close

panduan memilih scannerKembali ke masa dimana penggunaan kamera film masih cukup booming, scanner merupakan satu-satunya alat yang bisa menjadikan foto yang telah dicetak berada dalam hard drive anda. Namun kini dengan makin maraknya kamera digital dan kamera DSLR (baca tentang memilih DSLR disini), penggunaan scanner akan hal tersebut menjadi berkurang. Tapi, saat ini kebutuhan akan scanner kini lebih berkembang, kemunculannya tidak hanya digunakan untuk menjadikan dokumen foto yang telah dicetak menjadi gambar didalam tempat penyimpanan anda, kini untuk beberapa keperluan bisnis atau bahkan sekolah scanner digunakan untuk mencetak dokumen-dokumen biasa menjadi dokumen digital. Pada kali ini, kita akan memberikan anda sebuah panduan membeli scanner agar anda tidak terjebak pada pemilihan scanner yang cenderung lama dan tidak memilki banyak fitur.

Table of Content:
Overview
Tipe-tipe scanner
Fitur yang perlu diperhatikan
Panduan Membeli
Kesimpulan

Overview

Menemukan scanner yang tepat mungkin bisa jadi sebuah tantangan bagi anda. Kebanyakan scanner bisa digunakan untuk membaca dokumen apapun. Scanner saat ini sudah tidak seperti 5 tahun kebelakang, saat ini scanner didesain secara spesial dan spesifik untuk berbagai kegiatan dan kebutuhan user. Maka dari itu, sebaiknya anda mempertimbangkan terlebih dahulu tipe dari scanner yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda menginginkan kantor anda bersifat paperless atau ada berbagai kebutuhan kantor yang mengharuskan untuk mendigitalisasi dokumen-dokumen anda seperti faktur, nota dan bukti pembayaran pajak, dokumen scanner merupakan scanner yang tepat bagi kebutuhan seperti itu. Anda bisa mempertimbangkan pembelian flatbed scanner jika anda ingin membaca sebuah foto atau dokumen-dokumen yang berbau grafis lainnya.

Tipe-tipe scanner

Sebelum mengenali kebutuhan anda, ada baiknya jika anda mengenali berbagai tipe scanner menurut jenis dan kegunaannya. Mengenali tipe-tipe scanner yang ada dapat membantu anda dalam membeli dan memilih scanner yang tepat bagi anda. Here they are, tipe-tipe scanner yang ada dipasaran

Flatbed Scanners

Flatbed scanner bisa dibilang merupakan scanner yang serba guna, bekerja seperti mesin fotocopy merupakan salah satu keunggulannya. Scanner ini dapat membaca seluruh material baik itu objek yang berbahan tipis ataupun objek yang berbahan tebal. Jika anda ingin mencetak dengan menggunakan scanner ini cukup letakkan objek anda yang akan di-scan dengan cara meletakkannya pada kaca bagian atas scanner, dan tekan tombol scannya lalu biarkan scanner membaca objek yang anda letakkan dan merubahnya ke dalam format gambar. Hanya saja flatbed scanner ini biasanya berukuran tidak terlalu besar, yang paling besar hanya seukuran kertas legal.

panduan memilih scanner
Contoh flatbed scanner

Photo Scanners

Photo scanner merupakan scanner yang didesain dengan mesin yang memiliki image-processing yang tinggi (high quality), scanner ini mampu untuk membaca sebuah foto negatif dan memproduksi foto tersebut dengan kualitas yang bagus. Beberapa produk scanner yang terdapat dipasaran ini seperti Canon CanoScan, HP Scanjet atau Epson Perfection. Photo scanning memiliki kapabilitas yang tinggi untuk berbagai objek yang akan dibaca.

panduan memilih scanner
Contoh photo scanner

Sheetfed Scanners

Sebuah sheetfed scanner merupakan scanner yang digabungkan dengan mesin fax dan keduanya dapat bekerja dengan baik. Sebuah dokumen yang datang dari mesin fax dapat langsung anda jadikan sebuah file dalam computer anda. Dengan menggunakan software Optical Character Reader (OCR), text yang terdapat pada dokumen dapat terbaca dan secara langsung lalu bisa diedit pada komputer anda. Fitur yang membedakan sebuah sheetfed dokumen dari scanner biasa adalah automatic document feeder (ADF). Fitur ini dapat membuat user meletakan beberapa dokumen yang akan dibaca pada scanner sekaligus, jadi tidak perlu satu per satu membaca dokumen. Kecepatan, kualitas dan performa scan dapat berbeda-beda pula tergantung dari brand dan teknologi dari sheetfed scanner tersebut. Biasanya scanner ini memiliki ruang scan yang lebih kecil dibandingkan dengan flatbed scanner.

