close
Tips & Trick

Pentingnya penggunaan password bagi komputer / laptop

pentingnya penggunaan password

Pentingnya penggunaan password atau Kata sandi masih merupakan salah satu pertahanan terbaik terhadap peretas baik itu laptop/komputer atau juga akun online. Sebagian besar situs web memiliki kompleksitas kata sandi. Misalnya, kata sandi harus memiliki panjang tertentu dan berisi campuran jenis karakter tertentu. Sayangnya, semua jenis kata sandi yang mudah diingat seseorang mungkin adalah kata sandi yang dapat dengan mudah ditebak atau diketahui oleh peretas.

Password manager

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk melindungi komputer dari peretas adalah menggunakan pengelola kata sandi tepercaya. Password manager ini menyimpan semua kata sandi Anda dengan aman dan secara acak menghasilkan kata sandi aman yang sulit ditebak dengan menggunakan brute force atau metode pemecahan kata sandi lainnya.

Kabar baiknya adalah kebanyakan orang tidak perlu mencari password manager yang rumit. Program yang sangat kompeten sudah terintegrasi di Google Chrome. Anda dapat membuat kata sandi aman di browser dan menyinkronkannya dengan cloud. Di mana pun saat Anda masuk ke akun Google, Anda dapat dengan mudah menggunakan kata sandi tersebut

Kata sandi dapat melindungi semua akun Anda

Tentu saja, Anda harus menetapkan kata sandi untuk apa pun agar tidak digunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Komputer, ponsel, dan tablet Anda harus memiliki kata sandi sendiri dan berbeda-beda. Buka kunci biometrik seperti sidik jari atau pengenalan wajah cukup aman. Oleh karena itu, biasakan untuk membiasakan diri Anda dengan biometrik untuk perangkat Anda.

Cukup dengan menekan tombol untuk menonaktifkan apa pun selain kode sandi. Misalnya, jika Anda dipaksa untuk menyerahkan komputer atau ponsel Anda, mereka tidak akan dapat mengakses perangkat tanpa kode Anda. Namun, Anda dapat mengarahkan kamera ke wajah Anda atau meletakkan jari Anda di sensor sidik jari.

Gunakan enkripsi

Enkripsi adalah teknik yang mengenkripsi data Anda secara matematis sehingga tidak dapat dibaca tanpa kunci yang benar. Misalnya, situs web yang memulai dengan “https” menggunakan metode pengiriman data yang aman dan terenkripsi. Jadi hanya Anda dan situs web penerima yang tahu apa yang dikatakan.

Orang luar seperti penyedia layanan Anda atau orang yang memeriksa paket data saat melalui berbagai perhentian di Internet hanya mengetahui alamat IP Anda dan alamat halaman yang Anda kunjungi.

Selain menghindari situs web yang tidak menggunakan enkripsi, Anda juga harus tetap menggunakan layanan obrolan yang menawarkan enkripsi ujung ke ujung. WhatsApp adalah contohnya. Enkripsi ujung-ke-ujung mencegah WhatsApp untuk tidak mengetahui apa yang dikatakan di obrolan Anda.

Demikian informasi pentingnya penggunaan password dari anugrahpratama.com untuk Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tags : kata kuncikata sandipasswordsecurity sistem