close

Apple iPhone 6: Lebih Besar dan Lebih Bertenaga

iphone 6
iphone 6

iphone 6Kini jaman mulai berkembang, banyak vendor-vendor penghasil smartphone memproduksi ponsel pintar yang memiliki lebar layar lebih dari 4 inci. Termasuk juga Apple, Apple yang baru saja mengeluarkan iPhone versi terbarunya, kini meninggalkan trademark-nya yang menghasilkan iPhone dengan layar berukuran kecil. iPhone 6 dan iPhone 6 plus merupakan reaksi dari pihak Apple terhadap perkembangan ponsel pintar yang ada. Apple iPhone 6 memiliki layar sebesar 4.7 inci dan iPhone 6 plus memiliki layar sebesar 5.5 inci.

Overview

Sejak awal kemunculannya, layar lebar yang menjadi ciri baru dari iPhone menjadi headline di berbagai media dunia. Tapi, sebaiknya kita tidak hanya menghiraukan sisi layarnya saja, karena dengan desain yang super tipis, prosesor yang meningkat dan sistem operasi iOS 8, iPhone 6 memiliki banyak keunggulan yang tak bisa di kesampingkan.

Seperti yang diharapkan banyak orang, iPhone 6 merupakan ponsel pintar yang cukup hebat. Namun kini, tidak sedikit smartphone yang memiliki fitur dan performa layaknya iPhone 6. Vendor-vendor seperti Samsung, LG dan HTC juga meluncurkan berbagai ponsel pintar yang juga tak kalah dengan iPhone 6. Mungkinkah Apple mampu membawa iPhone 6 menjadi ponsel pintar dengan fitur dan kemampuan terdepan? Mari kita bahas satu per satu fitur dan performa dari iPhone 6 ini.

Review

Dengan melakukan review terhadap iPhone 6, kita akan mendapatkan informasi yang cukup lengkap mengenai iPhone 6 dari berbagai sisi. Disini, kami ingin melihat iPhone 6 dari sisi desain, layar dan performa. Oke, lets check this out.

1. Desain

Apple kini meninggalkan bahan aluminium yang terdapat pada sisi iPhone 5 atau iPhone 5S. Pada iPhone 6 mereka beralih dengan desain sisi yang melengkung dan cenderung menghilangkan jarak antara bagian depan dan belakang. Pada bagian depan, iPhone 6 juga tidak menggunakan material plastik seperti pada iPhone versi sebelumnya. Seluruh material bodi iPhone 6, terdiri dari kaca dan logam metal.

iphone 6
Desain iphone 6

Meski terlihat hampir sama di bagian depan, jika kita teliti lebih lanjut, desain pada iPhone 6 memiliki perbedaan yang cukup jauh dibandingkan dengan iPhone 5. Desain yang cenderung kotak dengan pinggiran yang berkilau pada iPhone 5, dirasa cukup mengganggu dan hal tersebut mampu membedakan antara bodi iPhone 5 dengan layarnya. Hal ini juga terjadi pada iPad mini dan iPad Air, meski kedua perangkat ini didesain dengan pinggiran yang berbeda dengan iPhone 5.

iphone 6
Perbandingan Desain iphone 6 (kiri) dan iPhone 5 (kanan)

iPhone 6 memiliki desain yang lebih tipis dibandingkan dengan versi sebelumnya. Pada iPhone 6, bagian pinggir serasa “dipotong” dengan menghilangkan material aluminium dan menjadikan bagian depan dan belakang terlihat menyatu dengan material bodi yang sama. Tampaknya desain yang baru ini memiliki efek yang cukup kuat. Ketika layar dimatikan, anda bisa menikmati keindahan desain iPhone 6 anda seksama.

Seperti beberapa iPhone versi sebelumnya, iPhone 6 juga hadir dengan keseimbangan yang bagus. iPhone 6 sangat nyaman ketika di genggam. Hal tersebut didukung oleh beratnya yang ringan, desain sisinya yang melengkung dan ketebalan yang hanyak sebesar 6.9 mm.

Beberapa pengguna melaporkan bahwa material bahan yang digunakan pada iPhone 6 tidak seperti apa yang diharapkan. Hal ini muncul ketika, pengguna tersebut mendapati bodi iPhone 6 milik mereka bengkok ketika mereka mengantonginya. Pihak Apple telah melakukan pergantian kepada 9 orang yang mengalami hal tersebut. Tampaknya hal ini tidak menjadi kendala, karena hanya 9 orang yang mengalami hal tersebut dari 10 juta iPhone 6 yang telah terjual.

