close

9 Tips Menghindarkan PC Dari Panas Berlebih

tips menghindarkan komputer dari panas

tips menghindarkan komputer dari panas[Tips menghindarkan PC dari panas] – Komputer atau laptop terdiri dari beberapa komponen yang cukup kompleks, dan ketika sebuah komputer beroperasi, hampir seluruh komponen yang ada di dalam komputer bekerja. Akibatnya, komponen tersebut menghasilkan panas. Beberapa komponen seperti CPU dan VGA card bisa menjadi komponen yang menghasilkan panas cukup tinggi. Sayangnya, panas tersebut bisa berdampak buruk terhadap beberapa komponen PC anda. Komponen memiliki masa hidup (lifetime) tertentu, dan masa hidup dari perangkat tersebut akan semakin berkurang ketika komponen berada dalam keadaan temperatur yang cukup panas. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menghindarkan PC dari panas berlebihan? Pada artikel ini kami akan memberikan berbagai tips yang bisa anda lakukan untuk menghindarkan PC dari panas.

Overview

Ketika kita mendesain/merakit sebuah komputer, kebanyakan udara panas yang dihasilkan oleh PC di keluarkan dari casing komputer menggunakan kipas komputer. Jika kipas anda tidak menghilangkan udara panas dengan cepat, temperatur yang ada di dalam PC akan naik secara cepat pula. Hal tersebut berdampak buruk terhadap komponen PC, karena panas berlebihan bisa saja merusak komponen PC. Menjaga komputer PC anda tetap dingin, merupakan prioritas utama.

Dibawah ini kami akan memberikan 9 tips menghindarkan PC dari panas berlebih yang mungkin anda lakukan. Beberapa cara dibawah ini mungkin akan menambah biaya anda, namun perlu anda pertimbangkan untuk membeli beberapa part tambahan, karena biaya yang anda keluarkan akan lebih banyak jika komponen penting pada PC mengalami kerusakan.

Tips menghindarkan PC dari panas

1. Membiarkan sirkulasi udara tetap lancar

tips menghindarkan komputer dari panas
Membiarkan sirkulasi udara tetap lancar

Hal yang paling murah, mudah dan penting dalam menjaga komputer tetap dingin adalah membersihkan tempat sirkulasi udara dari gangguan-gangguan kecil seperti debu atau kabel yang menutupinya. Pastikan jika tempat sirkulasi udara tersebut tidak terhalang apapun, terutama tempat sirkulasi udara pada bagian belakang. Selain pada bagian belakang, anda seharusnya mempertimbangkan untuk memberikan tempat sirkulasi udara pada bagian samping sebesar 2 hingga 3 inci. Dengan begitu, sirkulasi udara pada komputer tidak terpusat pada bagian belakang saja dan juga membantu mempercepat pergantian udara panas yang ada di dalam PC.

Jika PC anda terletak di bawah meja dalam suatu ruangan, pastikan jika ruangan tersebut tetap terbuka. Sehingga sirkulasi udara dalam ruangan pun juga tetap terjaga. Jika anda menutup ruangan tersebut, maka udara panas pun juga akan tetap berada di dalam ruangan anda. Dan hal tersebut sangat tidak baik bagi kelangsungan komputer anda.

2. Membiarkan casing PC anda tetap tertutup

Salah satu tips menghindarkan PC dari panas yang cukup mudah adalah dengan membiarkan casing PC anda tetap tertutup. Beberapa pengguna komputer membiarkan PC milik mereka berjalan dengan casing terbuka. Dengan PC yang terbuka diharapkan udara panas yang berada di dalam PC cepat menghilang dan berganti dengan udara dingin. Hal tersebut tampaknya cukup masuk akal, dikarenakan siklus udara cukup cepat dalam keadaan seperti ini.

tips menghindarkan komputer dari panas
Membiarkan casing PC tetap tertutup

Namun jika kita telaah kembali, ketika kita membiarkan casing PC tetap terbuka, kita secara tidak langsung membiarkan banyak kotoran masuk ke dalam komputer PC. Mengapa hal tersebut bisa terjadi, kipas pada PC otomatis menarik semua udara yang ada termasuk debu dan kotoran, sehingga tak jarang kita menemukan kipas yang lebih kotor ketika kita membuka casing PC. Semakin banyak kotoran pada kipas PC, maka akan semakin menurunkan kecepatan kipas dan membuat kipas lebih cepat rusak. Dengan kipas yang rusak akan semakin memperburuk kondisi di dalam PC anda.

Dengan membiarkan komputer anda berjalan dengan casing tertutup akan menyebabkan keuntungan yang cukup berpengaruh terhadap PC anda. Tapi ketika anda membiarkan casing tertutup, anda juga perlu memperhatikan sistem sirkulasi udara dari PC anda.

3. Membersihkan komputer anda

Salah satu solusi untuk bisa menghidarkan PC dari panas yang merusak adalah dengan membersihkan komputer anda. Kipas yang terdapat pada bagian dalam komputer, merupakan salah satu komponen yang mampu menjaga komputer agar tetap dingin. Dan apakah anda mengetahui apa yang membuat kinerja kipas komputer menjadi turun dan bahkan bisa berhenti? Yap, kotoran seperti debu, bulu hewan peliharaan anda dan berbagai kotoran tak kasat mata lainnya bisa jadi menghambat kinerja kipas tersebut.

tips menghindarkan komputer dari panas
Gunakan pembersih komputer

Maka dari itu, salah satu hal yang paling efektif untuk membuat komputer anda tetap dingin adalah cukup dengan membersihkan bagian dalam dari komputer dan tentu saja kipas komputer. Jangan lupa, bahwa terdapat sebuah kipas yang berada di dalam power supply.

