close
Tips & Trick

Local Disk C Penuh, Begini Cara Mengatasinya

Local Disk C Penuh

Local Disk C Penuh Drive C: merupakan Local Disk yang paling sering digunakan untuk menyimpan data-data sistem. Karena memang secara default, umumnya sistem akan langsung terpasang ke drive ini. Penggunaan drive C: sebagai tempat penyimpanan sistem juga sudah biasa dilakukan sejak zamannya Windows XP dulu, dan terus hingga Windows 10 saat ini.

Nah masalah yang sering dihadapi oleh pengguna Windows adalah Local Disk C mereka yang sering penuh setelah sekian lama digunakan. Pada artikel kali ini anugrahpratamacom akan berikan solusi untuk membersihkan Local Disk C yang penuh di WIndows 10 tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Penyebab Local Disk C Cepat Penuh

Local Disk C menjadi penuh disebabkan karena menumpuknya temporary files, caches, logs, leftover dari aplikasi yang sudah dihapus, browser cookies, dan berbagia jenis file sampah lainnya.

Pembagian partisi hard disk untuk Local Disk C yang terlalu kecil juga menjadi alasan utama yang membuatnya cepat penuh. Windows 10 sendiri dalam keadaan fresh install + update bisa memakan 30-50 GB bayangkan berapa lama hingga drive C Sobat penuh jika kapasitasnya kurang dari 100 GB.

Berbeda dengan Windows 7 yang memakan lebih sedikit ruang penyimpanan, tapi karena sekarang sudah tidak disupport oleh Microsoft banyak orang yang mulai meninggalkannya.

Baca juga : Penyebab Utama Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Cara membersihkan Local Disk C yang penuh di Windows 10 tanpa aplikasi

1. Masuk ke Settings

Langkah pertama kita harus masuk ke menu Settings Windows 10, caranya klik pada tombol Start lalu klik tombol Settings (icon gear).

2. Pilih menu System

Selanjutnya setelah masuk ke Settings temukan menu bernama System lalu klik satu kali untuk masuk.

Atasi Local Disk C Penuh

3. Pilih menu Storage, Perhatikan pada Local Disk (C:)

Lihat pada bagian Local Disk (C:), di bawahnya akan terlihat keterangan berapa besar ruang hard disk yang terpakai untuk aplikasi, file, musik, dan temporary files.

Fokus kita yang pertama adalah membersihkan file system yang sudah tidak lagi dibutuhkan, file ini letaknya pada bagian Temporary files.

Atasi Local Disk C Penuh

4. Klik Temporary files untuk membersihkan drive C

Untuk membersihkan drive C yang penuh, klik pada menu Temporary files. Sobat akan dibawa pada jendela cleaner. Windows akan melakukan scanning secara otomatis, tunggu saja hingga prosesnya selesai.

5. Tentukan file sampah yang ingin dibersihkan

Setelah proses scan selesai Anda akan melihat daftar file yang bisa dibersihkan, ukuran temporary files ini lumayan besar apalagi setelah melakukan update Windows.

Centang jenis file mana saja yang ingin dihapus setelah itu klik tombol Remove files.

6. Hapus aplikasi dan file berukuran besar yang tidak digunakan

Selain membersihkan temporary files kita juga bisa mendapatkan ruang kosong baru pada Local Disk C dengan menghapus aplikasi dan file berukuran besar yang sudah tidak pernah digunakan lagi.

File-file yang bertumpuk di folder Download juga sering kali membuat Local Disk C cepat penuh, untuk mengatasinya file ini harus dibersihkan.

Kembali ke menu Storage dan perhatikan pada bagian Local Disk (C:).

Klik pada bagian App & features. Di sana akan terlihat semua program yang terinstall di Windows 10 lengkap dengan keterangan kapasitas filenya.

Temukan program-program yang ukurannya besar dan jarang digunakan lalu uninstall program tersebut. Caranya dengan klik satu kali lalu klik tombol Uninstall. Ulangi langkah ini untuk program-program lainnya.

Saat melakuan uninstall sebuah aplikasi terkadang masih ada file sisa yang masih tersimpan di drive C. File yang sering disebut dengan nama “leftover files” ini tidak akan terhapus dengan sendirinya melainkan kita membersihkannya. Bila tidak dibersihkan leftover files inilah yang sering menyebabkan drive C menjadi cepat penuh, bahkan kadang-kadang menyebabkan Microsoft Store tidak bisa dibuka.

Untuk mencegah agar drive C tidak cepat penuh karena leftover files sisa dari aplikasi yang sudah dihapus, maka kita harus melakukan uninstall hingga bersih tanpa sisa. Untuk melakukan hal tersebut kita bisa menggunakan aplikasi RevoUninstaller.

Aplikasi RevoUninstaller ini bisa digunakan untuk menghapus program hingga bersih ke akar-akarnya, sehingga memastikan tidak ada file yang tersisa.

Demikianlah cara Atasi Local Disk C yang Penuh di Windows 10, selamat mencoba. Jika Sobat masih mengalami kesulitan silakan berkomentar di bawah.