cara cek vga laptopcara cek vga laptop

Cara cek VGA laptop dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Terlepas dari sistem operasi yang kamu gunakan, baik itu Windows, macOS, atau Linux, setiap platform menyediakan cara untuk melihat informasi VGA yang terpasang.

Salah satu hal terpenting yang diperhatikan saat membeli laptop untuk gaming adalah spesifikasi. Diusahakan spesifikasi laptop mampu menunjang saat bermain game. Spesifikasi laptop yang tidak pas akan membuat game berjalan sangat lambat. Bahkan sebelum bisa memainkannya, game tersebut error dan tidak bisa dibuka. Hal ini tentu saja menjadi mimpi buruk bagi para pecinta game.

Lalu apa yang menyebabkan aplikasi game atau editor tidak bisa dibuka pada laptop? Hal ini ditentukan oleh VGA card. Untuk mengenal VGA lebih jauh lagi, simak penjelasan berikut mengenai cara cek VGA laptop dengan mudah!

Sebenarnya VGA Laptop Itu yang Mana?

Laptop dengan VGA
Sumber: pixabay.com

VGA atau Video Graphics Array berfungsi merubah tampilan grafis pada laptop. VGA dikenal juga dengan kartu grafis. Oleh karena itu, VGA yang tidak sesuai menyebabkan tampilan grafis kurang akurat.

Terdapat beberapa kapasitas VGA yang saat ini tersedia. Yang pasti, kapasitas VGA besar akan meningkatkan tampilan grafis pada laptop. Tampilan grafis yang dimaksud seperti ketelitian warna, kejernihan grafis, dan dinamisasi gambar.

Mengapa Pengguna Laptop Harus Mengecek VGA Laptop?

Colokan VGA Laptop
Sumber: pixabay.com

Terdapat berbagai jenis VGA dengan kapasitas yang berbeda juga. Sehingga perlu diketahui VGA apa yang terpasang di laptop.

Lalu mengapa VGA laptop perlu dicek? VGA laptop menentukan performa laptop.

Selain itu, tahun keluaran laptop juga menentukan tahun atau usia kartu VGA yang tertanam di dalamnya. Hal ini juga yang biasanya menjadi alasan mengapa kamu tidak bisa menjalankan aplikasi game maupun aplikasi edit video.

Game keluaran terbaru tidak akan bisa dijalankan pada VGA dengan tahun keluaran lama, misalnya tahun keluaran 2010. Sehingga diperlukan VGA yang sesuai untuk menjalankan aplikasi terbaru dengan lancar.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara cek VGA laptop. Hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi awal apakah aplikasi tidak mau berjalan karena VGA yang usang atau karena masalah lain.

Jenis VGA Laptop yang Wajib Diketahui

Laptop dan perlengkapan
Sumber: pixabay.com

Jika kamu telah melakukan cek VGA laptop, jangan bingung jika terdapat jenis VGA. Memang terdapat beberapa jenis VGA yang perlu diketahui oleh pengguna laptop.

Jenis VGA berdasarkan memori terdiri atas VRAM, Rambus, SGRAM, dynamic RAM, dan EDO RAM. Sementara itu, ada juga VGA berdasarkan fisiknya yakni VGA Add on dan VGA on-Board.

Spesifikasi VGA Di Laptop

Spesifikasi VGA
Sumber: pixabay.com

Sementara spesifikasi VGA bervariasi tergantung dari jenis VGA laptop. Terdapat memori dengan kapasitas berbeda, prosesor, boost clock, dan power yang berbeda juga.

Ini juga menjadi alasan penting mengapa perlu dilakukan cek VGA laptop. Dengan melakukan pemeriksaan, kamu juga bisa mengetahui spesifikasi VGA yang ada di laptop dengan mudah.

Baca juga: Fakta Tentang VGA Laptop yang Harus Kamu Ketahui

6 Cara Cek VGA Laptop yang Bisa Dicoba Dengan Mudah

Setelah mengetahui penjelasan mengenai VGA secara umum dan juga jenis hingga spesifikasi VGA. Hal selanjutnya yang penting dan kamu cari tentu saja bagaimana cara melihat spesifikasi VGA laptop.

Dibawah ini terdapat 6 cara cek VGA laptop windows yang bisa kamu coba. Silahkan disimak dengan baik, ya!

1. Cek VGA Card melalui Task Manager

Cek VGA Card melalui Task Manager

Cara cek VGA laptop windows yang pertama adalah dengan menggunakan task manager. Kamu cukup ikuti langkah-langkah mudah dibawah ini.

Untuk memunculkan task manager, klik kanan pada bagian kosong taskbar kemudian pilih task manager. Selanjutnya klik tab performance dan dilanjutkan dengan menekan GPU. Setelah tahapan tersebut dilakukan dengan baik, kamu bisa melihat VGA di laptopmu.

