close
Panduan Membeli

Panduan Membeli Printer Untuk Kantor Dan Rumah

panduan membeli printer, membeli printer, tips membeli printer, printer laser, printer inkjet,

Membeli printer memang bukan hal yang mudah, dengan panduan membeli printer ini bisa membantu Anda ketika mebeli printer sesuai dengan kebutuhan Anda, baik untuk digunakan di kantor ataupun dirumah.

Printer memiliki dua kategori umum yaitu untuk digunakan di rumah dan untuk keperluan kantor. Untuk printer kategori rumahan, umumnya menggunakan printer inkjet. Sedangkan printer kategori kantoran sering menggunakan jenis printer laser. Selain kategori rumahan dan kantoran ini, ada juga printer yang khusus untuk mencetak foto, dot matrix, serta printer multifungsi yang bias digunakan untuk melakukan segala kebutuhan.

Printer memiliki dua kategori umum yaitu untuk digunakan di rumah dan untuk keperluan kantor. Untuk printer kategori rumahan, umumnya menggunakan printer inkjet. Sedangkan printer kategori kantoran sering menggunakan jenis printer laser. Selain kategori rumahan dan kantoran ini, ada juga printer yang khusus untuk mencetak foto, dot matrix, serta printer multifungsi yang bias digunakan untuk melakukan segala kebutuhan.

Apa saja jenis printer?

Printer Inkjet

Printer jenis inkjet mempunyai kualitas cetak profesional, beresolusi tinggi, warna cerah, dan teks yang tajam. Jika Anda ingin mencetak grafis secara penuh, warna cerah, sebuah printer inkjet adalah pilihan yang tepat. Printer jenis inkjet cocok untuk pemakaian rumah tangga, cukup kompak dan mudah untuk dipindah-pindahkan.

Printer inkjet mencetak dengan kecepatan 5-20 halaman per menit, tergantung pada resolusi yang Anda gunakan dan apakah Anda mencetak gambar atau teks saja. Katrid printer inkjet biasanya hanya terdiri dari 2 macam saja, yaitu hitam (black) dan warna (color). Tinta printer inkjet relative murah, tetapi kapasitas cetaknya tidak banyak, hanya sekitar 50-80 lembar saja. Jadi biaya cetak perlembar untuk printer inkjet cukup tinggi.

Printer Laser

Printer Laser atau Laserjet, menggunakan teknologi pemanasan serbuk tinta (Toner). Karena itu, printer laser dapat mencetak dengan kecepatan tinggi dan kapasitas cetak yang besar. Printer laser sangat baik untuk pemakaian di kantor. Mereka sangat cocok untuk mencetak banyak dokumen dan mereka melakukannya dengan kecepatan cetak antara 6-40 halaman per menit. Toner printer laser memang kelihatan mahal, namun kapasitas cetaknya besar, bisa mencapai 1000-2000 lembar. Jadi biaya cetak perlembar untuk printer laser cukup murah.

Printer Foto

Jika Anda ingin mencetak foto Anda, sebuah printer foto akan membantu Anda menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Beberapa tipe bahkan memiliki layar LCD untuk melihat foto sebelum dicetak, tanpa menggunakan komputer! Biasanya printer foto menggunakan teknologi inkjet atau sublimasi warna (dye sublimation). Printer foto menggunakan katrid tinta terpisah 4-6 warna.

Printer Multifungsi

Printer Multifungsi dapat menggabungkan kinerja, konektivitas, kecepatan, dan kehandalan dengan harga yang pasti sesuai anggaran. Selain mencetak, Anda akan menemukan fitur seperti fax, copy dan scan. Jika Anda menjalankan bisnis, printer multifungsi dapat menjadi solusi yang ekonomis dan tidak memerlukan banyak ruang kerja Anda.

Printer Portable

Seperti namanya yaitu printer portable, yaitu printer yang bisa dibawa atau digunakan dimanapun. Jika Anda melakukan perjalanan bisnis, coba pertimbangkan untuk menggunakan printer portabel. Bagi seseorang yang mobile, pasti membutuhkan printer portable karena sering dibutuhkan untuk mencetak dimanapun dan kapanpun. Printer jenis ini umumnya mampu menghasilkan cetakan berkualitas tinggi.

Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix sangat cocok untuk urusan didalam kantor. Dengan printer ini, Anda akan dapat mencetak pada kertas rangkap (NCR), mencetak faktur, surat jalan, dan banyak lagi. Printer dot matrix ini cocok bagi Anda pekerja keras sejati!

Fitur penting pada printer yang harus diperhatikan

Resolusi Printer

Ketika membeli printer, perhatikan resolusinya. Resolusi printer biasanya ditulis dengan istilah dpi, dot per inch yaitu jumlah titik tinta per inci pada halaman tercetak. Resolusi menentukan kualitas huruf atau gambar yang tercetak. Kebanyakan printer juga sudah dilengkapi kemampuan untuk meningkatkan resolusi cetak melalui perangkat lunak (software).

