close

Jaringan 4G LTE Kini Hadir Di Indonesia

jaringan 4g lte

jaringan 4g lteFourth-generation technology atau yang lebih kita kenal dengan Jaringan 4G LTE kini telah hadir di Indonesia. Koneksi 4G sendiri sebelumnya telah resmi di luncurkan pada Jakarta dan Bali, namun pemerintah sendiri telah mengakui jika akan meluncurkan 4G ke berbagai daerah. Surabaya, Bandung, Jogja, Semarang, Makassar dan Medan juga akan mendapatkan yang sama. Pada tanggal 22 Maret 2015 kemarin, Telkomsel secara resmi telah mengeluarkan jaringan 4G LTE di area Surabaya. Lalu apakah yang menyebabkan 4G begitu di nanti oleh banyak kalangan? Hal tersebut tidak lain karena $G LTE memiliki kelebihan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan teknologi 3G dan 2G. Jaringan 4G LTE mampu memberikan jaringan yang memiliki lebar yang cukup panjang, sehingga cocok untuk berbagai peralatan elektronik, terutama smartphone dan Modem.

Overview

Sebenarnya jaringan 4G yang ada di dunia di bagi menjadi 2, yaitu jaringan 4G WiMAX yang telah terlebih dahulu ada sejak tahun 2006 dan jaringan 4G LTE, yang baru kali ini masuk ke dalam Indonesia. LTE sendiri merupakan singkatan dari Long Term Evolution, jaringan ini sendiri telah ada di Swedia sejak tahun 2009.

Jika berpatok pada negara Indonesia, koneksi 4G WiMAX sebelumnya telah digunakan oleh pihak First Media sebagai layanan penyedia internet. Selanjutnya, teknologi LTE muncul, dan pertama kali digunakan oleh pihak Bolt Super 4G LTE sejak akhir tahun 2013.

Sebenarnya, sistem 4G mampu menyediakan solusi IP yang cukup besar sehingga suara, data dan arus multimedia bisa sampai ke dalam pengguna dengan waktu yang cepat dan tidak terpengaruh terhadap tempat. Dengan begitu, pengguna akan mendapatkan kecepatan yang cukup tinggi untuk transfer data. Dengan menggunakan teknologi 4G, kecepatan yang dihasilkan hingga bisa mencapai 1Gb/detik. Selain itu, 4G mampu menawarkan segala jenis layanan yang cukup terjangkau.

Sayangnya, layanan ini tidak bisa digunakan oleh sembarang perangkat. Tenang, karena Smartphone yang bisa menggunakan teknologi 4G di Indonesia sudah cukup banyak. Jadi, pengguna layanan 4G tidak perlu takut untuk tidak maksimal menggunakan layanan ini. Setiap perangkat yang memiliki jaringan 4G LTE mempunyai nomer IP v6 dan dilengkapi dengan kemampuan untuk bisa melakukan internet telephone yang berbasis SIP atau Session Initiation Protocol. Selain itu, dengan adanya jaringan 4G LTE pengguna bisa menggunakan semua jenis radio transmisi seperti GSM, CDMA, EDGE 2G, 2.5G. Kemampuan lainnya yang bisa dilakukan oleh jaringan 4G LTE adalah data dapat melakukan intergrasi suara dan data dalam channel yang sama.

jaringan 4g lte
Perbedaan efisiensi Jaringan 4G LTE dengan jaringan sebelumnya

Kini di Indonesia, Jaringan 4G LTE telah bisa dinikmati oleh banyak pengguna operator di Indonesia. Beberapa operator GSM di Indonesia seperti Telkomsel, XL, dan Indosat telah menyediakan layanan jaringan 4G LTE. Selain itu, terdapat juga operator CDMA yang juga menyediakan layanan 4G ini seperti Smartfren.

Pemerintah melalui Menkominfo juga telah menyediakan frekuensi sebesar 900 Mhz hingga 1800 Mhz yang bisa digunakan sebagai jalur dari 4G LTE. Dengan jalur data yang memiliki kecepatan yang tinggi, 4G diklaim tidak akan mengalami masalah yang berarti untu melakukan browsing, streaming hingga upload dan download. Dengan kenyamanan yang tinggi, pemerintah juga menghimbau untuk menggunakan koneksi ini dengan lebih bijak.

Di Indonesia, pengguna layanan jaringan 4G LTE sebenarnya terbagi menjadi 2, hal tersebut dibedakan dari cara membagi koneksi saat penggungahan dan pengunduhan. Kedua teknologi tersebut adalah FDD (Fixed Division Duplex) dan juga TDD (Time Division Duplex).

