close

10 Alasan Android Kalahkan iPhone

Sumber: pixabay.com

Walaupun iPhone adalah merek ponsel terkenal di dunia, ada 10 alasan Android mengalahkan iPhone. Android dan iPhone saat ini tengah bersaing di pasaran ponsel pintar dunia. Namun ada beberapa alasan mengapa pemenangnya adalah platform milik Google, Android.

10 Alasan Android Kalahkan iPhone

Sejak kemunculan sistem operasi Android beberapa tahun lalu, sistem operasi ini menjelma menjadi sangat popular di masyarakat dunia. Menyadari hal tersebut, Apple tentunya tak mau kalah dengan menelurkan inovasi-inovasi menawan. Walaupun demikian, menurut beberapa ulasan, ada 10 alasan Android kalahkan iPhone di kelas ponsel pintar.

10 Alasan Android Kalahkan iPhone

1. Kustomisasi, Widget dan Skin

10 Alasan Android Kalahkan iPhone

Hal yang satu ini adalah 1 dari 10 alasan Android kalahkan iPhone. Apple menawarkan kustomisasi yang lebih sedikit daripada Android Pada iPhone, Anda dapat menaruh beberapa pilih widget di laci pemberitahuan. Namun dengan Android, Anda dapat memilih dari ribuan widget yang hidup pada homescreen dan memberikan segala sesuatu dari pemutaran musik untuk pemberitahuan cuaca.

Produsen seperti Samsung dan LG menambahkan “skin” di atas sistem operasi inti yang menawarkan tampilan yang unik bersama dengan fitur Google yang telah diimplementasikan (misalnya, kontrol gerakan dan Air View). Lebih baik lagi, Anda dapat menginstal launcher Anda sendiri atau menambahkan tema kustom, yang membuat tampilan ponsel Anda dan merasa benar-benar berbeda.

2. Banyak Pilihan Hardware

10 Alasan Android Kalahkan iPhone

Banyak pilihan hardware termasuk 10 alasan Android kalahkan Apple. Android hadir dengan ratusan model di seluruh dunia. Anda dapat memiliki Android dengan layar yang kecil hingga besar. Untuk keyboard juga tersedia dalam bentuk qwerty atau touchscreen. Pilihan baterai juga ada dua yaitu baterai yang dapat dilepas atau baterai tanam.

Mungkin yang paling penting, ada banyak ponsel Android yang dibuat untuk bertahan hidup yang terendam air atau jatuh. Jika Anda ingin iPhone baru hari ini, Anda memiliki empat pilihan: besar layar iPhone 6 Plus, iPhone menengah 6 dan dua model tua: 5s iPhone 4 inci dan 5c iPhone. Tak satu pun dari ini dibuat untuk jatuh.

3. Kebebasan Menginstal Aplikasi

Apple mungkin mendapatkan beberapa aplikasi pertama, tetapi membatasi aplikasi yang dapat anda install.Jika pembuat di Cupertino memutuskan bahwa sebuah aplikasi mengandung kekerasan, seksual, politik atau kontroversial, Anda tidak akan dapat membelinya. Sementara Google memiliki Android Play Store , memungkinkan persaingan dari toko alternatif, seperti Amazon AppStore. Anda juga dapat mengambil file APK Anda download dan sideload pada Anda sendiri.

4. Sistem Kerja File

 Namun ada beberapa alasan mengapa pemenangnya adalah platform milik Google, Android.

Apakah anda ingin menyalin file dari iPhone ke komputer? Anda harus menginstal iTunes dan membuat account, dan bahkan kemudian, Anda dapat memakai hanya file media, seperti foto. Kalau Android, Anda dapat Plug ponsel Android ke PC Anda, dan itu langsung mount sebagai drive eksternal yang penuh dengan folder. Anda dapat drag dan drop. Anda juga dapat menavigasi melalui sistem file di telepon menggunakan aplikasi seperti Astro File Manager atau ES File Manager. Apple tampaknya tidak mempercayai Anda untuk melihat sistem file pada iPhone Anda. Kemudahan sistem kerja file pada Android adalah 1 dari 10 alasan Android kalahkan iPhone.

