda atau mempercepat akses Internet anda. Namun dengan menggunakan QoS anda bisa memanfaatkan kemampuan router dengan menyeluruh. Jadi, memilih dan membeli router yang memiliki QoS yang bagus akan mendukung kinerja anda.

6. Koneksi USB

panduan-membeli-router
Salah satu router yang mendukung fasilitas port USB

Fitur terakhir yang mungkin bisa anda pertimbangkan sebelum memilih router adalah keberadaan koneksi USB pada touter tersebut, dukungan USB menjadi cukup berpengaruh terhadap kegunaan router anda. Mungkin saat ini di pasaran, sangat banyak sekali router yang telah menggunakan port USB, tapi jangan tertipu dan pastikan apa kegunaan utama dari port USB tersebut. Anda bisa memilih router yang memiliki kemampuan port USB yang bisa membaca USB sebagai tempat penyimpanan atau sebagai NAS (Network Attached Storage).

Kesimpulan

Dengan melihat berbagai pertimbangan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa ada 2 pilihan yang bisa anda ambil. Pertimbangan harga atau performa dari sebuah router. Anda bisa membeli router dengan harga yang cukup murah, mungkin mereka telah mendukung teknologi interface wireless 802.11n, namun dengan router yang cukup murah anda akan mengorbankan beberapa fitur seperti QoS (Quality of Service), konektivitas USB dan dual atau tri band radio. Mungkin dengan menggunakan router yang cukup murah, anda akan mengalami sedikit kesulitan untuk mengatur router tersebut agar bekerja sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda hanya mempergunakannya untuk membagi koneksi, maka router dengan harga yang murah dan minim fitur sudah pas bagi anda.

Bagi anda yang menginginkan router dengan fasilitas yang lengkap, anda tentunya tidak akan pernah mempermasalahkan harga. Karena dengan harga yang tinggi fitur yang anda dapatkan pun juga akan sesuai. Dengan pengaturan yang mudah, fitur yang cukup kaya dan harga yang sedikit lebih tinggi tentunya tidak akan menjadi masalah bagi anda.

Leave a Response


Warning: Cannot assign an empty string to a string offset in /home/anugrahx/public_html/wp-includes/class.wp-scripts.php on line 445