close
Review

Browser Chromium Gantikan Microsoft Edge di Windows 10

browser chromium

Browser chromium telah resmi dipilih oleh microsoft untuk menggantikan browser edge sebagai browser standart dan bawaan dari sistem operasi windows 10. Microsoft telah mengeluarkan pernyataan resmi akan penggantian microsoft edge menjadi crhomium.

Penggantian microsoft edge menjadi chromium ini akan bisa digunakan oleh pengguna windows 10 saat melakukan pembaruan.

Hal ini karena chromium akan disertakan dalam update terbaru dari windows 10. Sehingga bagi Anda yang menggunakan windows 10 tidak perlu melakukan pergantian manual, karena pergantian ini akan dilakukan secara otomatis saat update windows 10.

Sebenarnya browser chromium ini sudah ada sejak lama. Bahkan sejak awal 2020 browser ini sudah disediakan oleh microsoft. Namun browser chromium awalnya hadir bukan sebagai pengganti, melainkan sebagai opsi yang bisa di install secara manual bagi siapapun yang ingin menggunakannya.

Dengan penggunaan chromium sebagai browser standart di windows 10, akan mampu bersaing dengan browser lain seperti google chrome hingga mozilla firefox. Hal ini karena chromium mendukung kompatibilitas termasuk penggunaan ekstensi dan juga tampilan situs web.

Mungkin banyak pengguna microsoft edge yang khawatir, karena data seperti password, akun, bookmark, dan sebagainya masih tersimpan di microsoft edge. Lantas saat edge diganti dengan chromium data yang mereka simpan akan hilang. Perlu Anda ketahui bahwa microsoft telah memastikan keamanan data pada microsoft edge, karena saat pembaruan berlangsung maka data yang ada di microsoft edge akan otomatis pindah ke chromium. Jadi tidak perlu khawatir akan data yang hilang, karena data Anda akan bermigrasi secara otomatis ke browser chromium.

Selain untuk windows 10, microsoft juga menyediakan browser chromium untuk smartphone iOS dan juga android. Hal ini akan menambah pilihan browser pengguna smartphone iOS dan android. Tak hanya itu, microsoft juga menghadirkan browser chromium untuk macbook sebagai browser opsional.

Hal menarik lain dari browser chromium ini yaitu menyediakan fitur anti-hoaks yang bisa digunakan untuk memfilter berita-berita yang tidak benar di internet. Fitur anti-hoaks yang hadir di chromium ini sebenarnya sudah ada sebelumnya di microsoft edge, namun ini nantinya juga akan diterapkan di chromium. Fitur anti hoaks besutan microsoft ini bernama newsguard. Sayangnya newsguar ini masih bisa diterapkan di negara asal microsoft yaitu Amerika Serikat.

Demikian informasi terbaru tentang pembaruan microsoft edge menjadi chromium. Dengan pembaruan browser ini akan memudahkan dan menyediakan banyak pilihan bagi pengguna internet dalam menggunakan browser.

Tags : chromiummicrosoft edgewindows 10