close
mengoptimalkan-pc-untuk-bermain-game
mengoptimalkan-pc-untuk-bermain-gamePC gaming merupakan sebuah perangkat yang cukup kompleks, sayangnya kadang PC ini menjadi rewel untuk menjalankan tugasnya. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan PC untuk bermain game. Dengan beberapa cara yang cukup mudah, anda bisa mendapatkan perangkat PC bekerja dengan performa yang lebih baik dan anda tak perlu terlalu update terhadap teknologi yang akan digunakan.

Langkah-langkah meningkatkan performa PC yang digunakan sebenarnya cukup mudah, tapi mampu bekerja secara efektf.

1. Memperbaharui Drivers VGA

PC merupakan sebuah perangkat yang cara kerjanya ditentukan oleh pembaharuan driver komponen milik mereka, driver tersebut bisa berupa perangkat lunak yang berjalan pada sistem operasi. Aplikasi tersebut berkomunikasi dengan baik dengan perangkat keras/komponen pada PC anda. Sangat penting bagi anda untuk memasang driver tersebut, tujuannya tak lain karena driver merupakan sebuah jembatan yang membuat kinerja komponen komputer menjadi lebih maksimal. Pengguna juga harus memastikan jika driver tersebut harus tetap up to date. Dengan memasang driver terbaru, kinerja komponen akan menjadi lebih maksimal. VGA produksi dari Nvidia dan AMD, biasanya mendapatkan pembaharuan driver secara berkelanjutan untuk bisa meningkatkan performa dari VGA tersebut. Selain itu, tujuan pembaharuan driver adalah memastikan bahwa VGA mampu bekerja sama dengan game terbaru.

Game seperti Watch Dogs merupakan salah satu game high-end yang pantas dijadikan salah satu percobaan penggunaan. Jika PC anda memainkan game ini dengan sangat lambat dan memiliki tampilan yang tidak halus, anda bisa mencoba untuk memperbaharui driver VGA anda. Banyak kasus terjadi ketika pengguna telah memperbaharui driver, game mampu berjalan dengan lancar dan memiliki tampilan yang halus. Mungkin pembaharuan driver membutuhkan waktu yang cukup lama, karena ukuran driver sendiri yang cukup besar.

Dengan driver VGA yang baru diharapkan mampu mengoptimalkan PC untuk bermain game.

2. Mengoptimalkan pengaturan dengan GeForce Experience dan AMD Gaming Evolved

Baik Nvidia dan AMD memiliki perangkat lunak yang mampu memaksimalkan VGA dengan berbagai pengaturan pada software bawaannya. Nvidia memiliki software pendukung seperti GeForce Experience dan AMD memiliki AMD Gaming Evolved. Kedua aplikasi tersebut mampu mengantarkan optimalisasi PC untuk bermain game, tapi pengaturan optimalisasi tersebut juga bergantung pada hardware yang digunakan. Jadi, tidak bisa sembarang perangkat, bisa untuk memainkan berbagai game. Melalui perangkat lunak tersebut, anda bisa mendapatkan informasi spesifikasi dari perangkat VGA anda, seperti in-game settings, laju frame, dan kecepatan game. Selain mengetahui informasi spesifikasi tersebut, software bawaan juga bisa memberitahukan game-game apa saja yang bisa dimainkan dengan lancar dan baik oleh VGA anda.

mengoptimalkan-pc-untuk-bermain-game
Menggunakan Nvidia GeForce Experience

Dengan menggunakan GeForce Experience atau AMD Gaming Evolved, anda bisa mengatur performa dari VGA anda. Terdapat slider yang memperbolehkan anda untuk memilih apakah anda akan memainkan game dengan kualitas performa yang baik atau grafis yang baik. Beberapa komponen VGA yang memiliki kualitas high-end mampu memainkan grafis yang baik dengan performa yang baik pula.

Perangkat lunak tambahan dari pihak produsen merupakan salah satu cara untuk bisa mengoptimalkan PC untuk bermain game.

3. Melakukan Defragment terhadap tempat penyimpanan

Tujuan utama dari melakukan defragment adalah mempercepat kinerja PC dan memperlama masa hidup dari tempat penyimpanan. Sebagai catatan, jika anda menggunakan SSD sebagai tempat penyimpanan, anda tidak perlu melakukan proses Defragment. Hal ini hanya berlaku pada tempat penyimpanan berupa HDD.

mengoptimalkan-pc-untuk-bermain-game
Melakukan disk defragment

Setelah 1 tahun atau beberapa bulan penggunaan, data pada hard drive memiliki kemungkinan untuk berada pada blok-blok HDD secara acak, sehingga data terkesan lebih berantakan. Anda mungkin melihat jika folder dan berkas-berkas anda disimpan secara rapi pada beberapa folder, tapi bukan berarti data anda didistribusika secara sekuensial dan rapi berdasarkan data-data yang anda simpan pada HDD. Setiap kali sistem operasi menuliskan file, sistem akan menggunakan pada ruang penyimpanan yang tidak digunakan, jadi beberapa berkas akan terpisah pada beberapa blok HDD.