panduan memilih scanner
Contoh sheetfed scanner

Handheld Scanners

Handheld scanner bekerja dengan cara digenggam oleh operator atau dapat diletakkan pada suatu tempat agar scanner tersebut bisa berdiri. Pada scanner tipe ini sumber cahaya dan sensor terdapat pada head scanner-nya. Cahaya yang dikeluarkan dari scanner ini, direfleksikan dengan kaca agar dapat dibaca oleh sensor yang ada. Operator dari scanner ini, menggerakan scanner ini keseluruh bagian dokumen agar dokumen tersebut terbaca oleh sensor yang ada. Scanner ini merupakan scanner yang istimewa karena bisa membaca kain juga. Saat ini bisa kita jumpai jika kebanyakan handheld scanner biasanya digunakan untuk membaca barcode sebuah produk yang ada di supermarket.

Kelemahan yang paling mendasar dari handheld scanner ini tidak adanya teknologi yang dapat mengantisipasi tangan yang mendadak bergerak tidak sesuai jalur scan awal lalu menyebabkan hasilnya cenderung blur. Bagaimanapun juga sebuah produk tidak ada yang sempurna, selain itu juga terdapat berbagai kelebihan yang bisa digunakan, seperti scanner tipe ini cukup mobile dan portable. Scanner ini juga banyak digunakan dibeberapa bandara internasional untuk mengetahu kelengkapan dokumen atau paspor yang ada.

panduan memilih scanner
Contoh handheld scanner

Portable Scanners

Scanner jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan handheld scanner namun lebih kecil jika dibandingkan dengan flatbed scanner. Portable scanner dapat bekerja dengan baik saat digunakan dalam keadaan berpergian. Scanner tipe ini merupakan pilihan bagi anda yang sering berpergian dalam pekerjaan anda dan juga membutuhkan scan dokumen disaat yang bersamaan. Bentuk dari scanner ini dapat dimuat kedalam tas travel anda.

panduan memilih scanner
Contoh portable scanner

Business Card Scanners

Contoh sebuah produk dari scanner tipe business card adalah Fujitsu mobile scanner, scanner ini telah dibangun oleh pihak fujitsu untuk memudahkan pekerjaan para pengusaha. Dengan menggunakan scanner ini anda dapat membaca baik gambar maupun karakter pada kartu bisnis anda dan setelah itu data yang ada langsung disimpan pada software kontak manager seperti Microsoft Outlook.

Untuk jenis scanner tipe ini, user yang ada harus melakukan kalibrasi untuk pertama kali sebelum menggunakannya. Setelah proses kalibrasi selesai, operasi selanjutnya cukup mudah. Proses scan kartu bisnis ini sebenarnya cukup simple, and hanya tinggal memasukan kartu anda kedalam input slot dari scanner dan selanjutnya tinggal menunggu untuk proses scan kartu. Setelah semua proses tersebut selesai, secara otomatis software tempat anda menyimpan data tersebut akan muncul dan memberitahukan detail dari kartu yang telah and baca.

panduan memilih scanner
Contoh business card scanner

Drum Scanners

Drum scanner mampu memproduksi hasil scan dengan resolusi yang cukup tinggi. Beberapa perusahaan yang membutuhkan pemrosesan grafik tinggi menggunakan scanner jenis ini. Drum scanner menggunakan teknologi photomultipluer tube (PMTs) pada setiap filternya yang mampu secara responsive untuk mengkonversi cahaya ke elektronik pulse, dan menghasikan dynamic range yang tinggi. Dynamic range yang tinggi melambangkan tingkat resolusi kecerahan yang tinggi, hal tersebut merupakan faktor yang penting dalam menangkap setiap detail dari gambar.

Ketika membandingkan drum scanner satu sama lain, informasi yang perlu anda perhatikan dari sebuah produk adalah resolusi optik dari drum scanner tersebut. Informasi ini dapat anda dapatkan pada website produsennya atau pada kertas informasi produk. Banyak scanner dari tipe ini tersediua dengan resolusi antara 2.400 dpi, 3.600 dpi atau bahkan ada yang datang dengan 12.000 dpi.

