Fungsi dan Cara Kerja UPS Komputer

UPS merupakan singkatan dari Uninterruptible Power Supply, yaitu perangkat yang menggunakan baterai backup sebagai catuan daya alternatif. UPS komputer berfungsi untuk melindungi komputer dari pemadaman listrik yang dapat terjadi secara tiba-tiba. Alat ini dapat menampung energi listrik seperti baterai dan mengalirkannya kembali untuk menghindari dan meminimalisir kerusakan pada komputer. Itulah fungsinya UPS pada Komputer.

Berdasarkan kualitas dan spesifikasi yang dimiliki, terdapat berbagai macam harga UPS komputer di berbagai marketplace maupun online store. Karenanya, sangat penting bagi untuk mengetahui terlebih dahulu berbagai referensi jenis dan harga UPS yang sesuai dengan kebutuhan. 

Artikel berikut akan merangkum beberapa informasi mengenai UPS yang dapat menjadi rekomendasi bagi Anda.

Apa itu UPS komputer?

Uninterruptible Power Supply (UPS) yang juga dikenal dengan istilah suplai daya bebas gangguan menurut wikipedia merupakan baterai cadangan atau backup yang dapat digunakan untuk memberikan suplai daya yang tidak terganggu pada perangkat elektronik yang terpasang. 

UPS merupakan sistem penyedia daya listrik sekaligus pencegah kegagalan dan kerusakan sistem pada perangkat keras atau hardware. Saat ini, UPS sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan penyedia jasa internet, jasa telekomunikasi, jasa informasi, dan lain sebagainya. 

Rekomendasi UPS dan harganya

1. ICA Line Interactive UPS CP 1400

ICA Line Interactive UPS CP 1400
  • Harga: Rp 1.313.132
  • Deskripsi: UPS ini menawarkan perlindungan yang handal dengan mode Line Interactive yang dapat menanggapi fluktuasi daya dan pemadaman listrik dengan cepat. Kapasitasnya mencukupi untuk melindungi komputer dan perangkat elektronik lainnya di rumah atau kantor.

2. ICA On Line Sinewave UPS ST 831C

ICA On Line Sinewave UPS ST 831C
  • Harga: Rp 30.016.162
  • Deskripsi: UPS On-Line Sinewave ini memberikan daya yang bersih dan stabil secara berkala, sehingga menjadikannya pilihan ideal untuk perangkat yang memerlukan proteksi tingkat tinggi seperti server atau peralatan kritis bisnis.

3. LAPLACE GTX 2250 UPS

LAPLACE GTX 2250 UPS
  • Harga: Rp 14.200.000
  • Deskripsi: LAPLACE GTX 2250 UPS menawarkan kombinasi daya dan keandalan tinggi untuk menjaga ketersediaan listrik pada sistem komputer. Cocok untuk penggunaan rumah tangga atau kecil hingga menengah.

4. UPS Network Management Card 3 (AP9640)

UPS Network Management Card 3 (AP9640)
  • Harga: Rp 6.633.200
  • Deskripsi: Kartu manajemen jaringan ini dari APC memungkinkan pemantauan dan manajemen jarak jauh untuk UPS Anda. Ini memberikan kemudahan pengawasan kondisi daya dan kontrol.

5. APC Smart-UPS X

APC Smart-UPS X
  • Harga: Rp 61.669.500
  • Deskripsi: APC Smart-UPS X menyajikan kombinasi daya, efisiensi, dan kecerdasan. Dengan kapasitas yang signifikan, ini cocok untuk lingkungan bisnis yang memerlukan perlindungan daya yang handal.

6. APC Easy UPS On-Line SRV

APC Easy UPS On-Line SRV
  • Harga: Rp 28.777.200
  • Deskripsi: APC Easy UPS On-Line SRV memiliki kapasitas 6/10kVA yang cukup untuk meningkatkan daya tahan dan memberikan cadangan daya ekstra yang diperlukan.

7. APC Smart-UPS SRT 3000VA

APC Smart-UPS SRT 3000VA
  • Harga: Rp 124.647.500
  • Deskripsi: APC Smart-UPS SRT 3000VA adalah solusi yang tangguh untuk kebutuhan daya yang lebih besar, sehingga ideal untuk server atau lingkungan bisnis yang memerlukan daya listrik yang konsisten.

8. APC Smart-UPS SRT 2200VA

APC Smart-UPS SRT 2200VA
  • Harga: Rp 51.334.100
  • Deskripsi: APC Smart-UPS SRT 2200VA memberikan kombinasi yang baik antara kapasitas daya dan keandalan. Didesain untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap pemadaman listrik dan gangguan daya lainnya.

Cara kerja

UPS dapat bekerja berdasarkan deteksi kepekaan pada tekanan. Misalnya ketika menjalankan berbagai program pada komputer, Anda menemukan adanya penyimpangan jalur voltase (line voltage) seperti kenaikan tajam, kerendahan, gelombang, dan berbagai penyimpangan akibat pemakaian alat pembangkit listrik yang murah, maka UPS akan beroperasi dengan sistem on-battery. 

Sistem on-battery akan aktif jika UPS mendeteksi kurangnya kualitas pada aliran listrik. On-battery atau baterai hidup merupakan reaksi UPS terhadap adanya penyimpangan untuk melindungi beban komputer. Jika selama kondisi tersebut beban komputer dapat berfungsi dengan baik, maka kapasitas umur baterai dapat bertahan lebih lama melalui penurunan kepekaan UPS.

