close
smart city

Artificial Intelligence (AI) Deteksi Pajak Kendaraan

Artificial intelligence (AI) untuk mendeteksi kendaraan yang belum bayar pajak saat ini telah dikembangkan untuk membantu pekerjaan pemerintah. Jadi tidak hanya tilang elektronik atau e-tilang yang banyak membantu pemerintah untuk menertibkan pemilik kendaraan yang tidak taat pajak, teknologi AI juga berperan penting bahkan lebih canggih.

Artificial Intelligence (AI) Deteksi Pajak Kendaraan

Bagaimana cara kerja Artificial Intelligence (AI) yang membantu pemerintah untuk menertibkan pemilik kendaraan yang tidak bayar pajak?

Yang pertama hampir sama dengan proses e-tilang yang menggunakan kamera pengawas yang dipasang untuk memantau ruas jalan. Kamera ini akan melakukan deteksi plat nomor mobil atau sepeda motor yang melintas di ruas jalan tersebut. Kemudian plat nomor yang terdeteksi kamera pengawas ini akan dibandingkan dengan data pajak kendaraan. Sehingga bisa disimpulkan apakah kendaraan ini sudah atau belum membayar pajak kendaraan bermotor.

Hasil deteiksi ini akan dikirimkan ke petugas yang ada di lapangan. Petugas ini akan ditempatkan di sekitar ruas jalan yang terpasang kamera pengawas, dengan jarak sekitar 500 meter setelah kamera. Petugas ini bisa langsung menghentikan kendaraan yang diindikasi belum membayar pajak kendaraan.

Jika terbukti belum membayar pajak kendaraan, maka pemilik kendaraan akan diberikan surat tagihan pembayaran pajak kendaraan.

Perlu Anda ketahui bahwa sistem deteksi pajak kendaraan ini sebenarnya sudah pernah diterapkan di DKI Jakarta. Bahkan pemerintah daerah yang lain seperti Banten dan Jawa Barat juga akan menggunakan solusi ini untuk menindak pemilik kendaraan yang belum membayar pajak.

Salah satu pengembang teknologi AI untuk deteksi plat nomor yang belum bayar pajak kendaraan ini adalah Nodeflux, yaitu startup yang fokus untuk mengembangkan teknologi artificial ingtelligence (AI) berbasis video.

Sedangkan untuk teknologi AI yang digunakan untuk deteksi plat nomor yang belum bayar pajak kendaraan adalah Licence Plate Recognition. Teknologi ini diklaim mampu bekerja dalam kondisi cuaca dan cahaya apapun. Selain itu tidak butuh waktu lama untuk mengetahui kendaraan yang belum bayar pajak, yaitu cukup satu detik bisa disimpulkan bahwa kendaraan sudah atau belum membayar pajak.

Bagiamana menurut Anda jika teknologi AI untuk deteksi plat nomor kendaraan yang belum bayar pajak ini diterapkan di seluruh Indonesia? Setujukah Anda?

Yuk sampaikan pendapat Anda di kolom komentar dibawah ini.