Dengan kemampuannya yang cukup tinggi tersebut, drum scanner tetap memiliki sebuah kelemahan. Biasanya drum scanner ini tidak terdapat dirumah-rumah dikarenakan harganya yang cukup tinggi dan hanya dioperasikan oleh orang yang telah terlatih menggunakannya.

panduan memilih scanner
Contoh drum scanner

Fitur scanner yang harus diperhatikan

Setelah mengetahui berbagai tipe-tipe scanner yang telah ada, mungkin anda masih sedikit memiliki pandangan bagaimana scanner yang sesuai dengan kebutuhan anda. Rasanya tak adil jika kita memberikan panduan memilih scanner tanpa membahas beberapa fitur-fiturnya, ini dia beberapa fitur-fitur yang dapat anda perhatikan sebelum membeli scanner.

Automatic feeder

Jika anda mengantisipasi untuk melakukan scanning beberapa dokumen sekaligus, mungkin anda bisa mempertimbangkan sebuah scanner yang memiliki fitur automatic document feeder. Beberapa scanner tipe terbaru memiliki fasilitas ini, seperti ScanSnap ix500 dan Brother ADS-2500W. Tumpukan maksimal yang dapat dibebankan pada 1 scanner ini bisa sebesar 50 dokumen dalam satu waktu. Dengan adanya automatic feeder, waktu dan beban pekerjaan lebih ringan.

panduan memilih scanner
Contoh teknologi automatic feeder

Duplexing

Beberapa scanner memiliki fitur duplexing. Fitur ini mampu membuat anda membaca 2 sisi dari satu halaman secara bersamaan. jadi ketika sebuah scanner memiliki kecepatan melakukan scan sebesar 20 halaman per menit, dengan fitur ini ada bisa menangkap 40 halaman per menit. Banyak scanner yang memiliki fitur duplexing dilengkapi dengan kemampuan untuk menghapus blank page. Dengan adanya fitur ini, ada bisa mempercepat kemampuan scanning anda.

panduan memilih scanner
Teknologi duplexing pada scanner

Resolusi

Photo scanner mampu mendapatkan hasil scan dengan resolusi yang cukup tinggi yaitu sekitar 6400 dpi atau lebih, fitur ini membantu anda untuk melakukan scanning dokumen yang memiliki banyak gambar seperti poster atau brosur. Sebuah document scanner tidak membutuhkan resolusi yang tinggi, cukup sekitar 300 dpi sudah bagus untuk menangkap karakter seperti huruf dan nomer. Anda tidak disarankan untuk melakukan scanning pada foto dengan menggunakan document scanner karena hasilnya tidak begitu maksimal.

Konektifitas

Kebanyakan document scanner bisa terhubung dengan menggunakan USB ke PC anda. Sekarang banyak scanner yang mampu terhubung dengan PC anda menggunakan Wi-Fi. Dengan konektifitas Wi-Fi tentunya akan memudahkan anda untuk melakukan hardware sharing dikantor atau rumah anda.

Mudah dibawa (Portability)

Beberapa scanner didesain dengan kemampuan untuk bisa dibawa kemanapun. Mereka cukup kecil agar bisa masuk kedalam backpack atau koper anda setelahnya anda dapat menghubungkannya dengan menggunakan USB atau beberapa dilengkapi dengan baterai. Selain baterai kini scanner juga dilengkapi dengan on-board memory, dimana fasilitas ini dapat membantu anda untuk menyimpan hasil scan ketika tidak ada PC atau laptop. Namun kebanyakan scanner dengan tipe ini tidak didukung dengan kemampuan scanning yang tinggi.

Scan to cloud

Fungsi utama scanner adalah membuat dokumen yang anda scan bisa menjadi file digital yang berada pada komputer anda. Trend scanner saat ini adalah yang memiliki kemampuan untuk melakukan upload pada cloud storage seperti Dropbox, Google Drive atau One Drive.

panduan memilih scanner
Teknologi scan to cloud pada scanner

Panduan membeli scanner

Setelah mengetahi berbagai tipe scanner, lalu mengetahui beberapa fitur scanner, sekarang saat nya anda untuk menentukan scanner yang tepat bagi anda. Beberapa penjelasan dibawah ini dapat membantu anda untuk memilih scanner yang tepat.