Dengan melakukan proses Defragment akan membuat data-data anda menjadi tersatukan dalam blok-blok yang berdekatan, sehingga proses pencarian data menjadi lebih cepat. Ketika proses pencarian menjadi lebih cepat, hal tersebut akan mendampak terhadap performa PC yang juga akan menjadi lebih cepat.

4. Meningkatkan game dengan menggunakan Mods

Sudah menjadi rahasia umum jika game yang telah di develop pada PC dan konsol, akan berjalan lebih baik pada PC. Tapi, pengaturan pada PC biasanya lebih kompleks jika dibandingkan dengan konsol game biasa. Ketika menggunakan konsol game, anda tidak perlu melakukan pengaturan lebih lanjut untuk membuat game berjalan lebih lancar.

mengoptimalkan-pc-untuk-bermain-game
Hasil game sebelum dan setelah menggunakan Mod

Pada PC anda akan menemukan berbagai kekurangan dan bug pada game. Pengguna bisa mengunjungi forum-forum komunitas PC, untuk menemukan Mod dari game. Mod bertujuan untuk bisa memperbaiki performa game, bahkan memperbaiki tampilan dan beberapa game play (cara main). Sebagai contoh game seperti GTA IV, PES 2014 dan Dark Souls memiliki komunitas online masing-masing yang memperbolehkan sharing mengenai Mod dari game tersebut. Dengan menggunakan Mod, game yang berjalan bisa lebih halus dan pengguna bisa menentukan pengaturan yang sesuai dengan kapasitas PC yang digunakan. Mod merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengoptimalkan PC untuk bermain game.

5. Meminimalkan aplikasi yang berjalan pada sistem

Akan sangat bagus jika kapabilitas komputer yang digunakan, didedikasikan seluruhnya untuk bermain game. Tapi, selalu ada beberapa proses yang berjalan pada sistem, ditambah lagi dengan servis yang tidak bisa dimatikan. Akan lebih baik jika, meminimalkan aplikasi yang berjalan ketika anda memainkan game. Dengan semakin minimnya aplikasi yang berjalan, membuat kinerja CPU, HDD dan RAM akan menjadi lebih ringan. Dengan aplikasi seperti Game Booster dari Razer, akan membantu anda mengeliminasi aplikasi yang berjalan pada sistem. Game Booster memperbolehkan pengguna untuk bisa secara otomatis atau manual memulai sebuah game, ketika game tersebut dimulai, beberapa aplikasi dan servis akan segera dimatikan sehingga kinerja PC hanya berfokus pada Game yang akan dimainkan. Aplikasi tersebut mampu membantu mengoptimalkan PC untuk bermain game.

Jika anda ingin mengaturnya sesuai dengan keinginan anda, anda memiliki kemungkinan untuk melakukan haltersebut. Jika anda menggunakan Windows 7, anda bisa menekan tombol Windows, lalu ketikan “msconfig” dan tekan enter. Pada tab “Startup” anda bisa mengatur seluruh kegiatan sistem yang akan dijalankan saat sistem mulai berjalan. Semakin sedikit program yang berjalan, maka akan semakin ringan pula sistem akan menjalankan aplikasi atau game yang akan anda jalankan.

6. Jika semua cara diatas gagal, tingkatkan kapabilitas perangkat keras anda

Semua rekomendasi diatas merupakan cara yang bisa dilakukan oleh pengguna melalui optimalisasi software. Beberapa tips diatas tidak lain merupakan tips untuk melakukan optimalisasi sistem anda agar bisa berjalan dengan baik dan maksimal. Namun, jika semua cara diatas gagal, salah satu hal yang sangat mempengaruhi atau bisa dibilang memiliki pengaruh yang sangat besar dalam mengoptimalkan PC untuk bermain game adalah kapabilitas perangkat keras anda. Setiap game memiliki kebutuhan perangkat kerasnya (system requirements) masing-masing. Jika perangkat keras tidak mendukung kemampuan untuk memainkan game tersebut, maka beberapa tips sebelumnya juga tidak akan banyak membantu.

mengoptimalkan-pc-untuk-bermain-game
Meningkatkan kapabilitas hardware anda

Seperti contohnya, game Watch Dog, game ini sangat nyaman dijalankan dengan membutuhkan RAM minimal 6 GB, tentu saja PC yang memiliki RAM dibawah ini akan memiliki sedikit kendala memainkan game ini. Semakin sedikit RAM yang anda miliki, maka kemungkinan game ini dimainkan pada PC anda juga semakin kecil. Tentu saja RAM bukanlah salah satu penyebab utama dari kendala yang dimainkan pada game, VGA dan prosesor juga memegang peranan penting dalam memainkan game. Sekali lagi, anda bisa melihat sistem minimal yang dibutuhkan sebuah game untuk berjalan, ketika spesifikasi sistem PC anda jauh dari yang dibutuhkan, berarti semakin sedikit kemampuan game tersebut mampu berjalan di PC anda.

Tags : gamepc

1 Comment

Leave a Response