close
Tips Memilih Smartphone

Sebelum melakukan perjalanan liburan ke luar negeri, ada baiknya menyimak tip mengatur smartphone supaya anda tetap bisa berkomunikasi selama berada di Negara lain.

Tips Mengatur Smartphone

Smartphone arau ponsel pintar merupakan salah satu benda yang wajib dibawa kemanapun. Selain untuk berkomunikasi, banyak sekali fungsi dari ponsel pintar ini. Supaya tetap nyaman menggunakan smartphone di Negara orang, berikut tips mengatur smartphone untuk perjalanan internasional.

Tips Mengatur Smartphone saat di Luar Negeri

Dapatkan informasi tentang biaya roaming

Langkah pertama tips mengatur smartphone yang disarankan sebenarnya adalah tindakan pencegahan. Periksa dan dapatkan informasi tentang tarif roaming di negara yang akan anda tuju. Anda harus mencari tahu berapa biaya telepon, sms dan yang penting adalah biaya internet.

Matikan pemakaian paket data anda pada tarif roaming

Tips mengatur smartphone ketika berada di Negara lain adalah dengan mematikan pemakaian data internet. Memakai paket data dengan tariff roaming benar-benar ‘menakutkan’. Biaya yang dikenakan adalag per megabyte. Jika kecepatan internet tinggi, maka biaya internet anda akan membengkak.

Pakai SIM Card setempat

Tips Mengatur Smartphone

Biaya roaming adalah sesuatu yang mengerikan ketika akan bepergian ke luar negeri. Untuk itu, setiap orang pun menghindari hal ini. Salah satu tips mengatur smartphone selama perjalanan ke luar negeri yaitu dengan memiliki kartu operator seluler setempat. Periksa pada operator lokal tentang rencana pra-bayar mereka – mendapatkan kartu SIM dan nomor lokal harus biaya sedikit dan proses cepat dan sederhana. Agar semuanya berjalan lancar, pastikan Anda memiliki telepon GSM, telepon CDMA tidak akan bekerja di banyak bagian dunia.

Periksa nilai tukar mata uang resmi

Tips Mengatur Smartphone

Memeriksa nilai tukar mata uang adalah hal yang penting dilakukan ketika kita berada di Negara lain. Salah satu tips mengatur smartphone adalah dengan memeriksa nilai tukar mata uang melalui resmi. Untuk itu anda akan membutuhkan koneksi internet untuk belajar tentang nilai tukar terbaru, tapi mendapatkan info terbaru adalah investasi yang layak mengigat banyak wisatawan menjadi korban penipuan penukaran valas. Jika Anda bepergian ke resor, sering sulit untuk menemukan bank, dan Anda harus menukarkan uang di kantor penukaran mata uang selain bank. Aturan lain praktis yang bisa Anda ikuti dalam situasi apapun adalah jangan pernah menerima uang dari orang asing yang mendekati anda di jalanan.

Sebagai informasi, Anda tidak perlu men-download sebuah aplikasi untuk memeriksa tarif mata uang – cukup ketik pencarian di Google dalam format berikut “$ 1 untuk yuan China” atau “1 USD ke RMB (mata uang yang dituju)

Gunakan Peta yang dapat dipakai secara offline dengan aplikasi Here Maps

Salah satu tips mengatur ponsel saat perjalanan ke luar negeri adalah dengan mengunduh peta yang dapat dipakai secara offline. Beberapa fitur terkuat dan paling terkenal dari Nokia adalah HERE Maps. Kelebihan peta ini yaitu dapat dioperasikan dengan navigasi offline. Hal ini dapat dilakukan berkat perangkat built-in GPS. Melalui fitur ini Anda untuk menjelajahi peta dan navigasi sendiri ke lokasi yang diinginkan tanpa koneksi internet, dan Nokia berfikir bahwa Anda dapat menggunakan semua fitur dari SINI Maps di Android ketika sedang offline. Pendek kata anda harus menginstal aplikasi HERE Maps yang tersedia untuk Android dan iOS.

Aplikasi ini akan memungkinkan Anda untuk men-download peta secara rinci dari berbagai daerah atau bahkan negara (lebih dari 200 yang tersedia untuk di-download seperti yang ada sekarang). Kata peta disimpan pada perangkat Anda dan membuka jalan untuk akses cepat. Lebih dari 100 peta tersebut memungkinkan Anda untuk membuat penuh penggunaan navigasi turn-by-turn, sedangkan 40 peta akan memberikan informasi lalu lintas.

Pastikan membawa charger dan USB cable (gunakan quick charger jika ponsel medukung)

Tips Mengatur Smartphone

Tips mengatur smartphon yang lainnya adalah membawa charger dan USB cable atau pakai QuickCharger jika ponsel anda mendukung untuk tekhnologi ini. Jika Anda memiliki flagship ponsel Android yang dibuat dalam dua tahun terakhir, kemungkinan bahwa ia mendukung Quick Charge teknologi Qualcomm 2.0. Tekhnologi ini memungkinkan Anda untuk mengisi baterai lebih cepat. Sayangnya, produsen tidak selalu menyertakan charger yang kompatibel di dalam kotak dan bukannya memilih untuk pengisi dinding lebih terjangkau yang memakan waktu 3 jam dan lebih untuk mengisi penuh baterai ponsel anda. Sony Xperia Z3 adalah salah satu contoh bahwa dibutuhkan 235 menit, atau hampir 4 jam untuk mengisi ulang baterai dari nol sampai 100%.

Secara keseluruhan QuickCharge 2,0 adalah pengisi daya yang kompatibel, handal dan sangat terjangkau yang akan meningkatkan kecepatan pengisian secara signifikan pada ponsel yang mendukung teknologi tersebut seperti contoh Aukey Turbo Wall Charger.

Setelah mengetahui tips mengatur smartphone anda saat berada di luar negeri, paling tidak ada gambaran apa yang harus dilakukan dengan smartphone anda. Selamat mencoba..

 

 

 

 

Tags : HERE MapLuar NegeriRoamingSINI MapssmartphoneTips Mengatur Smartphone

Leave a Response