Besar, namun tidak terlalu besar

Desain iPhone 6 memang besar, namun tidak terlalu besar. Selain itu, desain yang tipis dan ringan mampu membuat iPhone 6 serasa enak digenggam, Bagi anda yang memiliki tangan yang kecil, anda mungkin akan sedikit kesulitan untuk meraih bagian pojok atas pada layar. jangan khawatir, Apple sudah memikirkan hal tersebut dan memberikan solusi yang cukup elegan. Dengan menekan tombol home sebanyak 2 kali maka seluruh menu, fasilitas atau pilihan yang terletak pada bagian layar atas akan turun ke bawah. Tentunya, hal ini akan memudahkan yang memiliki tangan kecil. Fitur ini juga dapat berjalan pada mode portrait juga, dengan ini anda bisa dengan mudah mengakses alamat website pada browser dengan mudah.

iphone 6
Fitur double tap pada tombol home di iphone 6

Selain itu dengan ukuran iPhone yang lebih besar, Apple menyadari bahwa meletakkan tombol power dibagian atas akan menyulitkan pengguna. Oleh karenanya, tombol power diletakkan pada bagian sisi kanan, tepat diatas slot SIM. Dengan desain seperti ini, membuat pengguna akan mudah untuk mengaksesnya.

iphone 6
Tombol volume yang terletak pada sisi kiri di iphone 6

Sama seperti iPhone versi sebelumnya, iPhone 6 memiliki layout yang hampir sama. Tombol volume terletak pada bagian sisi kiri tepat di bawah tombol mute. Jack 3.5 mm untuk headphone terletak di bagian bawah bersamaan dengan port charger dan 6 lubang untuk speaker.

iphone 6
Port 3.5mm jack headphone, port charger dan volume di iphone 6

Dengan melihat berbagai fitur diatas, bisa dibilang iPhone 6 memiliki desain yang cukup bagus. Desain yang halus, elegan dan ergonomik sangat cocok untuk digunakan selama berjam-jam. Terakhir, ada satu hal yang bisa dijadikan perdebatan. iPhone 6 tidak di desain untuk bisa tahan air dan tahan debu seperti Galaxy S5 atau Sony Xperia Z3. Jika anda merasa membutuhkan fitur anti-air dan anti debu, anda bisa mempertimbangkan untuk membeli case anti-air atau anda bisa membeli ponsel Android saja.

2. Layar

Jika sebelumnya anda belum pernah mendengarkan fitur Retina Display yang telah menjadi trademark dari Apple, terlebih dahulu kami akan jelaskan. Retina Display merupakan teknologi yang menggambarkan resolusi layar. Jika berbicara mengenai resolusi, hal ini juga berkaitan erat dengan ppi (pixel per inch) yang dimiliki oleh layar dan jarak pandang anda terhadap perangkat tersebut. Jadi, ketika anda memiliki pengelihatan yang sempurna, anda tidak akan pernah melihat sebuah spot pixel dalam keadaan normal.

Untuk iPhone 6 yang memiliki layar sebesar 4.7 inci, dilengkapi dengan kerapatan sebesar 326 ppi. Hal ini sama seperti iPhone versi sebelumnya, yang juga memiliki resolusi yang sama. Berbeda dengan iPhone 6, iPhone 6 plus memiliki kerapatan sebesar 401 ppi.

Tidak ada yang menolak untuk mengatakan bahwa layar dari iPhone 6 merupakan salah satu yang terbaik, bahkan anda tidak akan menemukan lag pada saat mengoperasikan layar iPhone. Layar iPhone yang cukup bagus ini memiliki hasil yang hampir sama seperti miliki Samsung Galaxy S5 atau bahkan mampu menyamai Galaxy Note versi terbaru, yaitu Note 4.

Layar iPhone anda akan tetap memproduksi akurasi warna yang luar biasa, baik ketika anda menggunakannya untuk menonton film atau hanya sekedar melihat-lihat hasil gambar liburan anda. Yang lebih hebatnya lagi, tidak ada pergeseran warna ketika anda mengalihkan layarnya. Hal ini cukup impresif, meskipun keberadaan fitur ini cukup diperdebatkan, karena anda tidak akan mungkin selalu memegang layar iPhone anda di setiap keadaan.

Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan adalah tingkat kecerahan maksimal yang mampu mencapai angka 558 nits. Dengan tingkat kecerahan sebesar ini, membuat layar iPhone anda tetap bisa digunakan meski berada pada sinar matahari langsung. Selain itu, layar dari iPhone 6 tidak merefleksikan sinar, sehingga mampu membantu anda menggunakan iPhone pada keadaan outdoor.