5. Share Lebih Luas

 Namun ada beberapa alasan mengapa pemenangnya adalah platform milik Google, Android.

Sharing yang luas adalah 1 dari 10 alasan Android kalahkan iPhone. Anda melihat halaman web di browser Anda, peta di aplikasi navigasi atau foto di galeri Anda, dan Anda ingin berbagi. Pada Android, Anda dapat berbagi ke layanan apapun yang aplikasi yang telah diinstal: Twitter, Facebook, Google+ atau apa pun yang Anda telah menginstal. Google tidak perlu memberkati sebuah aplikasi untuk muncul di menu sharing, juga tidak pembuat browser, penerbit aplikasi navigasi atau menggambar pengembang aplikasi.

6. Sebuah Tombol “Back” (Back Button)

Tombol kembali (back Button) pada Android menawarkan cara yang sederhana untuk membantu anda kembali ke layar utama. Tombol bahkan bekerja di aplikasi. Jika Anda menekan link di Facebook dan diangkut ke browser Chrome, Anda dapat kembali ke aplikasi media sosial ketika anda menekan tombol kembali. Pada iPhone, Anda dapat menggunakan hanya navigasi-aplikasi tertentu atau menekan tombol home berakhir kembali di layar awal. Itu lebih banyak gesekan yang akan membuang waktu Anda.

7. Mendukung Membuka Banyak Jendela

 Namun ada beberapa alasan mengapa pemenangnya adalah platform milik Google, Android.

Jika Anda ingin multitask pada ponsel Anda (Samsung atau LG). Kedua merek tersebut membiarkan Anda membagi layar antara dua aplikasi, yang memungkinkan Anda untuk, misalnya, melihat halaman web perusahaan dalam satu jendela saat Anda membalas email bos Anda di akun yang lain. Ini juga menjadi salah satu dari 10 alasan Android kalahkan iPhone.

8. Layar Beresolusi Tinggi

Apple selalu memberikan tekhnologi baru dan ketika pada hal resolusi layar, tentunya pemenangnya adalah Apple. Pada tahun 2014, iPhone merilis ponsel pintar HD pertama. Setelah itu muncul iPhone 6 plus, dua tahun setelah Android muncul dengan resolusi layar 1080p. Saat ini, beberapa ponsel terkemuka memiliki 2560 x 1440 display, yang membuat mereka banyak lebih tajam untuk melihat video high-res, membaca dan game.Untuk itulah ini termasuk dalam 10 alasan Android kalahkan iPhone.

9. Haptic Feedback

 Namun ada beberapa alasan mengapa pemenangnya adalah platform milik Google, Android.

Salah satu 10 alasan Android kalahkan iPhone adalah memiliki haptic Feedback. Tidak ada cukup taktil saat Anda mengetik atau berinteraksi dengan tombol pada layar. Pada komputer, Anda biasanya mendapatkan umpan balik dari keyboard fisik dan klik touchpad atau mouse. Namun, di telepon, Anda perlu buzz dari getaran haptic untuk mengetahui bahwa sentuhan Anda telah terdaftar. Semua ponsel Android menawarkan umpan balik haptic, tapi iPhone tidak.

10. Mendukung NFC (Near Field Communication)

Salah satu alasan dari 10 alasan Android kalahkan iPhone adalah mendukung untuk NFC. Beberapa tahun terakhir, banyak ponsel pintar yang hadir dengan mendukung NFC pada layar. Anda dapat menekan untuk memasangkan dengan gadget, tekan telepon lain untuk bertukar file atau kontak, ketuk tag informasi, tekan untuk membuka pintu dan bahkan tekan membayar menggunakan Google Wallet. Apple memasukkan NFC pada iPhone untuk iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, tapi Anda hanya dapat menggunakannya dengan Apple Pay.

Dengan 10 alasan Android kalahkan iPhone diatas, maka tak heran saat ini ponsel pintar Android terjual laris manis bak kacang goring di pasaran. Tentunya selain didukung dengan harga yang bervariasi.

 

Leave a Response