Bagaimana cara melakukannya? Anda cukup mematikan komputer anda, buka casing PC dan gunakan mesin penghisap debu untuk menghilangkan kotoran pada kipas. Jika komputer anda sangat kotor, anda bisa membawa komputer anda keluar ruangan, dan bersihkan dengan menggunakan kuas atau perangkat pembersih lainnya.

4. Pindahkan PC anda

Perhatikan tempat anda meletakan PC, apakah tempat tersebut terlalu panas atau mungkin terlalu dingin? Terkadang, memindahkan letak tempat PC anda bisa jadi salah satu opsi yang cukup baik. Bisa saja keadaan ruangan yang telalu kecil, lalu tanpa di lengkapi dengan sirkulasi udara yang bagus, hanya membuat udara disana terasa panas dan mampu berakibat buruk pada komponen PC.

tips menghindarkan komputer dari panas
Memindahkan PC anda ke tempat yang lebih dingin

5. Mengganti kipas pada CPU

CPU merupakan sebuah perangkat yang terdiri dari prosesor dan chipset-nya. Diatas CPU biasanya terdapat sebuah kipas yang digunakan untuk mendinginkan prosesor. Prosesor merupakan sebuah komponen komputer yang paling sensitif dan tentunya paling mahal. Sayangnya, komponen yang paling mahal dan sensitif ini merupakan komponen yang paling mudah panas.

tips menghindarkan komputer dari panas
Mengganti kipas pada CPU

Salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk menghindarkan PC dari panas adalah dengan mengganti kipas dari CPU. Tentu saja anda harus mengganti dengan kipas yang memiliki kemampuan putaran lebih baik atau setidaknya sama. Dengan kipas yang memiliki putaran yang lebih cepat, akan semakin mempermudah aliran sirkulasi udara.

6. Memasang kipas pada casing PC

tips menghindarkan komputer dari panas
Memasang kipas pada casing

Apakah anda pernah melihat PC yang memiliki kipas pada bagian sisi casing-nya? Sebuah kipas yang bisa terpasang pada casing biasanya tidak terlalu besar. Kipas ini juga berada pada bagian dalam casing sehingga juga membantu sirkulasi udara pada PC.

Anda juga memiliki pilihan untuk memasang 2 kipas pada casing PC, 1 kipas yang digunakan untuk mengalirkan udara dingin ke dalam PC dan 1 kipas lainnya yang digunakan untuk mengalirkan udara panas yang ada di dalam PC keluar. Dengan begitu udara yang ada di dalam PC akan tetap terjaga sehingga komponen bisa terhindar dari kerusakan karena panas ataupun kotoran yang melekat.

7. Hentikan melakukan overclocking pada komputer

Jika anda tidak yakin tentang overclocking, anda tidak perlu melakukan hal tersebut, sehingga tidak perlu khawatir tentang efek samping melakukan overclocking.

tips menghindarkan komputer dari panas
Hindari overclocking pada CPU

Untuk kalian yang belum tahu mengenai overclocking, overclocking merupakan sebuah cara untuk bisa meningkatkan batas dari kapabilitas performa prosesor. Dengan begitu, kinerja CPU menjadi lebih maksimal, namun proses tersebut membuat CPU menjadi lebih panas karena temperatur yang meningkat. Hal tersebut merupakan efek dari CPU yang bekerja lebih keras dibanding biasanya.

8. Mengganti power supply

Perlu kita ingat, bahwa power supply memiliki sebuah kipas yang telah terpasang di dalam perangkat tersebut. Kipas tersebut memberikan aliran udara yang cukup tinggi, sehingga mampu menjadi perangkat sirkulasi udara utama pada PC.

tips menghindarkan komputer dari panas
Mengganti power supply pada komputer

Jika udara pada PC masih terasa panas, maka anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti power supply milik anda, dengan power supply yang memiliki tenaga kipas yang lebih cepat. Tentu saja hal tersebut bertujuan untuk membuat PC tetap dingin dan juga mengalirkan udara panas yang ada di dalam PC untuk keluar.

9. Memasang kipas untuk komponen tertentu

Mungkin benar jika CPU merupakan sebuah komponen yang memproduksi panas paling tinggi. Tetapi hal tersebut tidak berarti jika CPU merupakan satu-satunya penghasil panas yang cukup tinggi. Dengan memori dan VGA card yang memiliki kemampuan tinggi, mungkin bisa saja komponen tersebut mampu menghasilkan panas yang tinggi pula.

tips menghindarkan komputer dari panas
Memasang kipas pada RAM

Untuk saat ini, sangat banyak sekali komponen yang menggunakan kipas untuk mendinginkan komponen tersebut. Anda bisa membelinya jika memang komponen memori dan VGA card anda mendukung. Selain mendinginkan komponen tersebut, kipas tersebut juga membantu kinerja mesin sirkulasi udara pada PC.

Leave a Response