3. Performa dan Fitur

Apple mengejutkan semua orang di dunia ketika mengenalkan iPhoen 5S setahun yang lalu, pasalnya iPhone 5S saat itu hanya menggunakan prosesor Apple A7 dengan teknologi dual core 64-bit. Padahal saat itu, para pesaingnya banyak menggunakan prosesor dengan teknologi quad-core dan octa-core. Namun, banyak orang tidak menyangkan bahwa iPhone 5S juga mampu menjalankan iOS 8 dengan sama baiknya, hal ini berarti bahwa dengan menggunakan Apple A7 sudah cukup untuk menjalankan iOS 8. Satu hal yang tidak pernah berubah dari Apple, Apple selalu memberikan sesuatu yang baru pada iPhone terbarunya, dan mereka selalu meningkatkan kinerja dari prosesornya. Apple iPhone 6 dan iPhone 6 plus dilengkapi dengan prosesor Apple A8 yang tentunya mampu bekerja lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya.

iphone 6
Memainkan game HD pada iphone 6

Sama seperti sebelumnya, spesifikasi prosesor yang ada pada iPhone 6 sepertinya tidak melambangkan untuk bisa menghasilkan performa yang bagus. iPhone 6 memiliki prosesor A8 dengan teknologi dual-core yang berjalan pada kecepatan 1.4 GHz, hal ini berarti prosesor iPhone 6 hanya naik sedikit jika dibandingkan dengan prosesor iPhone 5S yang memiliki kecepatan 1.3 GHz. Seperti yang telah dibayangkan sebelumnya, iPhone 6 memiliki PowerVR GPU dengan teknologi quad-core, sama seperti iPhone versi sebelumnya.

Bagaimanapun juga, Apple telah mengatur agar iPhone 6 mampu memberikan peningkatan performa yang signifikan dibandingkan dengan iPhone versi sebelumnya. iPhone 6 mampu bekerja 25% lebih tinggi untuk benchmark grafik dan 10% lebih tinggi pada benchmark CPU ketika dibandingkan dengan iPhone 5S.

Lalu apa artinya semua perbandingan benchmark tersebut? Hal tersebut berarti iPhone 6 memiliki performa yang cukup cepat atau mungkin sangat cepat.

Anda juga akan merasakan performa tersebut ketika menggunakannya. Berbagai fitur seperti Touch ID dan Apple’s Fingerprint mampu berjalan cukup cepat ketika mengunci atau membuka kunci ponsel tersebut. Menutup berbagai menu dan membuka aplikasi akan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan iPhone versi sebelumnya. Dan jika, anda merupakan orang yang suka memainkan game berbasis mobile, anda akan sangat menikmati memainkan game 3D dengan berbagai efek grafik pada layar yang lebar.

Sayangnya ada beberapa aplikasi yang tidak cukup enak untuk dijalankan pada iPhone 6. Seperti, aplikasi Facebook bawaannya. Aplikasi ini bisa menutup sendiri atau mungkin tidak bisa dijalankan. Namun tentunya hal ini bukan karena faktor dari lemahnya hardware dari iPhone 6, melainkan bug dari iOS 8 yang harus segera diperbaharui oleh pihak Apple.

Kesimpulan

Haruskah saya membeli iPhone 6?

iPhone 6 memiliki proporsi yang berbeda dibandingkan dengan iPhone versi sebelumnya, dengan layar sebesar 4.7 inci, iPhone 6 merupakan iPhone dengan layar paling lebar. Dengan layar yang cukup lebar, Apple berharap bisa memuaskan para pelanggannya dan mampu menyaingi Android yang telah lama hadir dengan ponsel pintar yang memiliki layar lebar. Dengan bentuk yang lebih tipis dan ringan mampu membuat iPhone 6 mudah digunakan meskipun anda memiliki tangan yang kecil.

Dengan menggunakan prosesor Apple A8, iPhone 6 mampu menghasilkan performa yang cukup bisa diandalkan. Hasil benchmark yang mampu mengungguli iPhone 5S, membuktikan bahwa iPhone 6 dapat bekerja dengan sangat cepat.

Salah satu hal yang bisa anda pertimbangkan adalah iPhone 6 memiliki perbedaan yang cukup besar dibandingkan versi sebelumnya, ponsel pintar ini merupakan sebuah perangkat yang mampu memenuhi kebutuhan anda. Dari hanya sekedar aktif di sosial media hingga memainkan game-game 3D.

Terakhir, untuk masalah harga, iPhone 6 dibandrol dengan harga lebih murah dibandingkan dengan iPhone 5S saat awal peluncurannya dan versi 64 GB dari iPhone 6 jelas lebih baik dibandingkan dengan para pendahulunya

Leave a Response