SHARE

Sama halnya dengan berbagai perangkat keras lainnya, proyektor pun juga mempunyai masalah yang sering muncul. Sebenarnya berbagai kendala yang sering muncul pada proyektor ini bisa anda atasi sendiri tanpa perlu pergi ke tempat servis. Kami memiliki berbagai tips mengatasi masalah pada proyektor.
masalah yang sering muncul pada proyektor 1 copy

overview

Masalah yang muncul pada proyektor tak jarang menghambat pekerjaan kita. Apalagi kegiatan sehari-hari yang kita lakukan berhubungan dengan poyektor. Jika proyektor rusak dan harus membawanya ke dalam tempat servis, tentunya dibutuhkan beberapa hari dan biaya tambahan. kabar baiknya, proyektor merupakan perangkat keras yang kendalanya bisa anda tangani sendiri tanpa perlu memiliki keahlian khusus sebagai mekanik. Disini, kami akan memberikan berbagai tips mengatasi masalah pada proyektor.

Here they are, tips mengatasi masalah pada proyektor

1. Proyektor tidak bisa menyala ketika tombol power di tekan

Salah satu permasalahan yang sering muncul pada proyektor adalah proyektor yang tidak bisa menyala ketika di tekan tombol power. Dengan proyektor yang tidak bisa menyala, tentunya proyektor tidak bisa digunakan seperti sebagaimana mestinya. Ada beberapa cara yang bisa kami tawarkan untuk memperbaiki masalah ini. ini dia 2 solusi yang bisa anda coba:

  • Pastikan jika proyektor tersambung dengan listrik, jika telah tersambung. Pastikan jika kabel dari proyektor terhubung dengan baik tidak longgar.
  • Beberapa proyektor juga memiliki lampu indikator atau lampu status pada bagian atasnya. Jika lampu ini menyala atau berkedip, hal ini berarti melambangkan sesuatu. Tentunya setiap proyektor memiliki status yang berbeda. Pastikan anda membaca buku manual yang telah diberikan atau anda bisa mengunjungi laman web produsen proyektor milik anda untuk mengetahui penjelasan dan solusi untuk masalah anda.

2. Sinyal proyektor tidak keluar

Masalah kedua yang sering muncul adalah hilangnya sinyal yang ada pada proyektor, sinyal yang dimaksud disini adalah sinyal cahaya dari proyektor ke layar. Sehingga, proyektor tidak bisa menampilkan gambar yang seharusnya. ketika masalah ini keluar, hal yang bisa anda lakukan adalah.

  • Pastikan jika anda telah memasukkan kabel input pada port yang seharusnya. Kebanyakan proyektor memiliki lebih dari satu input seperti, komputer 1, komputer 2, DVD dan sebagainya. Ketika anda menggunakan input yang salah, maka gambar yang ada tidak akan keluar
  • Jika acara diatas tidak bekerja, anda bisa mengecek kabel video yang anda gunakan, kabel ini biasa dinamakan kabel VGA. Pastikan jika kabel VGA anda terkoneksi dengan baik dengan port VGA komputer anda.
  • Jika anda menggunakan laptop, pastikan anda menekan tombol FN dan tombol “function (F1-F12)” sesuai dengan laptop anda masing-masing. tombol “function” ini terletak di bagian atas. Tombol ini berfungsi untuk mengalihkan gambar dari layar LCD laptop anda ke dalam proyektor.

3. Proyektor menyala, namun lampu LED berkedip

Terkadang proyektor tidak bisa beroperasi seperti yang kita inginkan, salah satu kendala yang sering muncul pada proyektor adalah proyektor yang menyala, namun LED bagian atas berkedip. Kendala seperti ini bisa anda atasi dengan cara:

  • Karena setiap proyektor berbeda, anda harus mengkonsultasikan kendala tersebut kepada setiap produsen untuk mendapatkan informasi yang spesifik. Namun biasanya, lampu LED yang berkedip biasanya menandakan masa lampu proyektor yang sudah habis atau telah menipis. Sehingga anda harus bersiap untuk mengganti lampu proyektornya.
  • Lama nyala lampu sebuah proyektor biasanya berkisar diantara 1500 hingga 2000 jam, beberapa proyektor memiliki lama lampu yang bisa lebih dari 2000 jam. Kebanyakan proyektor memiliki kemampuan untuk membaca lama waktu penggunaan lampu proyektor. Dengan lampu bagian atas yang berkedip, biasanya menandakan lampu proyektor yang akan habis masanya.
  • Jika memang lampu dari proyektor sudah saatnya diganti, anda bisa menghubungi pihak servis anda untuk bisa melakukan pergantian lampu. Pastikan jika tempat servis anda merupakan tempat servis resmi.

4. Tampilan pada layar laptop tidak sesuai dengan tampilan proyektor

Salah satu masalah yang sering terjadi pada saat penggunaan proyektor adalah tampilan dari proyektor tidak sesuai dengan tampilan yang ada pada layar laptop. Terkadang layar laptop menampilkan desktop dengan seluruh ikon-ikonnya, namun proyektor hanya menampilkan wallpapernya saja tanpa ikon. Ketika masalah ini terjadi, anda bisa mengatasinya dengan cara:

  • Klik kanan pada layar desktop, lalu masuk ke menu Properties.
  • Pilih tab Settings, lalu klik tombol Advanced
  • Pilih tab Graphics Media Accelerator
  • Lalu, jendela aplikasi lainnya akan terbuka, tekan tombol Graphics Properties. Lalu akan muncul halaman untuk memberikan opsi Single Display atau Multiple Display.
  • Pada pilihan Multiple Display pilih menu Dual Display Clone
  • Dengan begitu, layar laptop adalah objek utamanya dan layar proyektor merupakan yang kedua. Tekan tombol Apply dan klik OK untuk menyimpan.

8 COMMENTS

  1. Mas, kalau proyektor menyala dan sinyal ke layar sinkron, tetapi ketika dihubungkan ke laptop, tidak muncul tampilab laptop di layar, bagaimana cara mengatasinya?

  2. min.. mau tanya… saya punya LCD Proyektor Merk SONY..
    masalah yang saya alami: pada saat kabel power saya sambungkan ke arus listrik… lampu power menyala, tetapi ketika saya tekan tombol power… tidak mau menyala dan lampu indikator power mati… bagaimana solusinya min… terimakasih

  3. Projector viewsonic PJ513DB setelah setelah dimatikan dan di hidupkan kembali susah led berkedip lama-lama led merah dan Fan berputar keras.

  4. mas. infokus saya merk epson eb-s200. lampu on/off y tidak hidup. ketika saya sentuh kabel sata y kok hidup mati ya, apa kabel sata y ya

  5. Mohon bantuan & solusiya. .. proyektor saya merk Sony VPL DX 102 dibeli thn 2014 yg namun belum pernah dipakai sampe brpa hri yg lalu saya coba ternyata lampu powernya tdk menyala alias mati total saat ditekan tombol power. Tksh & Hormat saya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here