Di Indonesia sendiri layanan 4G LTE sebenarnya terbagi dalam dua tipe berdasarkan cara membagi koneksi saat download dan upload. Teknologi tersebut yaitu FDD (Fixed Division Duplex) dan TDD (Time Division Duplex). Operator seluler yang berbasis GSM di Indonesia saat ini lebih memilih mengadopsi teknologi FDD. Namun, satu hal yang harus diingat adalah untuk mendukung ekosistem jaringan 4G LTE ternyata tidak hanya dibutuhkan ketersediaan infrastruktur seperti BTS atau kartu SIM dari operator selular, tetapi juga dukungan perangkat atau ponsel yang juga sudah siap berjalan di jaringan 4G LTE tersebut.

Keuntungan Menggunakan Jaringan 4G LTE

Sebenarnya cukup banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh pelanggan ketika menggunakan jaringan 4G LTE ini, berikut akan kami paparkan beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika berlangganan teknologi jaringan terbaru ini

1. Kecepatan tinggi

Jaringan 4G LTE mampu mengantarkan anda ke dalam tingkat kenyamanan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan teknologi sebelumnya. LTE mampu menghasilkan kecepatan maksimal hingga 100 Mbps untuk pengunduhan (download). Meski operator akan memberikan batas kecepatan, hal tersebut masih bisa di maklumi karena pengguna tidak akan terganggu dalam merasakan kecepatan performa 4G LTE. LTE yang dibatasi oleh operator masih memiliki kecepatan dan stabilitas yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan jaringan 3G.

jaringan 4g lte
Perbandingan kecepatan jaringan 4G dengan yang lainnya

Dengan semakin bertambahnya kecepatan dan stabilitas dari jaringan sebelumnya ke dalam jaringan 4G LTE ini, akan membuat pada pembuat aplikasi akan memiliki lebih banyak opsi untuk bisa membuat antar muka dan kompleksitas aplikasi menjadi lebih baik. Tentu saja aplikasi seperti game, banking, sosial media, belanja dan streaming video akan menjadi lebih nyaman digunakan. Dengan semakin bertambanyak kecepatan Internet, mungkin ke depannya, pengguna tidak perlu lagi pergi ke rumah sakit jika sekedar melakukan konsultasi. Konsultasi bisa dilakukan via mobile streaming atau desktop streaming.

2. Memberikan kenyamanan menikmati Internet

Dengan menggunakan jaringan 4G LTE, pengguna fasilitas Internet akan semakin menikmati kenyamanan fasilitas Internet secara total. Hal tersebut tak lain karena dengan menggunakan jaringan ini pengguna akan lebih mudah dalam melakukan streaming musik dan video, melakukan pengunggahan dan pengunduhan data, serta melakukan sesuatu yang berhubungan dengan Internet menggunakan perangkat mobile akan lebih mudah. Tingkat kepuasan pelanggan yang sebelumnya hanya menggunakan jaringan 3G, semakin meningkat sejak keberadaan teknologi jaringan terbaru ini.

Standarisasi pada jaringan 4G LTE pun juga berubah, pada teknologi ini pertambahan kecepatan tidak hanya pada sisi download-nya saja, melainkan juga pada sisi upload-nya juga. Secara teori, kecepatan pengunggahan (upload) pada teknologi ini mampu mencapai 50 Mbps. Sangat jauh berbeda dengan apa yang kita dapatkan pada jaringan 3G.

3. LTE berbasis sistem all-IP

LTE merupakan jaringan yang telah mendukung fasilitas “packet voice”. Hal tersebut tak lain karena jaringan 4G LTE telah mendukung sistem all-IP. All-IP System akan dengan mudah memperbolehkan pengguna untuk bisa melakukan panggilan melalui digital data dan mengirim data tersebut melalui jaringan sebagai VOIP (Voice Over IP), namun karena jaringan ini telah berbasis LTE, maka lebih sering dipanggil dengan Voice Over LTE (VOLTE).

Packet Voice juga memiliki beberapa fitur terbaru seperti jika anda tidak ingin mengirimkan pesan suara, 4G LTE memperbolehkan anda untuk bisa mengirim pesan otomatis ketika orang yang anda telepon sedang dalam keadaan sibuk. Fitur lainnya adalah anda bisa mengetahui atau membagikan status anda ke dalam akun sosial media anda secara langsung.

1 Comment

Leave a Response