Pengertian RouterSource : https://unsplash.com/

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana perangkat Anda terhubung ke internet? Bagaimana mungkin komputer, smart phone, atau tablet Anda dapat mengakses dunia informasi yang luas di web? Jawabannya ada pada sebuah perangkat kecil namun kuat yang disebut router. Nah kali ini kita akan Mengenal Router: Pengertian, Fungsi, dan Jenis dalam Menghubungkan Perangkat Anda ke Internet

Di era digital saat ini, router telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Router memungkinkan kita untuk mengakses internet secara nirkabel dan menghubungkan perangkat kita satu sama lain. Dengan banyaknya router yang tersedia di pasaran saat ini, mungkin akan sangat sulit untuk memilih router yang tepat.

Pada artikel ini, kita akan mempelajari dunia router dan menjelajahi definisi, fungsi, dan jenisnya. Di akhir artikel ini, Anda akan memiliki pemahaman yang jelas tentang cara kerja router dan jenis router mana yang paling cocok untuk rumah atau kantor Anda. Jadi, mari kita mulai dan mengenal router secara mendalam.

Mengenal Router: Definisi Router

Secara sederhana, router adalah perangkat jaringan yang memungkinkan beberapa perangkat terhubung ke internet melalui satu koneksi internet. Router juga dapat berfungsi sebagai firewall dan pengatur lalu lintas, mengontrol dan mengarahkan aliran data antar perangkat dan internet.

Fungsi Router

Salah satu fungsi router yang paling penting adalah routing. Ini berarti router menentukan jalur terbaik untuk data yang akan dilalui antara perangkat Anda dan internet. Hal ini mencegah kemacetan di jaringan dan memastikan bahwa data ditransmisikan dengan cepat dan efisien. Selain itu, router dapat berfungsi sebagai titik akses nirkabel, memungkinkan perangkat untuk terhubung ke internet secara nirkabel. Terakhir, router dapat melakukan penerjemahan alamat jaringan, yang memungkinkan beberapa perangkat untuk berbagi satu alamat IP publik.

Cara Kerja Router
Source : https://unsplash.com/

Cara Kerja Router

Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk mengarahkan dan mengirimkan data antara jaringan yang berbeda, seperti jaringan lokal (LAN) dan jaringan luas (WAN) seperti internet. Cara kerja router dapat dijelaskan dalam beberapa tahapan berikut:

  1. Penerimaan Data:
    • Router menerima data dari perangkat yang terhubung ke jaringan lokal, seperti komputer atau smartphone.
    • Data yang diterima dapat berupa paket-paket data yang dikirimkan melalui protokol jaringan, seperti protokol Internet Protocol (IP).
  2. Identifikasi Tujuan:
    • Router memeriksa alamat tujuan dari paket data yang diterima.
    • Dengan menggunakan tabel routing yang ada di dalamnya, router menentukan jaringan tujuan paket data.
    • Router menggunakan informasi dalam tabel routing untuk mengetahui rute terbaik untuk mengirimkan paket data ke jaringan tujuan.
  3. Pengiriman Data:
    • Router mengirimkan paket data ke jaringan tujuan dengan memutuskan jalur terbaik untuk dikirimkan.
    • Router menggunakan protokol routing, seperti Routing Information Protocol (RIP) atau Open Shortest Path First (OSPF), untuk berkomunikasi dengan router lain dan bertukar informasi tentang jaringan yang ada.
    • Berdasarkan informasi ini, router dapat memilih rute terbaik berdasarkan faktor seperti kecepatan, keandalan, atau biaya.
  4. Penggabungan Kembali Paket:
    • Jika data yang dikirimkan terdiri dari beberapa paket, router di jaringan tujuan menerima paket-paket tersebut.
    • Router di jaringan tujuan mengumpulkan kembali paket-paket data dan menggabungkannya untuk membentuk data lengkap.
  5. Pengiriman ke Perangkat Tujuan:
    • Setelah paket data lengkap terkumpul, router di jaringan tujuan mengirimkan data tersebut ke perangkat yang dituju, seperti komputer atau server.
    • Proses ini melibatkan pengiriman data melalui jaringan lokal dan pengalihan paket ke perangkat yang tepat berdasarkan alamat tujuan.

Cara kerja router melibatkan penggunaan tabel routing, protokol routing, dan pengambilan keputusan berdasarkan informasi yang diterima. Router berfungsi sebagai titik penghubung yang mengatur aliran data antara jaringan yang berbeda, memastikan data mencapai tujuan dengan efisien dan tepat.

Jenis - Jenis Router
Source : https://unsplash.com/

Mengenal Jenis-jenis Router

Ada beberapa jenis router yang tersedia di pasaran, masing-masing dengan fitur dan kemampuan yang berbeda. Berikut adalah tiga jenis router yang umum:

1. Router Berkabel

Dirancang untuk menghubungkan perangkat melalui koneksi kabel, seperti kabel Ethernet. Router ini biasanya digunakan di kantor dan rumah di mana koneksi kabel lebih disukai daripada koneksi nirkabel.

2. Router Nirkabel

Jenis ini dirancang untuk menghubungkan perangkat secara nirkabel ke internet. Router ini biasanya digunakan di rumah dan ruang publik, seperti kafe dan bandara, di mana pengguna membutuhkan konektivitas nirkabel.

3. Router Dual-Band

Menawarkan koneksi kabel dan nirkabel, dengan fitur tambahan konektivitas dual-band. Ini berarti router dapat mengirimkan data melalui dua frekuensi yang berbeda, sehingga memungkinkan transfer data yang lebih cepat dan efisien.

