Tes Kecepatan Internet Pakai Cara-Cara Ini!Ilustrasi: freepik.com

anugrahpratama.com – Hai, sobat AP Kesulitan dengan koneksi internet yang lemot? Jangan khawatir, sobat AP tidak sendirian. Saatnya tes kecepatan internet pakai cara-cara super gampang yang bakal kita bahas di sini!

Jadi, siap-siap buat ngecek seberapa gesit internet sobat AP. Yuk, kita mulai!

Tes Kecepatan Internet Di Beberapa Negara

@anugrahpratamacom

Solusi biar wifi dirumah gak lemot dan putus nyambung saat asik scroll tiktok 😁 #wifiextender #xiaomiextender #wifimurah

♬ Feather – Sped Up – Sabrina Carpenter

Sebelum masuk ke cara-cara tes kecepatan, kita intip dulu sejenak bagaimana kecepatan internet di beberapa negara. Misalnya, di Jepang, kecepatan internet serasa kilat, membuat kita iri sekaligus pengin pindah ke sana.

Sebaliknya, di negara A, seringkali kita harus bersabar menunggu loading. Namun, jangan terlalu bersedih, karena kita punya cara untuk meningkatkan kecepatan internet kita sendiri!

Sementara itu, menurut laporan Speedtest Global Index dari Ookla, pada Januari 2022 berikut merupakan rata-rata kecepatan internet di beberapa negara, termasuk Indonesia:

1. Singapura: 273.55 Mbps

2. Hong Kong: 248.50 Mbps

3. Denmark: 217.26 Mbps

4. Swiss: 214.74 Mbps

5. Indonesia: 38.52 Mbps

Dari data di atas, bisa kita simpulkan bahwa kecepatan Internet di Indonesia masih tertinggal dari negara tetangga kita singapura. Padahal negara dengan luas 721,5 KM persegi itu tak memiliki penduduk yang besar jumlahnya seperti Indonesia, namun inilah fakta yang sebenarnya tentang perbandingan kecepatan internet dua negara di Asean ini.

Baca juga: Internet Kamu Lemot? Begini Solusinya

Begini Cara Tes Kecepatan Internet

Ilustrasi: freepik.com

Udah siap-siap belum? Nah, sekarang kita masuk ke inti artikel, yaitu cara tes kecepatan internet. Ada beberapa situs yang bisa sobat AP coba, lho!

Xfinity

Coba buka situs speedtest.xfinity.com/. Di halaman utama, klik ‘Start Test’. Tunggu sebentar, dan hasil tes speed WiFi sobat AP muncul. Xfinity juga bakal kasih saran sesuai kecepatan internetmu, jadi sobat AP tahu harus ngapain selanjutnya.

Speedtest by Ookla             

Yang kedua ada Speedtest by Ookla. Sobat AP cukup buka situs www.speedtest.net/id. Di halaman utama, klik ‘Mulai’ atau ‘Go’. Tunggu sebentar, dan hasil tes speed WiFi akan tampil dengan cepat.

MyRepublic

   Selanjutnya sobat AP bisa pakai MyRepublic. Buka situs www.myrepublic.co.id/speed-test. Klik ‘Go’ dan tunggu sebentar sampai hasil tes speed WiFi muncul. Gampang banget, kan?

Speedcheck.org                      

   Selanjutnya, buka situs www.speedcheck.org/id/. Klik ‘Start Test’ dan saksikan hasil tes speed WiFi sobat AP muncul dalam hitungan detik.

Fast by Netflix

   Yang terakhir ada Fast by Netflix. Sobat AP cukup buka situs fast.com/id/#. Fast.com bakal mengecek kecepatan internet secara otomatis. Tunggu sebentar, dan hasil tes speed WiFi sobat AP langsung keluar.

Penutup

Nah, gimana? Gampang banget, kan? Dengan cara ini, sobat AP bisa memastikan kecepatan internetmu dan meningkatkannya jika perlu.

Jangan lupa, untuk memaksimalkan kecepatan, router juga perlu diperhatikan. Cek koleksi router terbaik di anugrahpratama.com, tempatnya perangkat networking terpercaya!

Baca juga: Rekomendasi WiFi Portable dan Harga Terbarunya

Kesimpulannya, tes kecepatan internet itu penting, tapi meningkatkannya juga nggak kalah penting ya sobat AP. Jadi, selamat mencoba dan nikmati internet yang super gesit!

Anugrahpratama.com
Klampis Jaya 29E, Surabaya 60117
Jawa Timur – Indonesia

Telepon: 031-33601117
Whatsapp: 08113127777

Leave a Reply