close

Prosesor Shakti, Prosesor Pertama Buatan India

Prosesor Shakti, Sebagai Prosesor Pertama India

Mirip dengan Indonesia, India juga menjadi pasar yang menggiurkan bagi pabrikan teknologi asing. Namun rupanya India tidak mau hanya dijadikan pasar, mereka berhasil menunjukan kemampuannya dalam bidang teknologi.

India memiliki tim RISE yang beranggotakan mahasiswa-mahasiswa dari Indian Institute Of Technologi (IIT-Madras). Tim RISE berhasil membuat microprocessor pertamanya, yang secara penuh didesain serta dikembangkan di India.

Prosesor pertama hasil ciptaan India ini bernama Shakti. Dimana untuk pemakaiannya bisa untuk beberapa perangkat seperti Internet Of Thing (IoT) hingga untuk platform robotik.

Tim RISE sebenarnya sudah mengerjakan proyek ini mulai bekerja mulai tahun 2016. Secara pendanaan proyek murni dari Kementrian Elektronik dan Teknologi Informasi India.

Jenis Prosesor Shakti

Prosesor Shakti memiliki 6 jenis microprocesor sesuai dengan target pasarnya. Keenam chips prosesor ini diantaranya kelas E, kelas C, kelas I, kelas M, kelas S, serta kelas H. Dimana semua chips prosesor ini dibuat di Semi-Conductor Laboratory Of Indian Space Research Orgaisation (Isro).

Masing-masing chips prosesor shakti ini memiliki fungsi dan penggunaan yang berbeda-beda. Misalnya kelas E yang digunanakan untuk perangkat IoT, robotik, dan sejenisnya. Kelas C yang merupakan microprocessor 32 bit dengan kecepatan 0,2 hingga 1 GHz untuk mejalankan aplikasi kelas menengah, serta dapat menghemat daya baterai, hingga melindungi memori.

Untuk kelas I, microprocessor dengan kecepatan 1,5-2,5 GHz yang bisa digunakan untuk menjalankan berbagai pekerjaan sekaligus. Sedangkan kelas M disebut sebagai prosesor Multi-Core yang bisa memberikan dukungan hingga 8 Inti CPU. Demikian juga kelas S, yang digunakan untuk keperluan workstation serta server-type workloads. Kelas S ini merupakan versi terbaru dari kelas I yang mengalami peningkatan.

Kemudian yang terakhir yaitu kelas H yang bisa digunakan untuk kebutuhan komputasi kinerja tinggi serta pekerjaan yang berhubungan dengan analisa. Yang menjadi keunggulan kelas H yaitu memiliki kemampuan single-thread, atau menjalankan pekerjaan dalam satu waktu yang bersamaan.

Dilansir dari kompas.com bahwa tim RISE saat ini juga mengembangkan dua prosesor yang selainnnya. yaitu kelas T untuk keperluan mengurangi resiko serangan software. Kemudian mereka juga sedang mengerjakan kelas T untuk memberikan dukungan pada fitur error correction.

Tags : anugrah pratamaindiaprosesorshaktiteknologi