Dokumen apa yang akan anda scan?

mengetahui dokumen apa yang akan anda scan dan seberapa sering anda menggunakannya akan mampu menentukan spesifikasi dan fitur scanner yang anda butuhkan. Kebanyakan user memilih scanner dengan penggunaan untuk scanning foto atau dokumen, namun saat ini ada beberapa kemungkinan juga seperti melakukan scanning untuk buku, kartu bisnis, negatif film, atau majalah. Beberapa scanner juga mampu untuk melakukan scanning pada objek 3D seperti koin atau bunga. Selain itu, anda dapat mempertimbangkan detail dokumen yang akan ada scan seperti ukuran maksimum dari dokumen anda atau anda membutuhkan scanning terhadap 2 sisi sekaligus pada satu halaman.

Apakah anda membutuhkan scanner Flatbed?

Anda membutuhkan sebuah scanner flatbed jika anda ingin menggunakannya untuk melakukan scanning terhaap beberapa foto atau dokumen yang telah rusak, objek yang tersambung, dan objek 3D. Jika anda membutuhkan scanner yang memiliki kemampuan untuk melakukan scanning objek 3D, anda harus mengeluarkan lebih banyak biaya lagi.

Perlu diperhatikan ketika melakukan scanning terhadap foto atau prangko dengan kuantitas yang tinggi, anda bisa mempertimbangkan membeli scanner yang memiliki fitur automatic feeder. Namun perlu diperhatikan bahwa fitur in juga mampu merusak foto asli anda. Anda bisa menambahkan sebuah plastik yang memiliki opacity yang terang bahkan cenderung bening.

Apakah anda membutuhkan fitur Automatic Document Feeder?

Jika anda melakukan scan dokumen secara reguler setiap harinya, maka pertimbangkan memilih scanner sheet feeder. Scanner jenis ini memiliki fitur automatic feeder yang mampu membantu meringankan pekerjaan anda dan memangkas waktu kerja anda. Anda tentu tidak ingin membolak-balik dokumen satu per satu untuk melakukan scanning dokumen yang banyak, hal tersebut memakan banyak waktu dan tenaga anda, sehingga kinerja kantor anda tidak cukup efisien.

Butuhkah anda dengan fasilitas Duplex?

Duplexing berarti melakukan scanning terhadap kedua sisi halaman pada waktu yang bersamaan. jika pekerjaan anda memerlukan fitur automatic document feeder dan disisi lain anda membutuhkan teknologi duplexing juga. Anda dapat membeli sebuah scanner yang memiliki kemampuan dan fitur keduanya. Namun yang pasti harganya juga cukup tinggi.

Atau anda bisa membeli sebuah scanner yang memiliki kemampuan duplexing ADF, scanner duplexing adf ini hanya mampu melakukan scanning terhadap 1 bagian sisi halaman lalu memutarnya menuju bagian yang lainnya. Scanner jenis ini jauh lebih murah dan bisa dijadikan pilihan bagi anda yang pekerjaanya membutuhkan hal diatas.

Seberapa besar resolusi yang anda butuhkan?

Untuk kebanyakan hardware scanning, resolusi bukanlah menjadi masalah yang besar. Untuk dokumen bisa anda gunakan scanner yang memiliki resolusi sebesar 200 pixel-per-inc (ppi), namun anda juga bisa mempertimbangkan scanner yang memiliki ppi sebesar 300, semakin besar resolusi maka semakin bagus pula hasilnya.

Namun pada beberapa tahun ini sangat jarang kita menemukan scanner yang memiliki resolusi dibawah 600 ppi. Untuk penggunaan scanning foto, anda bisa menggunakan scanner dengan resolusi ini.

Untuk beberapa kasus, kita benar-benar membutuhkan resolusi yang cukup tinggi. Jika anda kesehariannya digunakan untuk scanning 35-mm foto negatif, anda bisa mempertimbangkan untuk memilih scanner yang memiliki resolusi yang cukup tinggi. Mengapa? Karena foto negative tidak memiliki resolusi yang tinggi sehingga jika dijadikan file digital dibutuhkan sebuah scanner yang memiliki resolusi yang tinggi. Scanner dengan resolusi sebesar 4.800 ppi akan mampu membantu anda.

