close
Info KomputerReview

Mengenal Chrome OS Serta Kekurangan dan Kelebihannya

Ini dia bedanya antara Windows 10 Home dan Windows 10 Pro

Upaya Google memasuki pasar sistem operasi komputer lewat Chrome OS tidak sia-sia belaka. Dengan menyandang nama yang serupa dengan Google Chrome, sistem operasi tersebut banyak diaplikasikan pada beberapa produsen laptop.

Secara teknis, Chrome OS dirancang sebagai sistem operasi yang ringan agar mudah diadaptasi. Terutama bagi pengguna netbook atau PC tablet, beberapa penjelasan di bawah ini bisa menjadi informasi yang berharga.

Mengenal Apa Itu Chrome OS

Mengenal Chrome OS Serta Kekurangan dan Kelebihannya 1
Sumber: https://www.pexels.com

Ada beberapa fakta yang menarik tentang Chrome OS secara umum yang perlu diketahui. Selain nama besar Google di balik eksistensinya, sistem operasi tersebut juga memiliki beberapa kelebihan serta kekurangan tertentu.

  1. Rancangan Sistemnya Berbasis Cloud

Sebagian besar rancangan Chrome OS berbasis cloud agar pengguna bisa mengakses semua layanan milik Google. Beberapa di antaranya adalah Google Documents untuk membuat dokumen, Google Drive, Photo, dan lain sebagainya.

Ini artinya, Anda bisa mengakses semua file dan dokumen pribadi hanya dengan menggunakan akses internet. Hal inilah yang dianggap sangat memudahkan kinerja sehari-hari, karena secara langsung menggunakan aplikasi milik Google.

  1. Ditujukan untuk Penggunaan Kinerja yang Ringan

Chrome OS ditujukan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan ringan dengan cepat dan efisien seperti membuat dokumen. Terlebih, sistem operasi tersebut berjalan di device berspesifikasi rendah sehingga tidak cocok untuk kegiatan berat.

Google sendiri sangat serius dalam mengembangkan sistem bawaannya agar lebih mudah ketika digunakan. Seiring dengan berkembangnya teknologi, bukan tidak mungkin sistem operasi tersebut akan ditambahkan berbagai fitur-fitur penting lewat pembaruan.

  1. Terintegrasi dengan Perangkat Chromebook

Chrome OS dirancang secara terintegrasi dengan perangkat Chromebook yang juga milik Google. Ini artinya, konsumen bisa menggunakan teknologi dari OS tersebut secara gratis jika mereka membeli perangkat Chromebook secara legal.

Selain itu, Chrome OS juga mendukung fitur multi-user dalam satu perangkat saja. Selain Anda, anggota keluarga lainnya juga bisa membuat akun masing-masing secara daring sehingga lebih aman dari sisi penggunaan.

Kelebihan dari Chrome OS

Sama seperti perangkat lunak berteknologi tinggi pada umumnya, Chrome OS juga memiliki sederet kelebihan. Beberapa di antaranya adalah tampilannya lebih simpel namun intuitif, mendukung Linux serta Android, hingga lebih aman.

  1. Lebih Simpel dengan Desain Interface Intuitif

Tampilan dari sistem operasi ini sangat simpel dan terlihat minimalis, namun tetap intuitif. Pihak Google bahkan menyediakan satu buat tombol yang mampu mengakomodasi kebutuhan pengguna dengan cepat hanya sekali klik.

  1. Mendukung Akses Offline

Sistem pada Chrome OS dirancang mampu berjalan secara offline jika tidak terdapat koneksi internet. Asumsinya, pengguna harus mengunduh file seperti catatan, dokumen, dan sebagainya terlebih dahulu jika ingin dilihat kembali.

  1. Dirancang dengan Tingkat Keamanan Tertinggi

Chrome OS membuat perangkat lunak yang berbeda di Chromebook yang terpisah dengan metode Sandboxing. Jadi terdapat satu bagian file terinfeksi oleh virus, sisanya dirancang untuk tetap aman dan bisa digunakan.

Mengenal Kekurangan Chrome OS

Selain kelebihan, Chrome OS juga tidak lepas dari beberapa kekurangan yang muncul ketika sistemnya mulai digunakan. Seperti kompatibilitas antar perangkat lunak, hingga tidak mendukung fitur-fitur utama perangkat dalam bentuk utuh.

  1. Adanya Masalah Pada Kompatibilitas Perangkat Lunak Tertentu

Anda tidak akan dapat menggunakan versi lengkap Photoshop, Microsoft Office, dan banyak program lainnya ketika menggunakan Chromebook. Ini artinya, ada masalah dari sisi kompatibilitas antar perangkat lunak sebagai sistem bawaannya.

  1. Tidak Mendukung Fitur-fitur Utamanya Secara Utuh

Meski dibekali kemampuan akses secara offline, beberapa aplikasi tidak akan berfungsi sama sekali ketika dibuka. Sementara fitur lainnya akan dibatasi secara tetap sampai pengguna mengakses Chrome OS dengan jaringan internet.

Bagi Anda yang ingin sistem operasi yang serba minimalis namun canggih, Chrome OS dengan Chromebook bisa jadi pilihan. Hanya saja, konsekuensinya adalah mau menghadapi beberapa batasan yang ada pada sistemnya.Dan jika Anda sedang mencari Chromebook dengan spesifikasi terbaik, dapatkan pada store kami. Kami menyediakan beberapa produk chromebook dengan penawaran harga terbaik. Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.