close

Memperkenalkan Teknologi Penyimpanan data yang praktis

Memperkenalkan Teknologi Penyimpanan data yang praktis

Kali ini dari Anugrah Pratama akan memperkenalkan teknologi penyimpanan data yang praktis serta mudah untuk digunakan yaitu Synology. Apa itu Synology? Apa saja kegunaan Synology? Kita akan bahas bersama disini.

Buat kalian yang berkecimpung dalam dunia IT pasti tidak asing lagi dengan cloud storage, namun buat kalian yang masih awam atau buat kalian orang-orang yang non-IT akan bingung dan aneh mengetahui cloud storage. Pembahasan kali ini adalah memperkenalkan teknologi penyimpanan data yang praktis.

Memperkenalkan teknologi penyimpanan data yang praktis yaitu cloud storage atau penyimpanan awan ini adalah suatu penyimpanan data yang terpusat sehingga buat kalian yang mau melakukan penyimpanan data dalam hitungan yang besar bisa banget menggunakan ini.

Cloud storage sendiri ini memiliki banyak jenis dan kapasistas penyimpanan data yang berbeda-beda. Salah satu penyimpanan data yang saat ini masih tergolong baru dan sepertinya belum banyak di ketahui oleh orang-orang, yaitu Synology. Synology apa itu? Dan apa kegunaan dari barang ini? Mengapa harus Synology? Disini kita akan bahas 1 per 1.

Synology sendiri merupakan sebuah alat network ciptaan NAS (Network Attach Storage), sinology ini merupakan alat yang dapat membantu para penggunan-nya melakukan penyimpanan data-data penting dengan mudah seperti penyimpanan data-data besar atau data organisasi/badan usaha. Synology mampu melindungi data-data dari bahaya kehilangan ataupun pencurian data secara digital.

Selain meiliki fungsi sebagai file server NAS, synology ini juga memiliki fitur-fitur yang dapat memenuhi kebutuhan primer dan sekunder. Synology ini memiliki aplikasi yang dapat menampung backup-an data seperti security, multimedia, binis, dll. Menggunakan synology ini pun dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda, tergantung dari fitur-fitur mana saja yang ingin digunakan, synology ini tergolong alat dan aplikasi yang sangat mudah dengan panel pengaturannya yang tentunya sudah berbasis web.

Sekilas info aja lokasi data center Synology ini berada di Seattle, Amerika Serikat. Buat kalian yang mengerti dengan dunai server, synology ini sangat bagus untuk digunakan dalam pemakaian yang multifungsi. Berikut ini ada 3 tipe Synology dan kelebihannya menurut versi Anugrah Pratama:

Synology DS220+

Synology DS220+ Ini di dalam 1 kotaknya sudah lengkap dengan chager, guide atau buku penuntun-nya yang menjelaskan cara untuk meng-instalasi, juga ada kabel Lan dengan tipe Cat 5e yang mampu membantu Synology NAS ini bekerja secara maksimal serta mendukung kecepatan data transfer hingga 1GbE.

Synology ini dapat digunakan dan di bawa kemana pun, bahkan di taruh di rumah pun tetap masih bisa di akses karena synology NAS DS220+ ini bisa dihubungkan ke handphone dan bisa di akses melalui handphone. Synology DS220+ Di dalamnya ini memiliki 2 slot bay storage untuk HDD, disini kalian bisa dengan mudah memasang hardisk-nya sendiri tanpa memerlukan tambahan baut apapun.

Synology ini juga memiliki port untuk colokan USB 3.0 yang bisa kalian pakai untuk meng-backup data atau copy USB dan terdapat pula fan pada bagian belakangnya yang berguna sebagai pendingin. User Interface dari synology DS220+ ini juga sangat mudah dipahami. Fitur-fitur yang terdapat di dalam Synology DS220+ Ini sangat banyak dan aplikasi-aplikasinya pun dapat dengan mudah di download.

Meng-install fitur-fitur synology ini sangat mudah sama seperti meng-install aplikasi pada google play. Akan ada tersedia package center yang dimana kalian bisa menggunakan layanan fitur ini untuk mendownload secara gratis seperti musik, video, gambar, dll. Inilah yang dimaksud apabila kalian sedang tidak berada di sekitar NAS tersebut atau sedang tidak mengakses menggunakan jaringan LAN.

Aplikasi Synology ini memiliki fitur cloud storage pribadi yaitu Synology drive yang kurang lebih sama seperti google drive dan itu kalian bisa gunakan secara Gratis. Jadi buat kalian yang sedang berada di luar dari Synology ini tetap kalian bisa akses, karena Synology Drive ini dapat dihubungkan ke PC atau ke laptop dan bahkan kalian bisa menggunakan ini untuk mem-backup ke Android atau iOS kalian.

Synology DS920+

Synology ini masih eksis di pasaran dunia perangkat network attached storage (NAS). Mengapa DS920+? Synology ini memiliki drive bay yang tersedia dengan model tray yang sudah di lengkapi dengan kunci pengaman.

DS920+ Ini tersedia dengan fitur yang berbeda yang dimana Synology ini memiliki konektivitas 2GbE sehingga mampu mendukung bandwidth atau koneksi menjadi lebih cepat. VGA dari Synology ini sudah hampir menyerupai dengan Asus Tuf Z390 dan Asus ROG Strix X570-E.

Synology ini juga memiliki prosesor Intel Celeron J4125 4-Core, Synology ini memiliki kapasitas bawaan ram 4GB namun bisa di upgrade hingga 8GB. Synology ini juga memiliki 4 slot penyimpanan dengan fitur hot swap menyediakan tray untuk HDD sebesar 3,5 inci yang dimana ini prose pemasanangan sangat mudah tanpa menggunakan alat.

Synology DS920+ ini juga sama dengan DS220+ yang dimana ini bisa di akses dan bisa di hubungkan ke android atau iOS.

Synology RS820+

Synology RS820+ Ini sangat rekomendasi buat kalian yang memiliki kebutuhan untuk menyimpan data dengan aman meskipun di rumah atau pun penyimpanan data untuk file-file bisnis Anda. Kelebihan dari RS820+ ini adalah harga yang pantas, memiliki 4 port LAN, dapat di expand dan internal hardware untuk busines user yang dapat diandalkan.

Synology ini merupakan kolaborasi yang menggabungkan kenyamanan dan fungsional dari cloud public dengan privasi dan keamaan data yang terjamin karena berbentuk cloud pribadi atau penyimpanan data pribadi. Melalui fitur yang ada, ini akan sangat membantu Anda untuk mengerjakan dan menyimpan dokumen Anda secara bersamaan dengan aman dan terlindungi.

Keamanan yang digunakan Synology RS820+ ini menggunakan File System Btfs yang dimana ini dapat lebih optimal mencegah data yang corruption dan membantu mengurangi maintenance overhaead serta memastikan integritas data dengan tingkat tinggi dan File system btrfs ini merupakan alat pemulihan dan fleksibel dan efisien.

Synology RS820+ ini memiliki penyimpanan memory 2GB DDR 4 Up to 18GB dan performa tertingginya sudah didukung hingga over 1,621 MB/s sequential reading. Synology memiliki power supply 150W, yang berarti Synology ini terhitung hemat energi.

Sekian penjelasan mengenai teknologi penyimpanan data yang praktis dan mudah digunakan. Semoga ini bisa bermanfaat buat kalian yang ingin melakukan sistem penyimpanan data yang aman dan pratis.

Tags : cloud storageSynologyteknologi