2. Cara lihat VGA Laptop Dengan dxdiag Windows

cek vga dengan dxdiag

Cara cek VGA laptop windows selanjutnya dapat dilakukan dengan dxdiag windows. Berikut merupakan cara-cara yang bisa dilakukan untuk cek spesifikasi VGA laptop.

Pertama, tekan tombol windows dan huruf R secara bersamaan. Selanjutnya, ketik dxdiag lalu tekan OK hingga muncul DirectX diagnostic. Proses ini diakhiri dengan menekan tab display.

3. Cara Cek VGA Laptop Dengan GPU-Z

Cara Cek VGA Laptop Dengan GPU-Z
Sumber: pixabay.com

Cara terakhir yang digunakan untuk melihat spesifikasi VGA laptop adalah dengan menggunakan GPU-Z. Berikut langkah mudahnya.

Langkah awal dengan membuka software GPU-Z. Selanjutnya pilih tab Graphic Card untuk memperoleh informasi mengenai VGA.

4. Cara Mengecek VGA Laptop Melalui Device Manager

cara cek vga laptop melalui device manager

Saat ingin mengetahui informasi tentang VGA di laptop, kamu dapat dengan mudah mengakses Device Manager. Fitur yang disediakan oleh sistem operasi Windows ini akan memberikan detail lengkap tentang perangkat yang terhubung, termasuk VGA dan spesifikasinya. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu start dan ketik “device manager”.
  • Pilih “display adapters” dan tunggu beberapa saat sampai muncul pilihan informasi.
  • Temukan data mengenai model dan kapasitas VGA yang terpasang di laptop.
  • Selesai.

5. Melihat spesifikasi VGA melalui Pengaturan (Settings)

cara cek vga laptop melalui settings

Ingin mengetahui jenis VGA laptop tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan? Kamu dapat dengan mudah melihat informasinya melalui pengaturan yang tersedia di perangkat. Berikut cara-cara sederhana untuk melakukannya:

  • Buka menu start dan ketik “settings”.
  • Pilih “system” dan klik “display”.
  • Selanjutnya, pilih “advanced display settings” di bagian bawah halaman display.
  • Data mengenai model VGA yang terpasang dan detail lainnya akan ditampilkan.
  • Selesai.

6. Mengecek VGA Laptop dengan Aplikasi Speccy

mengecek vga laptop melalui speccy
Source: Pinhome.id

Selain aplikasi GPU-Z, ada juga aplikasi Speccy yang bisa digunakan untuk memeriksa VGA laptop dengan mudah. Aplikasi ini akan memberikan informasi komprehensif mengenai spesifikasi laptop tanpa repot. Tidak hanya tentang VGA, Speccy juga menampilkan data hardware lainnya seperti RAM dan storage. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menggunakan aplikasi Speccy:

  • Pertama, unduh dan instal aplikasi Speccy.
  • Setelah selesai, ketik “Speccy” pada pencarian dan tekan Enter.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses analisis selesai.
  • Sekarang, kamu dapat melihat berbagai informasi di jendela Speccy, termasuk data mengenai VGA dengan mengklik bagian “Graphics” pada menu sebelah kiri.

Mengecek VGA Laptop Di Windows 10 dan Windows 11 Apakah Sama?

Cek VGA Laptop di Windows 10 dan 11
Sumber: pixabay.com

Pada dasarnya, cara mengecek VGA laptop di windows 10 dan windows 11 tidak ada perbedaan. Karena tampilan yang tidak jauh berbeda, cara yang telah disebutkan bisa digunakan untuk melihat VGA laptop.

Cara Mengetahui VGA Laptop Rusak

Cek VGA Laptop apakah rusak
Sumber: pixabay.com

Informasi mengenai kondisi dan performa VGA rusak atau tidak bukan mustahil untuk diketahui. Dengan melakukan 6 cara di atas yang telah disebutkan, selain dapat mengetahui spesifikasi VGA, kamu juga bisa mengetahui kondisi VGA rusak atau tidak.

Baca juga: Tips Memilih dan Membeli Video Card untuk Laptop dan Komputer

Sekian informasi yang bisa diberikan terkait dengan VGA mulai dari informasi umum tentang VGA hingga cara cek VGA laptop. Semoga artikel ini membantu kamu membuka pemahaman serta bisa meningkatkan performa laptop kamu, ya!

Setelah mengetahui beberapa cara cek VGA laptop dengan mudah, kini saatnya kamu benar – benar mendapatkannya. Di Anugrah Pratama menyediakan berbagai jenis laptop dan perlengkapannya. Temukan VGA card dengan kualitas terbaik di sini.

AnugrahPratama.com
Klampis Jaya 29E, Surabaya 60117
Jawa Timur – Indonesia
Telepon: 031-5928580
Whatsapp: 08113127777
https://www.anugrahpratama.com