close

Smart Mark Reader: Teknologi Untuk Koreksi & Analisa LJK

smrSaat ini penggunaan LJK (Lembar Jawaban Kertas) pada setiap ujian baik itu ujian nasional maupun ujian sekolah sudah sangat umum. Siswa diharuskan untuk mengarsir sesuai blok pilihan jawaban yang tersedia. Namun, apakah anda tahu teknologi apa yang digunakan dibalik sistem koreksi yang cukup berkembang ini? Sistem koreksi yang digunakan oleh pihak sekolah atau pemerintah ini bernama SMR (Smart Mark Reader). SMR merupakan teknologi yang menggabungkan penerapan teknologi computer graphic dan image recognition.

Overview

Smart Mark Reader (SMR), merupakan sebuah software yang digunakan untuk keperluan menjawab kebutuhan teknologi yang mampu mempermudah memasukan data tanpa melalui proses yang cukup rumit, dan hanya dilakukan dengan mudah menggunakan teknologi scanning, seperti untuk keperluan ujian seleksi masuk mahasiswa, perekrutan pegawai, pengolahan data kuesioner, bahkan hingga penilaian prestasi kerja karyawan. SMR masih diminati oleh banyak instansi pendidikan baik itu swasta maupun negeri.

Penerapan teknologi Grayscale Processing, Auto Sensitivity, Real Time Buffering, Auto Sort Priority in Data Insertion, Data Verification, Nearest Identity Suggestion mampu memberikan data yang sangat valid dan terverifikasi dengan baik, meski tak jarang ditemukan kesalahan pengisian lembar jawaban, seperti identitas salah, jawaban kosong dan ganda, ataupun pensil tipis.

Beberapa keistimewaan SMR dibandingkan dengan scanner LJK lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Pembuatan LJK secara independen, artinya pihak instansi dapat merancang sendiri desain lembar jawaban dalam format kertas A4 atau ½ A4. LJK dapat perbanyak dengan cara di fotokopi biasa.
  2. Menggunakan mesin scanner yang dapat menarik sendiri (ADF Scanner) kertas LJK.
  3. Anda dapat menggunakan pensil, spidol atau ballpoint untuk mengisi lembar jawaban.
  4. Dapat diintegrasikan dengan sistem Academic-2000 sehingga hasil ujian langsung di proses.
  5. Dokumentasi hasil scan dalam sangat simple, yaitu berada dalam bentuk gambar, yang bisa dibuka kapanpun dan dimanapun.
  6. Dapat digunakan sebagai media input data siswa.

Keunggulan penggunaan SMR

Smart Mark Reader (SMR) adalah perangkat lunak yang menawarkan solusi penilaian secara digital dengan tingkat kesuksesan hampir mencapai 90%, fiturnya yang cukup fleksibel membuat software ini pantas dimiliki oleh setiap institusi yang membutuhkan solusi penilaian kinerja. Bila dibandingkan dengan Optical Mark Reader (OMR) – sistem yang memiliki kegunaan yang sama, namun teknologi yang berbeda, sistem SMR jauh lebih baik, karena lebih unggul dalam sisi teknologi.

Berikut beberapa kelebihan dari software SMR

1. Tidak harus menggunakan pensil 2B

SMR memiliki keunggulan fitur yang cukup fleksibel. Software ini dapat melakukan deteksi dari jawaban yang telah diisi dengan menggunakan pensil, pena maupun spidol. Bagaimana jika kesalahan pengisian terjadi? Kesalahan pengisian itu merupakan hal yang cukup wajar. Para pengguna LJK tidak perlu bingung untuk mengganti jawaban mereka yang salah. Mereka dapat menggunakan alat yang cukup praktis seperti cairan correction pen atau yang biasa kita sebut dengan Tip-Ex.

2. Kita bisa merancang lembar jawaban sendiri

SMR mampu membuat rancangan lembar jawabannya sendiri. Untuk merancang lembar jawabannya pun juga cukup mudah dan memungkinkan untuk bisa anda rancang sendiri. Dengan fasilitas “drag & drop” dan juga fasilitas “copy & paste”. Kita bisa mencetak lembar jawaban dengan menggunakan printer kita sendiri, tanpa fungsi khusus. Selain itu, kita bisa memperbanyak lembar jawaban yang kita cetak dengan mesin fotokopi, hal tersebut tentunya berdampak dengan pengeluaran kita, bukankah cara tersebut membuat pengeluaran kita menjadi lebih efisien? Kertas yang digunakan dapat berukuran A4 maupun setengah A4.

