close

Cara Tepat Memilih Memory Card Smartphone

Memilih Memory Card Smartphone

Agar Smartphone bisa bekerja dengan baik dan sesuai harapan, ada baiknya mengerti terlebih dahulu bagaimana cara memilih memory card smartphone yang tepat. Saat ini smartphone menjadi salah satu aksesoris untuk ponsel yang paling penting untuk diperhatikan, Seiring dengan kemajuan kemampuan dan spesifikasi smartphone, kebutuhan terhadap media penyimpanan juga semakin besar. Terutama pada smartphone yang masih menggunakan kartu memori berukuran kecil.

Memilih Memory Card Smartphone

Sebenarnya, memory card tidak hanya berguna sebagai media penyimpanan saja, namun juga dapat memengaruhi kecepatan kinerja smartphone. Apabila salah pilih memory card, kerja di ponsel Anda bisa menjadi lamban. Lantas apa saja yang harus diperhatikan saat memilih memory card untuk smartphone? Berikut cara tepat untuk memilih memory card smartphone.

Perhatikan Ukuran Fisik

Memory card pada smartphone ada dua ukuran, yaitu 21,5×20 mm untuk mini SD dan 11×20 mm untuk micro SD. Sebelum membeli, pastikan terlebih dahulu ukuran memory card mana yang cocok untuk smartphone milik Anda. Jangan sampai salah membeli karena ukurannya tidak sesuai. Selain itu, ada baiknya jika membeli memory card yang dijual sepaket dengan adaptor SD card agar lebih mudah men-transfer data ke perangkat lain.

Pilih Merek yang Berkualitas Tinggi

Saat hendak membeli memory card, sebaiknya Anda memilih memory card yang dikeluarkan oleh brand-brand terkenal seperti V-Gen, SanDisk, atau Transcend agar lebih awet, walaupun harganya memang lebih tinggi. Perhatikan juga saat membeli, apakah memory card tersebut masih tersegel atau kondisinya sudah tidak utuh lagi. Selain itu, yang lebih penting ialah tetap berhati-hati karena saat ini banyak dijual memory card palsu dengan merek-merek terkenal.

Perhatikan Kapasitas Penyimpanan Data

Memory card dilihat dari kapasitas penyimpanan data serta spesifikasinya dibagi menjadi tiga jenis, yaitu SD card, SDHC, dan SDXC. Untuk SD card, didukung oleh format file FAT16 dengan kapasitas penyimpanan dari 32 hingga 2 GB. Kartu memori jenis ini paling sering digunakan untuk smartphone dan gadget lainnya. Sedangkan SDHC menggunakan format file FAT32, kapasitas penyimpanannya mulai dari 2 hingga 32 GB. Dan untuk SDXC menggunakan memiliki format file ExFAT dengan kapasitas penyimpanan mulai dari 32 GB hingga 2 TB. Jangan asal memilih memory card yang memiliki kapasitas besar. Anda harus melihat terlebih dahulu spesifikasi smartphone milik Anda, Apabila spesifikasi smartphone Anda tidak besar namun diberikan memory card yang berkapasitas besar, kinerja ponsel justru akan semakin lambat.

Lihat Kecepatan Transfer Data

Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan label class yang ada pada memory card tersebut. Label class menjadi penanda kecepatan baca dan transfer. Memory card memiliki beberapa kecepatan data, meliputi Class 2 dengan 2 MB/s, Class 4 dengan 4 MB/s, Class 6 dengan 6 MB/s, Class 8 dengan 8 MB/s, dan Class 10 dengan 10 MB/s.

Setelah mengetahui empat hal penting di atas, sebaiknya mulai saat ini Anda harus jeli saat memilih memory card smartphone agar lebih tepat. Jangan sampai, memory card yang dibeli justru bisa menurunkan kinerja ponsel Anda,

Leave a Response