close
Tips & Trick

Cara perawatan printer agar tidak cepat rusak

Cara perawatan printer

Cara perawatan printer berikut bisa membantu agar printer yang Anda miliki tidak cepat rusak, karena printer saat ini adalah hal yang penting untuk menunjang pekerjaan. Dalam kesempatan ini anugrahpratama.com akan memberikan beberapa ulasan singkat tentang merawat printer.

Bersihkan kepala kartrid

Anda mungkin tidak pernah tahu bahwa perawatan printer itu sangat mudah. Yang harus Anda lakukan pertama-tama adalah menggunakan head clean printer sesering mungkin agar tinta printer dapat tertuang dengan sangat baik serta bahkan tidak tersangkut di atas kertas.

Isi ulang tinta sebelum habis

Jika Anda lebih sering menggunakan printer, tinta akan berkurang secara berkala, serta jika tinta berkurang maka hasil cetakan akan lebih tipis serta tidak jelas sama sekali. Saat yang tepat untuk mengisi ulang tinta sebelum tinta benar-benar habis, karena kosongnya tinta dapat menyumbat kepala kartrid.

Sering digunakan

Cara merawat printer agar tahan lama yang cukup eksentrik, yaitu menggunakan printer sesering mungkin. Tujuan dari rangkaian ini adalah untuk menggunakan printer secara teratur setidaknya sekali seminggu agar tetap normal serta kuat setiap hari.

Gunakan printer sesering mungkin, bahkan jika tidak ada pekerjaan yang perlu dicetak, meski hanya satu lembar. Tujuan menggunakan printer ini adalah untuk selalu membasahi tinta di kepala kartrid serta tidak mengalami kekeringan karena jarang digunakan.

Gunakan kertas yang tepat

Beberapa printer hanya dapat mencetak teks pada kertas A4. Jadi, jika dipaksa untuk mencetak kertas yang lebih besar dari A4, printer mungkin akan mengalami gangguan.

Saat ini printer dilengkapi dengan fungsi yang lebih sempurna, sehingga berbagai jenis kertas dapat digunakan selama ketebalan seimbang, serta yang terpenting yaitu kertas yang digunakan harus dalam kondisi terbaik atau tidak kusut, sehingga sangat bagus saat digunakan.

Perawatan rutin

Jika Anda melakukan kesalahan tertentu yang pada akhirnya akan merusak printer, jangan memaksakan diri untuk membuka atau memperbaikinya jika Anda tidak ahli. Pastikan Anda segera membawa printer ke tempat service center terdekat, karena para ahli mengetahui serta memahami jauh lebih baik perawatan apa yang dibutuhkan printer.

Demikian informasi tentang cara perawatan printer agar tidak cepat rusak. Jadi Anda cukup melakukan perawatan printer sendiri, agar printer yang Anda gunakan tidak mengalami masalah yang tidak diinginkan.

Tags : printerprinter laserprinter tintatips merawat printer