close
Info Komputer

Definisi, Tugas dan Fungsi Workstation

laptop terbaik, laptop asus, laptop lenovo, laptop dell, work from home

Di tengah era digitalisasi seperti saat ini, semua jenis pekerjaan berorientasi pada penggunaan komputer. Karenanya, diperlukan suatu sistem yang mampu menjadi sarana untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat melalui akses penggunaan komputer. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah workstation. Lalu apa itu workstation dan manfaatnya?

Artikel berikut akan membahas beberapa hal berkaitan dengan pengertian dan manfaat dari workstation. Untuk penjelasan dan informasi lebih lanjut dapat Anda simak pada ulasan berikut.

Apa Pengertian Workstation?

Workstation berasal dari bahasa inggris yang artinya stasiun kerja. Secara umum workstation merupakan suatu komputer dengan spesifikasi tinggi yang fungsinya digunakan untuk keperluan pekerjaan seperti perhitungan ilmiah. Selain itu, workstation juga dapat digunakan dalam berbagai hal teknis lain dengan cara menghubungkan komputer satu dengan lainnya atau terhubung dengan komputer server

Dalam instalasinya, workstation dihubungkan dengan jaringan LAN (Local Area Network) dengan menjalankan operating system multi user. Sehingga, setiap pengguna atau user memiliki akses masuk atau login yang berbeda-beda. Karenanya, workstation biasanya dibekali dengan spesifikasi yang sangat tinggi, termasuk penggunaan lebih dari satu monitor beresolusi tinggi dan prosesor yang lebih cepat. 

Apa Tugas Workstation?

Terdapat beberapa tugas workstation yang banyak dijumpai. Adapun berikut beberapa contoh tugas komputer workstation seperti:

  • Keperluan desain grafis
  • Keperluan manajemen data
  • Keperluan militer
  • Keperluan pengelolaan grafis
  • Keperluan rendering

Fungsi Workstation

Fungsi Workstation
Sumber: pixabay.com

Workstation dalam menjalankan fungsinya memiliki tugas atau fungsi yang berbeda-beda. Tugas atau fungsi yang berbeda tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Membantu user dalam mengerjakan tugas spesifik

Workstation umumnya dibuat dan digunakan oleh perusahaan untuk mengerjakan tugas yang spesifik, misal workstation untuk rendering video. Agar membantu dalam mengerjakan proses rendering video maka spesifikasinya lebih tinggi dari komputer lain.

2. Mempercepat pekerjaan user

Komputer workstation secara khusus dirancang dengan menggunakan spesifikasi yang lebih tinggi. Sehingga performanya yang diharapkan lebih bagus untuk dapat mempercepat pekerjaan user.

3. Mempermudah pekerjaan user

Workstation dirancang secara khusus untuk dapat mampu mengerjakan dan menyelesaikan suatu hal. Bahkan juga di antaranya meliputi penyelesaian berbagai hal-hal berat sekalipun.

4. Perhitungan ilmiah dan teknis

Workstation dirancang untuk keperluan perhitungan ilmiah dan teknis. Karenanya komputer workstation memerlukan adanya spesifikasi yang tinggi.

5. Transfer Data

Workstation mampu memungkinkan Anda atau perusahaan untuk dapat melakukan transfer data dengan kecepatan yang tinggi. Dari satu komputer dengan komputer lainnya yang saling terhubung dapat memenuhi keperluan sharing data, printer, dan kebutuhan transfer pekerjaan lainnya.

Spesifikasi Workstation

Beberapa spesifikasi Workstation yang kerap digunakan oleh perusahaan adalah sebagai berikut.

  • Didukung sertifikasi Independent Software Vendors (ISV), yang menjamin perangkat lunak kompatibel dan bisa beroperasi di workstation.
  • Memiliki 8 cores hingga 64 cores, dari Intel i7, Intel i9, Intel Xeon, atau AMD Ryzen Workstation dibekali prosesor ganda workstation menggunakan jenis ECC (error-correcting code) RAM dengan kapasitas hingga 128 GB. 
  • Menggunakan kartu grafis dari NVIDIA atau AMD dengan kapasitas 4 GB hingga 16 GB. 
  • Menggunakan lebih dari satu monitor beresolusi tinggi 
  • Menggunakan penyimpanan internal dengan kapasitas 1 TB 

Contoh Penggunaan Workstation

Workstation memiliki beberapa kegunaan yang cukup kompleks. Beberapa contoh kegunaan workstation tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengolah data kompleks 

Workstation umumnya dapat digunakan untuk berbagai jenis keperluan mengolah data kompleks dengan program pengoperasian pembelajaran mendalam. Program pembelajaran mendalam yang biasa digunakan data saintis, seperti TensorFlow dan Keras, sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pengolahan maupun pemodelan data. 

2. Membuat animasi 

Workstation juga dapat digunakan untuk membantu dalam pembuatan animasi karena memungkinkan program rendering berjalan dengan akurat dan tepat. Seorang perancang animasi 3D yang kompleks juga kerap menggunakan workstation

3. Membuat gambar produk 

Workstation juga bisa berfungsi membantu pekerjaan para arsitek atau teknisi profesional dalam membuat gambar produk, seperti rancangan bangunan. Prosesor workstation yang lebih cepat dengan banyak core dan kartu grafis yang lebih kuat, memberi kemampuan pada arsitek maupun teknisi profesional untuk memproses pembuatan gambar produk yang mendetail. 

4. Pengeditan video 

Workstation merupakan komputer dengan lebih tinggi, mulai dari prosesor, RAM, hingga jenis penyimpanan yang mumpuni seperti SSD. Sehingga, memungkinkan untuk dapat membantu dalam proses pengeditan video tersebut.

Perbedaan Komputer Client dan Workstation

Perbedaan workstation
Sumber: pixabay.com

1. Komputer Client 

Komputer client merupakan salah satu jenis komputer yang memiliki fungsi untuk melakukan request atau menerima data dari komputer server. Komputer client memiliki spesifikasi wajib, yaitu harus memiliki kartu jaringan atau Network Card Interface (NIC). Tidak ada kriteria khusus untuk komputer client, yang terpenting adalah bisa terhubung pada jaringan.

2. Komputer Workstation

Komputer workstation memiliki fungsi untuk melakukan tugas pekerjaan yang spesifik. Biasanya komputer workstation dilengkapi dengan berbagai spesifikasi yang mampu menunjang pelaksanaan kegiatan atau pekerjaan secara lebih maksimal.

Demikian beberapa informasi mengenai workstation. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda!

Setelah mengetahui apa itu workstation, yuk temukan rekomendasi workstation terbaik dari kami. Silahkan cek katalog anugrahpratama.com untuk mendapatkan workstation terbaik sesuai kebutuhanmu.