Fungsi

Seperti halnya komponen maupun sistem perangkat komputer lainnya, UPS juga memiliki beberapa fungsi yang perlu Anda ketahui. Fungsi sistem UPS tersebut diantaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Memberikan energi listrik sementara atau cadangan ketika terjadi kegagalan daya listrik utama.
  2. Memberikan kesempatan bagi Anda untuk segera menghidupkan genset sebagai pengganti listrik utama.
  3. Memberikan kesempatan untuk melakukan back up data dan mengamankan sistem operasi dengan melakukan shutdown sesuai prosedur ketika terjadi pemadaman listrik.
  4. Mengamankan sistem komputer dari berbagai gangguan listrik yang dapat mengganggu dan berpotensi menyebabkan kerusakan software maupun hardware.
  5. Melakukan stabilisasi tegangan secara otomatis ketika terjadi perubahan tegangan pada input.
  6. Melakukan diagnosis dan management terhadap dirinya sendiri sehingga memudahkan antisipasi gangguan pada sistem.
  7. Proses instalasi mudah dan mudah digunakan oleh para pengguna.
  8. Pengoperasian UPS dapat dilakukan oleh pengguna melalui jaringan LAN dengan menambahkan aksesoris yang diperlukan.
  9. Terintegrasi dengan jaringan internet.
  10. Memberikan pemberitahuan atau notifikasi jika terjadi kegagalan pengaturan perangkat lunak UPS management.

Jenis UPS komputer

UPS Komputer

UPS komputer memiliki beragam variasi jenis yang disesuaikan dengan berbagai macam kebutuhan perangkat komputer Anda. Beberapa jenis UPS tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Offline UPS

Jenis UPS ini memiliki harga yang lebih murah diantara berbagai jenis UPS lainnya. Hal tersebut karena komponen rectifier dan inverter berada dalam satu unit yang sama.

2. Online UPS

Jenis UPS ini dilengkapi dengan komponen rectifier dan inverter yang diletakkan secara terpisah. Karenanya pada jenis ini harga UPS akan lebih mahal. UPS jenis ini memiliki fungsi untuk memblokir suplai daya ke rectriver jika terjadi gangguan pada perangkat komputer. Kemudian, arus DC yang dihasilkan oleh aktivitas blocking dari baterai ke inverter akan diubah menjadi AC.

3. Line interactive UPS

Jenis UPS ini dilengkapi dengan tambahan Automatic Voltage Regulator atau AVR yang memiliki fungsi untuk dapat mengatur tegangan dari suplai daya ke peralatan.

4. Modified UPS

Jenis UPS ini merupakan hasil produksi para antusias teknik yang berhubungan langsung dengan komputer.

Baca juga: Tips Memilih UPS Dengan Tepat

Komponen dalam UPS

Terdapat beberapa komponen penting dalam UPS. Komponen-komponen tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Baterai

Umumnya, jenis baterai yang digunakan pada UPS adalah lead-acid atau nikel-cadmium. Baterai jenis ini mampu menjadi sumber tenaga cadangan maksimal selama 30 menit.

2. Inverter

Inverter memiliki fungsi untuk mengubah arus DC baterai menjadi arus AC. Hal tersebut dilakukan pada saat baterai UPS digunakan untuk memberi tegangan ke komputer.

3. Rectrifer

Rectifier pada UPS berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi arus DC yang berasal dari suplai listrik utama atau kebalikan dari komponen inverter. Hal tersebut bermanfaat pada proses pengisian baterai.

Penggunaan UPS pada laptop

UPS pada laptop memiliki peran penting dalam melindungi perangkat dari pemadaman listrik atau fluktuasi daya yang dapat merugikan. UPS berfungsi sebagai sumber daya cadangan yang memberikan waktu tambahan bagi pengguna untuk menyimpan pekerjaan dan mematikan laptop secara aman ketika terjadi pemadaman listrik.

Dengan menggunakan UPS pada laptop, pengguna dapat menghindari kehilangan data yang disebabkan oleh pemadaman mendadak. UPS memberikan kesempatan untuk melakukan shutdown atau menyimpan data yang sedang dikerjakan sebelum daya benar-benar habis. Selain itu, UPS juga dapat membantu melindungi laptop dari fluktuasi daya yang mungkin merusak komponen internalnya.

Penting untuk memilih UPS yang sesuai dengan kebutuhan daya laptop dan memberikan waktu yang cukup untuk melakukan tindakan yang diperlukan saat terjadi pemadaman listrik. Dengan demikian, pengguna dapat menjaga kinerja laptop dan melindungi data pentingnya.

Demikian beberapa penjelasan mengenai UPS komputer. Semoga artikel ini dapat membantu menjadi rekomendasi Anda dalam menemukan UPS terbaik. Informasi harga dan spesifikasi produk UPS komputer secara lengkap dapat Anda ketahui dengan mengunjungi website Anugrah Pratama. Hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

AnugrahPratama.com
Klampis Jaya 29E, Surabaya 60117
Jawa Timur – Indonesia
Telepon: 031-5928580
Whatsapp: 08113127777
https://www.anugrahpratama.com