Sebagai catatan, anda tidak perlu bingung dengan tingginya resolusi yang ditawarkan. Jika anda tidak akan mencetak sebuah dokumen dengan ukuran yang besar. Maka jangan khawatir, ukuran 600 ppi dan 4800 ppi bahkan tidak terlihat bedanya jika hanya dicetak dikertas yang berukuran 20R.

Seberapa besar dokumen yang akan anda cetak?

Memilih scanner yang mampu menangani ukuran dari dokumen anda merupakan poin yang tak kalah penting. Akan sangat disayangkan jika ukuran kertas yang anda gunakan sehari-hari tidak terakomodasi dengan scanner anda. Faktor ini mungkin relatif kecil, namun jika anda tidak memperhatikannya anda hanya akan membuang-buang uang/memperbanyak pengeluaran. Sebagai contohnya, ketika anda akan banyak menggunakan kertas-ketas dokumen kantor seperti A4, letter, F4 atau plain paper lainnya anda bisa menggunakan scanner-scanner bertipe flatbed, atau jika anda membutuhkannya untuk scanning diluar kantor, anda bisa menggunakan portable scanner atau handheld scanner. Lalu bagaimana jika kebutuhan anda lebih dari sekedar kertas plain paper? Anda bisa membeli scanner bertipe shetfed, selain kegunaannya yang mampu mendigitalisasi dokumen fax yang masuk, scanner ini memiliki kemampuan untuk scanning dokumen A3. Namun, jika dokumen yang ingin anda scan lebih besar dari dokumen A3 maka anda bisa menggunakan scanner bertipe Drum Scanner. Tentunya, selain dokumen-dokumen biasa, ada beberapa dokumen spesifik seperti kartu nama / kartu bisnis, foto, dan barcode penjualan yang bisa di scan dengan menggunakan scanner masing-masing. untuk kartu nama / bisnis, bisa menggunakan scanner bertipe Business Card Scanner, untuk foto bisa menggunakan Photo Scanner dan untuk barcode penjualan biasanya menggunakan Handheld Scanner.

Kesimpulan

Jika melihat berbagai keterangan diatas dapat kita simpulkan jika inti dari memilih sebuah scanner, yaitu:

  • Mengetahui tipe pekerjaan anda secara detail
  • Mengetahui intensitas pemakaian anda dengan tepat
  • Mengetahui budget pembelian anda dengan baik

Mengapa poin kesimpulan hanya ada 3 poin, ini dia penjelasannya.

Mengetahui tipe pekerjaan anda secara detail, tanpa anda mengetahui jenis dan tipe pekerjaan anda secara detail, kedepannya anda akan disulitkan dari berbagai variasi pekerjaan yang nantinya malah tidak bisa terakomodasi oleh scanner yang telah anda beli atau disisi lain anda membeli sebuah scanner yang fiturnya bisa jadi tidak pernah anda gunakan, hanya menjadi pajangan saat dirumah atau dikantor.

Mengetahui intensitas pemakaian anda dengan tepat, setiap scanner atau apapun hardware pasti memiliki masa hidup (lifetime) yang terbatas, jika penggunaan anda nantinya diatas masa hidup dari scanner tersebut maka secara tidak langsung anda telah merusak scanner secara perlaha-lahan. oleh karena itu, mengetahui scanner yang tepat akan menjadikan pekerjaan anda lebih efisien dan ekonomis karena anda tidak perlu mengganti scanner tersebut.

Mengetahui budget pembelian anda dengan baik, kita setuju jika dana yang kita miliki cukup terbatas, bahkan untuk sebuah perusahaan besar sekalipun dana yang dimiliki pasti terbatas. Dengan dana yang terbatas tentunya kita tidak mau asal memilih, apalagi jika terjadi kerusakan dalam jangka waktu yang pendek tidak akan ada lagi dana untuk membeli scanner yang baru. So, pilihlah scanner yang memiliki fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan anda tapi juga sesuai dengan dana yang anda punya, atau pilihlah scanner yang setidaknya kemampuannya mendekati kebutuhan anda.

Jika anda bisa menyimpulkan ketiga hal diatas, maka bisa dipastikan anda akan mendapatkan scanner yang tepat untuk kebutuhan. Panduan memilih scanner ini hanya menjelaskan menentukan scanner dari berbagai kebutuhan, tidak hanya satu kebutuhan saja.

 

Leave a Response