close

Bug Pada OS X Yosemite dan Cara Mengatasinya

OS X YosemiteSangat banyak sekali pengguna yang menyukai OS X Yosemite ketika pertama kali peluncurannya, tentunya para pengguna tersebut berharap sesuatu yang baru terhadap sistem operasi terbaru ini. Sistem operasi yang sangat bertenaga dengan tampilan yang apik ini merupakan sistem operasi desktop yang dibagikan secara gratis oleh pihak Apple, bagi perangkat Mac (MacBook dan iMac) produksi 2008 keatas bisa mendapatkan pembaharuan sistem ini. Namun sistem operasi ini masih memiliki berbagai permasalahan yang menghambat kerja pengguna dan bug pada OS X Yosemite ini tidak bisa di toleransi kembali.

Jangan khawatir karena nyatanya tidak semua pengguna mengalami masalah yang serius ketika menggunakan OS X Yosemite, bagi anda yang mengalami masalah serius ketika menggunakan OS X Yosemite, anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk membenahi bug pada OS X Yosemite.

Here they are, berbagai bug pada OS X Yosemite dan cara mengatasinya:

Masalah Pada Wi-Fi

Masalah pada Wi-Fi dalam OS X Yosemite menjadi yang paling dominan dalam beberapa forum diskusi online, jadi jika anda mengalami masalah ini anda tidak sendiri. Terdapat beberapa cara untuk memperbaiki keadaan ini seperti dengan melakukan editting kext, mematikan Bluetooth, memperbaiki router dan melakukan instalasi ulang terhadap interface Wi-Fi yang berjalan pada perangkat Mac anda.

Bug pada OS X Yosemite
Bug Wi-Fi pada OS X Yosemite

Dengan menggunakan OS X Yosemite anda bisa menghapus semua jaringan yang pernah terhubung dengan perangkat Mac anda. Dengan menghapus semua jaringan yang pernah terhubung, anda memiliki kesempatan lagi untuk menghubungkannya mulai dari awal lagi. Diharapkan dengan dimulai lagi dari awal, masalah yang sebelumnya muncul bisa teratasi. Jika cara ini tidak bisa bekerja, anda bisa mengatur jaringan Wi-Fi anda dengan mengubah pengaturan DNS-nya.

Masalah Pada Bluetooth

Selanjutnya masalah yang muncul pada sistem operasi Yosemite adalah kendala pada konektivitas Bluetooth. Mungkin masalah yang ada pada Bluetooth ini cukup simple tapi juga bisa menjadi kendala. Bagi beberapa user yang membutuhkan koneksi Bluetooth, masalah Bluetooth yang ada pada Yosemite cukup menjadi kendala. Jika anda membutuhkan aksesoris seperti Magic Mouse yang membutuhkan koneksi Bluetooth. Salah satu solusi yang mungkin bisa digunakan adalah dengan memutuskan seluruh koneksi yang ada pada USB dan lalu mematikan Mac untuk beberapa menit. Nyalakan kembali, dan kemudian masalah Bluetooth akan teratasi. Jika anda masih baru dalam menggunakan sistem operasi Yosemite, terlebih dahulu anda mengenalkan perangkat anda dengan sistem operasi tersebut. Jadi jika anda baru dalam menggunakan Yosemite, anda akan mengalami hal tersebut selama beberapa kali.

Bug pada OS X Yosemite
Bug Bluetooth pada OS X Yosemite

Namun jika anda mengalami masalah pada Bluetooth dalam jangka waktu yang lama, anda bisa mencoba untuk mengatur ulang (resetting) mesin PRAM (Parameter Random Access Memory), dengan melakukannya sekali atau dua kali, anda mungkin bisa memperbaiki permasalahan tersebut. PRAM merupakan tempat dimana seluruh informasi tentang sistem anda di simpan dan dengan mengatur booting up lalu menekan tombol Cmd+Option+P+R setelah anda menekan tombol power.

Masalah Dengan Lag, Grafik dan Respon yang Lama

Salah satu bug pada OS X Yosemite adalah perangkat Mac dengan sistem operasi ini memiliki waktu booting yang cukup lama. Dengan sistem operasi yang cukup bertenaga harusnya hal ini tidak mungkin terjadi. Hal ini terjadi dikarenakan fitur pembaharuan otomatis pada Yosemite yang tidak selesai, sehingga sistem mengalami kekacauan. Hal ini tidak terjadi pada sistem operasinya saja, melainkan juga terjadi dengan iTunes. Jika iTunes 12 selalu melakukan pembaharuan melalui website resmi dibandingkan melalui automatic updater yang tersedia, maka anda bisa mematikan fitur pembaharuan otomatis untuk menghentikan hal tersebut.

