close
Cek VGA Laptop di Windows 10 dan 11
Sumber: pixabay.com

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari laptop ideal sesuai dengan kebutuhan sehari-hari, ada beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda. Karenanya, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui berbagai tips memilih laptop di tahun 2022.

Artikel berikut akan membahas beberapa hal terkait tips memilih laptop yang dapat menjadi rekomendasi pilihan bagi Anda. Untuk informasi dan penjelasan lengkapnya dapat Anda simak pada ulasan berikut. 

1. Tahu Jenis Laptop Yang Sudah Ada Di Pasaran

Tips memilih laptop yang perlu Anda perhatikan adalah mengetahui jenis laptop yang ada di berbagai marketplace. Beberapa tipe laptop yang umum ada di pasaran di antaranya adalah sebagai berikut.

Notebook

notebook

Notebook merupakan variasi dari laptop yang tersedia dengan pilihan hardware beragam, ukuran yang tidak terlalu tebal, banyak varian ukuran layar, dan memiliki kisaran harga yang lebih terjangkau. 

Laptop Gaming 

Laptop ini khusus digunakan untuk berbagai kegiatan gaming yang membutuhkan performa dan spesifikasi lebih tinggi dibandingkan laptop biasa pada umumnya.

Ultrabook 

Ultrabook merupakan pilihan laptop lain yang dapat menjadi rekomendasi pilihan Anda. Jenis laptop ini memiliki materi casing premium, spesifikasi nyaman, dan sesuai untuk digunakan bagi Anda yang membutuhkan mobilitas tinggi.

Chromebook

SPC Chromebook

Chromebook memiliki bentuk dan spesifikasi yang hampir sama dengan laptop namun dilengkapi dengan Chrome OS dari Google.

Macbook

Memilih antara MacBook, MacBook Air atau MacBook Pro

MacBook merupkan laptop khusus yang dibuat oleh Apple dan umumnya dijual dengan harga yang lebih mahal. Selain itu, kualitas MacBook juga sama seperti Ultrabook dengan opsi yang lebih tinggi.

Convertible (Laptop 2-in-1

Laptop convertible memiliki spesifikasi yang hampir sama seperti laptop pada umumnya. Perbedaannya terletak pada fungsi layar yang dapat disesuaikan oleh pengguna.

2. Tahu Tentang Kelas Laptop Yang Dibawa

Anda juga perlu mengetahui bahwa laptop juga memiliki kelas yang berbeda dilihat dari harga jualnya. Misalnya, laptop entry level biasanya dibuat bagi mereka yang memiliki budget terbatas dengan harga jual di bawah 7 juta. Pada jenis laptop ini, spesifikasi yang ditawarkan cukup terbatas.

Kemudian, ada laptop dengan mid-range yang lebih memiliki fitur ekstra dengan opsi kasual atau sedikit menuntut. Misalnya kualitas layar lebih baik, tambahan port USB yang lebih baik, dan lain sebagainya. 

Terakhir, pilihan high end yang idealnya banyak dilirik orang-orang yang mementingkan tenaga tinggi, efisiensi atau fitur yang lebih mewah seperti materi chasis premium, serta layar dengan resolusi lebih besar atau opsi hardware yang lebih powerful.

3. Tahu Tipe Prosesor Yang Dibawa

Untuk memilih laptop, Anda juga perlu mengetahui tipe prosesor yang laptop Anda miliki. Seperti contoh spesifikasi Intel Core i5. Perhatikan seri penamaan kode belakangnya. Seri U maupun H dapat memiliki performa yang berbeda. 

Seri U cenderung efisien karena mementingkan performa baterai yang mampu bertahan lama. Sedangkan seri H lebih mementingkan performa yang membutuhkan spesifikasi lebih besar. Biasanya laptop dengan seri H ini dapat ditemukan di opsi laptop gaming.

4. Spesifikasi yang Sesuai

Sebelum memilih laptop, ada baiknya bagi Anda untuk turut mempertimbangkan spesifikasi yang sesuai. Bagi Anda mahasiswa yang menempuh jurusan yang berkaitan dengan aplikasi multimedia, spesifikasi laptop dengan processor intel core i5, atau core i3 dengan penunjang RAM 4GB dan VGA NVIDIA minimal 2GB, dapat menjadi pilihan yang sesuai.

Sedangkan, bagi mahasiswa non-multimedia seperti jurusan ekonomi dan pendidikan, yang kerap bergelut aplikasi presentasi, tabulasi, hingga tugas makalah tentu membutuhkan spesifikasi laptop yang berbeda. Karenanya, Anda dapat menggunakan laptop dengan spesifikasi dual core atau core i3 dengan RAM 4 GB.

5. Laptop Layak Multitasking

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan untuk mengerjakan berbagai tugas dalam satu waktu di satu perangkat yang sama, ada baiknya bagi Anda untuk memilih laptop multitasking. Laptop multitasking. Laptop ini dapat menunjang aktivitas Anda untuk menjalankan aplikasi photoshop, coreldraw, hingga adobe after effect secara bersamaan.

Demikian beberapa penjelasan mengenai tips memilih laptop di tahun 2022 yang dapat menjadi rekomendasi bagi Anda. Semoga artikel tersebut dapat membantu.

Setelah mengetahui tips memilih laptop di tahun 2022, yuk temukan rekomendasi laptop terbaik dari kami. Silahkan cek katalog anugrahpratama.com untuk mendapatkan laptop terbaik sesuai kebutuhanmu.