3. Berbagai jenis Scanner Auto Feeder bisa dimanfaatkan

Ini dia salah satu fitur yang menghemat pengeluarana anda, anda tidak perlu membeli sebuah scanner yang memiliki fitur khusus untuk melakukan penilaian. Kejadian tersebut bisa menjadi hal yang bagus untuk anda. Bahkan anda bisa menggunakan scanner biasa untuk melakukan scanning terhadap lembar jawaban, namun akan sangat tidak efisien ketika anda harus melakukan scan untuk ratusan atau bahkan ribuan kertas secara satu per satu.

Anda dianjurkan menggunakan scanner yang memiliki fitur ADF (Automatic Document Feeder) yang mampu menarik kertas pada paper tray secara otomatis.

4. Hasil scanning berupa gambar

Tentunya anda tidak perlu repot-repot menyimpan dokumen hasil scan, karena hasil scan ini bisa berupa gambar yang ukurannya tidak terlalu besar bahkan tergolong kecil. Software SMR telah menyediakan fitur ini untuk mempermudah kinerja anda dan efisiensi kerja anda.

Cara kerja software SMR

Ada 7 tahap yang harus dipenuhi untuk melakukan implementasi dari sistem Smart Mark Reader (SMR), berikut langkahnya:

Syarat utama

  1. Terlebih dahulu anda harus memasangkan scanner pada komputer yang ada.
  2. Setelah memasang scanner yang ada, anda bisa melakukan instalasi software SMR dan USB Drive yang telah menjadi satu dengan paket penjualan software SMR.

PEMBUATAN LEMBAR JAWABAN

  1. Buat rancangan lembar jawaban dengan aplikasi SMR (Smart Mark Reader). Penggunaannya sederhana, tak ada yang perlu dikuatirkan. Tempat dan tanggal pelaksanaan ujian bahkan dapat disertakan pada rancangan lembar jawaban.
  2. Cetak lembar jawaban dan perbanyak dengan printer maupun mesin fotokopi (menggunakan kertas berukuran A4 atau setengah A4). Kertas hasil perbanyakan kini dapat digunakan sebagai lembar jawaban.

PEMROSESAN LJK

  1. Ketika pelaksanaan ujian selesai dan lembar jawaban yang telah diisi terkumpul, Anda dapat memulai scanning dan ekstraksi lembar jawaban dengan menggunakan aplikasi SMR. Perlu Anda ketahui bahwa kecepatan proses scanning sangat bergantung pada kemampuan perangkat keras scanner yang Anda gunakan.
  2. Anda dapat membuat kunci jawaban dengan dua cara:
  3. menggunakan kertas sebagaimana pengisian lembar jawaban lalu menyertakannya pada proses scanning
  4. membuat kunci jawaban dengan menggunakan fasilitas yang terdapat pada aplikasi SMR.
  1. Pada akhirnya Anda akan mendapatkan nilai peserta ujian sesuai dengan aturan penilaian yang Anda tentukan. Nilai tersebut dapat dicetak atau diolah lebih lanjut sebelum diumumkan kepada peserta ujian.

Fitur lainnya

Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tambahan menyangkut scanning dan ekstraksi lembar jawaban serta pemrosesan nilai ujian, SMR menyediakan beberapa fitur tambahan sebagai berikut:

  • Fasilitas Membalikan Gambar Secara Otomatis

Fasilitas yang dapat membalikkan (gambar) lembar jawaban secara otomatis, sangat bermanfaat saat terjadi paper jam

  • Pengaturan Sensitifitas

Fasilitas pengaturan sensitivitas sehingga hasil penilaian yang diperoleh benar-benar akurat

  • Fasilitas Bantuan Edit Jawaban

Fasilitas yang memungkinkan modifikasi terhadap lembar jawaban berkasus sesuai kebijakan yang berlaku, berupa fasilitas bantuan penghitaman dan pemutihan jawaban untuk penanganan kasus khusus

  • Fasilitas Koreksi Jawaban Ganda

Fasilitas pengaturan hukuman bagi jawaban ganda, dapat diperlakukan sebagai jawaban yang kosong atau dianggap sebagai jawaban yang salah

  • Fasilitas Penyaringan Data

Fasilitas yang memungkinkan Anda untuk menampilkan data yang telah tersaring berdasarkan kriteria tertentu

  • Fasilitas Export Data

Fasilitas ini diadakan dengan tujuan memperoleh portabilitas data. Dengan fasilitas ini hasil penilaian dengan SMR dapat disajikan ke dalam format TXT, XLS atau koneksi melalui ODBC sehingga memudahkan proses migrasi datake aplikasi lainnya.

  • Fasilitas Beragam Mode Soal

Fasilitas ini memungkinkan pelaksanaan ujian yang menggunakan beragam kode soal. Akibat beragamnya kode soal, maka banyaknya kunci jawaban adalah sejumlah kode soal yang ada.

Leave a Response