close
Info Komputer

Fakta Tentang VGA Laptop yang Harus Kamu Ketahui

Komponen Laptop PC VGA Card Gaming terbaik 2020

VGA atau yang biasanya dikenal sebagai Video Graphics Adapter sudah familiar di kalangan banyak orang. Alat yang terpasang pada sebuah laptop ini memiliki peranan yang penting. Sudah tahukah kamu apa saja peran VGA? Apabila masih belum paham, simak ulasan berikut.

Fungsi Vital VGA Card

VGA Card memiliki fungsi yang vital bagi sebuah komputer. Diantaranya adalah :

  • Mengubah sinyal digital menjadi tampilan grafis 
  • Membuat desain grafis dan 3D design menjadi lebih bagus
  • Tampilan layar menjadi lebih jernih
  • Mampu menghubungkan laptop atau komputer ke TV sehingga kualitas barang lebih baik
  • Membuat user lebih nyaman dan senang karena menghasilkan detail yang sempurna
  • Menerjemahkan output komputer untuk bermain game
  • Menyimpan data dari output
  • Melakukan setting terhadap graphics option pada windows
  • Kecepatan grafis lebih berkualitas
  • Pemasok data yang akan diproses oleh prosesor

Jenis-Jenis VGA Card

Perkembangan VGA mulai berkembang dengan pesat. Awal mula booming ketika adanya kebutuhan 3D dan grafik dari user dan pengguna. Nah, apakah VGA Card hanya tersedia satu jenis? Tentu saja tidak. Sebab VGA card terdiri dari dua jenis yang berbeda.

1. VGA On Board

Jenis VGA yang pertama adalah VGA On Board. Salah satu jenis VGA yang banyak ditemukan pada komputer atau laptop dengan spesifikasi yang rendah. Yang paling penting tidak diperuntukkan bagi yang gemar gaming atau desain grafis.

Sesuai dengan namanya berarti VGA on board sudah menyatu atau terpasang langsung pada motherboard. Kekurangannya tidak dapat di upgrade atau diperbarui,  sedangkan kelebihannya harga terjangkau dan perawatannya jauh lebih mudah.

2. VGA Eksternal

Berbeda dengan VGA eksternal yang sangat direkomendasikan untuk para gamers, sebab kualitas layar monitor sangat menakjubkan untuk digunakan bermain game atau desain grafis. Perihal harga tentunya jauh lebih mahal.

Tidak semua komputer support dengan penggunaan VGA yang satu ini. Letaknya tidak menyatu secara langsung dengan komputer atau laptop (bukan bawaan pabrik). Sehingga VGA ini mudah untuk dilakukan pembaruan.

Jenis-jenis Memori VGA

Terdapat beberapa jenis VGA yang harus kamu ketahui yaitu :

1. EDO RAM

Memiliki kartu grafik sebesar 64 bit. Kecepatannya 60ns-35ns dan dipasang pada VGA card winfast s280/2600. Selain itu, terdapat pula pada diamond stealth 2000 3D (atI Mach64)

2. Dynamic RAM (DRAM)

Kecepatan DRAM mencapai 80 ns/70 ns, dipasang pada kartu VGA 8 dan 32 bit. Umumnya digunakan untuk komputer dengan spesifikasi umum dan tidak mementingkan kecepatan tinggi. Tersedia pilihan warna yang bervariatif.

3. SGRAM

SGRAM banyak digunakan pada kartu grafis kualitas tinggi. Kecepatannya mencapai 10ns. Salah satu perangkat yang menggunakan jenis ini adalah diamond viper.

4. RAMBUS

Jenis VGA yang satu ini hanya digunakan khusus mesin video game. Kualitasnya sudah pasti memuaskan pengguna yang menginginkan hasil video yang jernih.

Perbedaan bentuk fisik VGA

Perbedaan VGA berdasarkan fisiknya dapat dibedakan sebagai berikut :

1. VGA ISA

Singkatan dari Industry Standard Architecture yang banyak dipasang pada slot ekspansi ISA bus. Memiliki sistem I/0 8 bit (16 bit). Sudah digunakan sejak tahun 1980 an.

Sayangnya sekarang sudah tidak dapat digunakan lagi karena lambat dalam hal transfer data. Selain itu, VGS ISA juga terbatas akan tekstur gambar dan kombinasi warna. VGA ini hanya mampu mengirimkan hingga 3 megabytes per detiknya.

2. VGA EISA

EISA yaitu Extended Industry Standard Architecture dengan sistem I/O 32 bit. VGA ini juga sudah tidak dipergunakan lagi lantaran keterbatasannya dalam proses transfer , kehalusan gambar dan kombinasi warna.

Memiliki tegangan 5 volt dan 12 volt. Sedangkan kecepatan clocknya 8,33 MHz dan kecepatan transfer sebesar 32 MB/s.

3. PCI

Peripheral Component Interconnect yang menggantikan ISA sekitar tahun 1990 an. Dirancang khusus supaya GPU dapat mengambil data dari memori secara langsung tanpa perantara CPU.

VGA PCI dipasang pada komputer 32 bit dan 64 it. Berhubung fitur-fiturnya mengalami keterbatasan maka tidak digunakan lagi pada masa sekarang.

4. VGA Accelerated Graphic Port (AGP)

VGA AGP dipasang pada komputer  dengan sistem I/O 128 bit atau 256 bit. Pengeluaran VGA ini berdasarkan voltase yang digunakan, yakni AGP 1x dan 2X (1,5 volt), serta AGP 4x dan 8X (1,5 Volt)

5. VGA Card Pcie

Jenis yang terakhir ini memiliki kecepatan transfer 32GB/s. Dipasangkan pada komputer dengan I/O Pcie 1x, 4x, 8x, dan 16x. Sehingga menjadi perangkat mutakhir yang banyak digunakan untuk perangkat interface pada saat sekarang ini.

Harga VGA Laptop

Bagaimana dengan harga yang ditawarkan ? Tentunya sangat bervariasi. ASUS GT 210 1GB 128Bit dijual dengan harga 490K. Yang paling mahal adalah Leadtek Quadro 5000 2.5Gb 320bit DDR5 dengan harga 18,8 juta rupiah.

Perangkat yang akan dipilih dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Namun saat ini hampir semua laptop sudah terpasang VGA yang dapat di upgrade dan dilepas.

Beberapa VGA yang bisa kamu dapatkan!

1. Nvidia GTX 1080

Nvidia Dapat diandalkan untuk mengelola grafis 4K atau VR. Dirancang dengan arsitektur pascal, 2560 cores, memori 256 bit dan memori GDDR5X sebesar 8Gb.

2. Nvidia 1080 Max Q

Kinerja GTX 1080 Max-Q sebesar 10 persen-15 persen. Dirancang sebagai versi mobile dari GTX 1080 supaya dapat dipasang pada laptop gaming atau non-gaming.

3. Nvidia MX150

Menggunakan arsitektur Pascal dan berdasarkan chip GP108. Dapat digunakan untuk memainkan macam-macam game casual dengan pengaturan 1280 x 720 piksel.

Setelah mengetahui beberapa cara cek VGA laptop dengan mudah, kini saatnya Anda benar – benar mendapatkannya. Di Anugrah Pratama menyediakan berbagai jenis laptop dan perlengkapannya. Temukan VGA Card dengan kualitas terbaik di sini.