WiFi 7 dan Windows 10 Tidak Kompatibel? Begini Faktanya

anugrahpratama – Halo sobat AP, kali ini kita akan membahsa salah satu rumor yang sedang kencang beredar di Tengah Masyarakat. Rumor itu adalah jaringan WiFi 7 dan Windows 10 yang tidak akan bisa saling mendukung untuk penggunanya.

Jaringan nirkabel baru Bernama IEE 802.11be atau yang lebih dikenal dengan sebutan WiFi 7 munculo setelah jaringan WiFi 6 dan WiFi 6E. Beredar rumor bahwa jaringan baru ini kemungkinan tidak akan bisa disupport oleh Windows 10.

Rumor ini ditengarai berasal dari Perusahaan intel yang mengatakan bahwa tidak semua sistem operasi komputer akan kompatibel dengan jaringan WiFi 7. Padahal jaringan baru ini diakui memiliki kecepatan hingga 46 Gbps atau setara dengan 46.Mbps.

Dalam informasi itu disebutkan bahwa sistem operasi komputer seperti Windows 11, ChromeOS hingga Linux dapat didukung oleh WiFi 7, namun tidak untuk Windows 10. Apalagi dalam daftar yang disebutkan tidak ada nama Windows 10 di dalamnya.

Hal ini lantas menimbulkan pertanyaan bagi para pengguna, mengapa hal ini dilakukan? Tentu salah satu opini yang dapat dipertimbangkan adalah Microsoft selaku pemilik lisensi Windows sedang mendorong Masyarakat atau penggunanya untuk “bermigrasi” dari windows 10 ke windows 11.

Microsoft bahkan memberi penawaran khusus, yakni pembaruan secara gratis dari windows 10 ke 11 untuk pengguna berlisensi. Guna merealisasikan rencana Microsoft itu, mereka membuat dukungan untuk windows 10 ini akan berakhir pada akhir 2025 mendatang.

Itu artinya, bagi sistem operasi berusia 8 tahun akan mendapatkan pembaruan keamanan saja. Setali tiga uang, Intel yang merupakan produsen WiFi 7 dikabarkan terpengaruh akan hal ini.

Intel Akui Ada Dampak Atas Rumor Wifi 7 Dan Windows 10 Tidak Kompatibel

Intel Akui Ada Dampak Atas Rumor Wifi 7 Dan Windows 10 Tidak Kompatibel
Sumber foto: freepik.com

Perusahaan Intel, yang merupakan produsen WiFi 7 card bernama BE200 (GaP2) dan BE202 (MeP2), juga terpengaruh oleh situasi ini. Dari rumor yang beredar tersebut dikatakan bahwa kartu WiFi7 ini terdapat kecepatan transfer data tertentu.

Alhasil, apabila rumor ini benar maka driver yang diperlukan untuk kedua kartu WiFi 7 dari Intel mungkin tidak akan tersedia untuk sistem operasi Windows 10. Menarik untuk dinantikan nih sobat AP.

Bagaimana  WiFi 7 Itu?

Bagaimana  WiFi 7 Itu?
Sumber foto: freepik.com

WiFi 7 merupakan cikal bakal dari salah satu fitur unggulan dalam Core Ultra, platform terbary Intel. Pada generasi pertama prosesor yang disebut Meteor Lake, dikabarkan mempunyai dukungan untuk WiFi 7.

Dikutip dari WCCFtech, Meteor Lake ini diperkirakan bakal debut pada laptop-laptop baru akhir tahun 2023. Bukan hanya itu, bagi para korporat yang menciptakan motherboard untuk PC juga telah me-launching produk terbaru mereka yang memanfaatkan chipset Z790 dengan support WiFi 7.

Anugrahpratama.com
Klampis Jaya 29E, Surabaya 60117
Jawa Timur – Indonesia

Telepon: 031-33601117
Whatsapp: 08113127777

Leave a Reply