Kebanyakan printer menghasilkan resolusi minimal 300 x 600 atau 600 x 600 dpi cukup bagus untuk kebanyakan pekerjaan cetak. Model yang lebih canggih menawarkan resolusi yang lebih tinggi untuk kualitas cetak profesional.

Ink / Toner Cartridges

Jenis printer baik itu laser atau inkjet akan menentukan jenis katrid tintanya. Printer laser menggunakan katrid berkapasitas besar berisi serbuk tinta, sedangkan printer inkjet menggunakan katrid berkapasitas kecil berisi tinta cair.

Printer inkjet type foto memiliki 4-6 cartridge yang terpisah untuk masing-masing warna, sedangkan printer inkjet biasa hanya berisi 1 cartridge tinta warna dan 1 cartridge untuk tinta hitam. Katrid tinta warna seperti yang dimiliki printer foto lebih hemat, karena Anda hanya perlu mengganti katrid tinta warna yang habis saja.

Mengapa resolusi printer itu penting?

Jika Anda ingin kualitas cetak yang tajam dan jelas, perhatikan dengan cermat resolusi printernya. Yaitu jumlah titik tinta per inci (dpi) pada halaman tercetak. Resolusi printer ini akan menentukan kualitas kata atau gambar yang tercetak, meskipun banyak printer telah dilengkapi perangkat lunak yang dapat meningkatkan kualitas cetak.

Kebanyakan printer menghasilkan resolusi printer minimal 300 x 600 atau 600 x 600 dpi yang cukup baik untuk digunakan pada berbagai kebutuhan cetak. Namun, jika Anda perlu untuk mencetak gambar yang bagus dan profesional, cobalah menggunakan printer dengan resolusi yang lebih tinggi.

Apakah semua model printer dapat digunakan pada komputer yang Anda miliki?

Tidak, karena tidak semua model printer bekerja dengan semua sistem operasi komputer. Sebelum membeli printer coba untuk membaca terlebih dahulu deskripsi printer, lihat konektivitasnya dan kompatibilitas driver atau perangkat lunaknya untuk memastikan bahwa printer tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jenis Kartrid Tinta Printer

Printer umumnya menggunakan tinta dari toner / cartridge atau kartrid tinta. Saat menggunakan printer laser yang menggunakan toner, maka Anda harus mengganti cartridge ketika printer kehabisan tinta. Sedangkan pada penggunaan printer inkjet yang menggunakan ink tank, Anda harus mengisi ulang tinta ketika tinta habis tanpa harus mengganti kartrid. Kedua jenis kartrid ini menghasilkan jumlah halaman yang bervariasi, meskipun kartrid bisa menghasilkan jumlah cetak yang lebih banyak dibandingkan printer inkjet.

Beberapa printer inkjet menggunakan 4-6 katrid dengan warna dasar yang berbeda, dan beberapa menggunakan cartridge tricolor (3 warna) dan hitam terpisah. Jika Anda membutuhkan untuk mencetak banyak dokumen teks pada printer inkjet, Anda harus membeli printer yang dilengkapi dengan tangki tinta hitam terpisah.

Penggunaan kertas khusus untuk mencetak foto

Jika Anda ingin cetakan foto yang bagus, Anda mungkin perlu untuk menggunakan kertas foto. Kertas foto tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran. Saat ini mayoritas printer telah menggunakan perangkat lunak (software) untuk membantu Anda menghemat kertas misalnya, mencetak dua foto dalam satu lembar, sehingga dapat mengurangi biaya kertas.

Hal lain yang dibutuhkan untuk menggunakan printer

Anda akan sering menggunakan beberapa jenis perangkat lunak untuk printer Anda. Anda mungkin menggunakan program yang bisa Anda gunakan untuk membuat undangan, kartu ucapan, poster, dan materi cetak lainnya. Printer foto sering dilengkapi dengan aplikasi photo-editing yang memungkinkan Anda untuk memanipulasi foto Anda misalnya, mengubah warna atau menambahkan efek khusus.

Perlu Untuk Diperhatikan!

Salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam membeli printer yaitu kabel printer. Mayoritas printer menggunakan kabel untuk menghubungkan printer ke komputer atau laptop, meski telah banyak juga jenis printer yang telah menggunakan wireless atau Bluetooth untuk mengubungkan ke computer/laptop bahkan smartphone. Namun kabel printer ini menjadi prioritas, karena wireless atau Bluetooth tidak selalu tersedia pada semua komputer atau laptop.

Tags : printerprinter inkjetprinter lasertips membeli printer