4. Router Modular

Router modular adalah jenis router yang dirancang dengan slot yang dapat menampung modul eksternal. Modul ini dapat digunakan untuk memperluas kemampuan router, seperti menambahkan port LAN tambahan atau fitur keamanan tambahan. Router modular memungkinkan fleksibilitas dalam menyesuaikan fitur dan kapasitas sesuai dengan kebutuhan jaringan.

5. Router Core

Dikenal sebagai router backbone, adalah jenis router yang digunakan di pusat jaringan untuk menghubungkan jaringan besar. Mereka memiliki kecepatan tinggi dan kapasitas pemrosesan yang besar untuk mengelola lalu lintas data yang tinggi. Router core biasanya digunakan oleh penyedia layanan internet (ISP) atau organisasi dengan infrastruktur jaringan yang kompleks.

6. Router Edge

Perangkat ini juga dikenal sebagai router perbatasan, adalah jenis router yang terletak di antara jaringan lokal dan jaringan luas (WAN) seperti internet. Mereka berfungsi sebagai gerbang antara jaringan lokal dan jaringan eksternal, mengamankan jaringan lokal dari serangan dan mengatur aliran data yang masuk dan keluar. Jenis ini sering digunakan dalam pengaturan jaringan perusahaan atau kantor.

7. Router Virtual

Router ini adalah jenis router yang berjalan di atas perangkat keras virtual atau server fisik yang menjalankan perangkat lunak khusus. Mereka menyediakan fungsionalitas router secara virtual dan dapat diimplementasikan dalam lingkungan virtualisasi atau cloud. Router virtual memungkinkan fleksibilitas, skalabilitas, dan pengelolaan yang lebih mudah dalam lingkungan jaringan yang kompleks.

Setiap jenis router memiliki kelebihan dan kegunaannya sendiri, tergantung pada kebutuhan jaringan. Penting untuk memilih jenis router yang sesuai dengan kebutuhan dan skala jaringan Anda.

Perbedaan Router dan Modem
Source : https://unsplash.com/

Mengenal Perbedaan Router dan Modem

Router dan modem adalah dua perangkat yang berbeda namun sering digunakan bersama-sama dalam jaringan komputer. Berikut ini adalah penjelasan perbedaan antara router dan modem:

Fungsi

Router adalah perangkat jaringan yang mengarahkan dan mengirimkan data antara jaringan yang berbeda. Berfungsi sebagai titik penghubung yang mengatur lalu lintas data di jaringan lokal (LAN) dan jaringan luas (WAN) seperti internet. Router memutuskan jalur terbaik untuk mengirimkan paket data ke tujuan yang tepat.

Modem: (Modulator-Demodulator) adalah perangkat yang mengkonversi sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer ke jaringan telepon atau koneksi internet berbasis saluran telepon tradisional. Modem bertanggung jawab mengirimkan dan menerima data melalui jalur telepon atau media transmisi yang sesuai.

Jenis Koneksi

Router: Router dapat memiliki berbagai jenis koneksi, seperti kabel Ethernet, Wi-Fi, atau konektor jaringan lainnya. Router menerima data dari perangkat yang terhubung melalui kabel atau jaringan nirkabel dan mengirimkannya ke tujuan yang sesuai.

Modem: Modem biasanya terhubung ke jaringan telepon menggunakan kabel telepon atau melalui koneksi internet seperti kabel koaksial, serat optik, atau jaringan nirkabel. Modem berfungsi sebagai penghubung antara jaringan lokal dengan jaringan eksternal atau penyedia layanan internet.

Alamat IP

Router: Router memiliki alamat IP yang unik di jaringan lokal. Router menggunakan alamat IP untuk mengarahkan lalu lintas data antara perangkat di jaringan lokal dan jaringan eksternal.

Modem: Modem dapat memiliki alamat IP, tetapi lebih umumnya, modem mendapatkan alamat IP dari penyedia layanan internet (ISP). Modem bertanggung jawab untuk menghubungkan jaringan lokal dengan ISP untuk mengakses internet.

Fungsi Tambahan

Router: Selain mengarahkan lalu lintas data, router seringkali dilengkapi dengan fitur tambahan seperti firewall, manajemen bandwidth, pengaturan jaringan yang fleksibel, serta kemampuan untuk menghubungkan dan mengelola banyak perangkat dalam jaringan.

Modem: Fungsi utama modem adalah menyediakan koneksi internet. Modem umumnya tidak memiliki fitur tambahan seperti router dan tidak dapat mengatur lalu lintas data di jaringan.

Secara umum, modem dan router adalah dua perangkat yang berbeda tetapi saling melengkapi dalam mendukung koneksi internet. Modem bertanggung jawab untuk menyediakan akses ke jaringan eksternal atau ISP, sedangkan router mengatur aliran data di jaringan lokal dan menghubungkan perangkat di jaringan. Dalam banyak kasus, perangkat yang dikenal sebagai “modem router” adalah kombinasi dari kedua perangkat ini, yang menggabungkan fungsi modem dan router dalam

Kesimpulan

Kesimpulannya, router adalah komponen penting dari jaringan apa pun, yang memungkinkan beberapa perangkat terhubung ke internet dan berbagi sumber daya. Memahami berbagai fungsi dan jenis router dapat membantu Anda memilih router yang tepat untuk kebutuhan Anda dan mengkonfigurasinya dengan benar untuk kinerja yang optimal.

Anugrah Pratama adalah online store yang tepat untuk menemukan router dengan kualitas terbaik. Kami juga menyediakan berbagai macam laptop dan keperluan komputer lainnya. Segera hubungi admin untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

AnugrahPratama.com

Klampis Jaya 29E, Surabaya 60117
Jawa Timur – Indonesia
Telepon: 031-5928580
Whatsapp: 08113127777
https://www.anugrahpratama.com