Bug pada OS X Yosemite
Bug Lag, Grafik dan respon pada OS X Yosemite

Gangguan grafik yang terjadi ketika menjalankan aplikasi berbasis grafik sepertinya sudah menjadi hal yang cukup biasa pada Yosemite. Sampai saat ini pihak Apple dan Adobe masih mencari jalan untuk mengatasi masalah ini, untuk permasalahan grafik yang terjadi sepertinya tidak semua orang mengalaminya dan hanya sedikit yang bermasalah. Solusi terbaik untuk masalah ini adalah melakukan install ulang sistem operasi OS X Yosemite. Karena memang dari pihak Apple dan Adobe belum memberikan solusi yang pasti untuk permasalahan ini.

Ketika sistem operasi Yosemite anda berjalan cukup lambat dan performa grafiknya cukup buruk, yang bisa anda lakukan adalah dengan mematikan beberapa fitur tetapi tetap membuat Yosemite bisa bekerja sesuai kebutuhan anda.

Akar dari seluruh permasalahan tersebut adalah sistem operasi Yosemite yang tidak mampu bekerja dengan perangkat keras perangkat Mac anda. Atau anda bisa mempertimbangakn untuk menggantinya ke dalam OS Mavericks sembari menunggu pembaharuan terbaru dari Yosemite.

Masalah Pada Safari

Pada awal kemunculannya Safari pada OS X Yosemite sepertinya memang belum siap untuk digunakan, karena sangat banyak sekali bug yang tidak bisa di toleransi. Beberapa dari pengguna sering melakukan komplain terhadap HDCP yang ada ketika mereka mengakses video dari Netflix untuk masalah yang satu ini, solusi yang paling mungkin untuk dilakukan adalah mengubah HTML5 menjadi Silverlight. Alternatif lainnya adalah, anda beralih menggunakan browser lainnya hingga pihak Apple atau Netflix membenahi bug pada OS X Yosemite.

Bug pada OS X Yosemite
Bug Safari pada OS X Yosemite

Untuk permasalahan respon yang lambat pada Safari, anda memiliki opsi untuk menghapus cookies, cache dan ekstensi data pada Safari. Hal ini tersebut nampaknya tidak hanya terjadi pada OS X Yosemite, iOS 8 pun juga mengalami hal yang sama. Mematikan akses Safari ke dalam iCloud menjadi salah satu solusi yang paling mungkin dilakukan ketika mengalami hal tersebut

Masalah Dengan Fitur Handoff

Dengan fitur Handoff menjadikan integrasi antara sistem operasi OS X Yosemite dan iOS 8 menjadi lebih mulus. Hal ini di karenakan fitur Handoff memudahkan pengguna untuk mengedit email atau pesan melalui kedua perangkat tersebut. Sayangnya, di awal kemunculan OS X Yosemite banyak pengguna yang mengalami kesulitan untuk mengoperasikan fitur ini dan mendapati ponsel mereka terdiam dalam keadaan layar berputar sebelum bisa tersambung dengan perangkat Mac mereka. Jika anda mengalami hal seperti ini, satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pengaturan ulang terhadap Bluetooth dan iCloud sebelum mencobanya kembali.

Bug pada OS X Yosemite
Bug Handoff pada OS X Yosemite

Mungkin solusi tersebut sepertinya terlihat terlalu mudah, tetapi ketika anda mengatur ulang Bluetooth dan iCloud anda memiliki kesempatan yang cukup besar untuk bisa menghubungkan kedua perangkat tersebut. Karena ketika mematikannya, koneksi kedua perangkat ini akan dimulai lagi dari awal dan hal tersebut bisa membuka kesempatan lebih besar untuk kedua perangkat tersebut bisa tersambung.

Kesimpulan

Itulah beberapa bug pada OS X Yosemite yang paling sering dialami pengguna. Jika anda mengalami berbagai masalah yang tidak kami sebutkan diatas, anda bisa membaginya dengan kami dengan cara mengisi kolom komentar yang ada. Kami dengan sangat senang hati menerima kritik dan saran serta berbagai masukan lainnya untuk mengatasi masalah pada OS X Yosemite.

1 Comment

Leave a Response