SHARE

Lumrah jika orang zaman sekarang selalu mencari dan mengandalkan Wi-Fi di mana saja. Produktivitas yang semakin tinggi menuntut tiap orang untuk selalu update dan terhubung melalui koneksi internet. Tak hanya masalah pekerjaan saja, bahkan kebutuhan akan hiburan juga membutuhkan koneksi internet. Namun ada juga hambatan-hambatan yang sering menimpa para pengguna internet, salah satunya koneksi Wi-Fi yang kadang terhambat.

Wi-Fi

Untuk menanggulangi masalah ini, langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah mengecek router yang digunakan. Router memang cukup memengaruhi kuat atau tidaknya sinyal Wi-Fi, mulai dari posisinya hingga pengaturannya. Saat mengecek router, sebaiknya Anda juga melakukan beberapa langkah sederhana berikut ini.

Mengecek posisi router

Pertama, Anda bisa mengecek posisi router tersebut. Walaupun terkesan sepele, sebenarnya hal ini memberikan efek yang cukup besar. Router bertugas untuk mengirimkan sinyal ke semua arah. Sebaiknya router diletakkan di bagian tengah ruangan. Karena jika router diletakkan di samping jendela malah akan ada sinyal yang dikirimkan ke luar, sehingga Wi-Fi tersebut bisa tidak menjangkau seluruh bagian ruangan.

Anda bisa meletakkan router di tempat yang tinggi, misalnya lemari atau meja. Jangan meletakkan router di lantai. Tempat yang lebih tinggi akan menguntungkan karena pada dasarnya router memang dirancang untuk mengirimkan sinyal ke bawah. Selain itu, lantai memang dibuat dari bahan logam, beton, maupun semen yang sulit ditembus oleh sinyal Wi-Fi. Anda juga bisa meletakkan router di tempat yang sering Anda tempati saat menggunakan internet, agar sinyal yang terpancar bisa lebih kuat. Router sebaiknya tidak diletakkan di dinding, dalam lemari, atau mebel yang berukuran besar dan tebal. Hal ini bertujuan agar kinerja sinyal tetap optimal. Banyak bahan yang dapat menyerap sinyal router dan mengurangi kinerjanya. Letakkan router pada posisi yang bebas himpitan dan bisa terlihat dari mana saja.

Menjauhkan router dari elektronik lain

Setelah mendapatkan posisi yang tepat, sebaiknya jauhkan router dari perangkat elektronik lain seperti TV, telepon nirkabel, dan microwave. Perangkat elektronik yang menghasilkan sinyal elektromagnetik dapat mengganggu serta melemahkan kinerja sinyal Wi-Fi.

Memeriksa kekuatan sinyal

Anda bisa memeriksa kekuatan sinyal Wi-Fi yang sedang digunakan. Caranya dengan memakai beberapa aplikasi seperti Amped dan Cloudcheck. Saat mengecek, Anda dapat memetakan bagian mana saja yang menerima sinyal kuat dan mana yang mendapat sinyal lemah.

Mengatur antena agar berdiri

Sebaiknya atur agar antena router dapat berada di posisi vertikal. Posisi ini nantinya bisa membuat sinyal terpancar secara horizontal. Sehingga sinyal Wi-Fi akan lebih mudah terjangkau di seluruh bagian ruangan.

Mengatur piranti lunak router

Anda bisa mempercepat koneksi Wi-Fi dengan cara memasukkan pengaturan tertentu pada piranti lunak router. Nanti akses menuju piranti lunak tersebut dapat dibuka melalui IP khusus. Anda juga dapat mengecek pada bagian bawah router. Kemudian setelah masuk ke dalam menu pengaturan, channel frekuensi router harus diubah. Biasanya akan ada 14 channel yang dapat dipilih. Channel terbaik biasanya adalah 1, 6, dan 11. Beberapa channel tersebut cenderung akan minim gangguan karena jarang bersinggungan dengan channel yang dipakai oleh orang lain. Selain pengaturan channel, periksa juga pada pemutakhiran firmware untuk memperbaiki kinerja perangkatnya.

Melakukan speed test

Anda bisa mengetahui letak permasalahan koneksi dengan cara melakukan speed test. Pertama lakukan hal ini dengan memakai koneksi Wi-Fi, kemudian lakukan hal serupa dengan menggunakan koneksi nirkabel. Apabila keduanya sama-sama buruk, berarti masalahnya ada pada penyedia jasa layanan internet yang digunakan.

Membeli router baru

Langkah terakhir yang bisa dilakukan ialah dengan membeli router terbaru. Apabila seluruh langkah di atas sudah dilakukan dan belum mendapatkan hasil, Anda bisa membeli router baru.

Cara-cara di atas dapat Anda lakukan untuk mempercepat koneksi Wi-Fi. Selain memerhatikan router, jangan lupa perhatikan juga layanan internet yang Anda gunakan. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here