close

Mengenal Intel NUC: Generasi Baru Dari Komputer

[Mengenal Intel NUC: Generasi Baru Dari Komputer] – Perusahaan manufaktur komponen perangkat komputer desktop mungkin tidak memproduksi komputer dalam bentuk utuh, selain itu hal tersebut malah akan menjatuhkan perusahaan mereka karena secara tak langsung mereka akan berkomptisi dengan para pelanggan mereka. Tapi Intel melihat hal tersebut sebagai peluang yang tidak bisa dijangkau oleh penyedia komponen-komponen komputer yang ada. Intel yang notabene merupakan salah satu perusahaan yang cukup kuat dalam penyedia komponen prosesor, kini memberikan sebuah perangkat baru dan bisa dibilang sebagai generasi terbaru dari komputer. Dengan produknya bernama Intel NUC. NUC sendiri merupakan sebuah singkatan dari Next Unit of Computing, yang memiliki arti kurang lebih seperti generasi terbaru dari perangkat komputasi (komputer).Intel-NUC

Mengapa Intel menganggap Intel NUC milik mereka adalah perangkat komputasi generasi terbaru? Hal tersebut tak lain karena bentuk dari komputer ini kini lebih kecil dan cukup portable. Ukuran dari perangkat ini berkisar diangka 10 x 10 cm dengan tinggi maksimal sebesar 5 cm. Lalu sebenarnya bagaimana cara kerja perangkat ini? Komponen apa saja yang ada di dalam perangkat ini? Sudahkah perangkat ini memiliki kemampuan yang cukup mumpuni? dan apakah harga dari Intel NUC ini sesuai dengan performa yang ditawarkan? Pada artikel ini kami akan mengupas secara detail mengenai perangkat terbaru dari komputer ini.

Overview

Mungkin Apple dengan Macbook Pro terbarunya kini sedang menyita perhatian hampir seluruh mata di dunia, namun Intel NUC pun tidak kalah dalam menarik perhatian masyarakat dunia. Diperkenalkan pada sekitar awal tahun 2014, perangkat komputer mini milik Intel ini mampu menghadirkan solusi bagi kebutuhan perkantoran atau rumahan di jaman ini. Bentuknya yang kecil mampu membuat perangkat ini diletakkan hampir di semua bagian dari ruangan, bahkan NUC bisa di pasang di belakang layar sehingga sangat hemat ruangan. Disini kita sudah mendapat pengelihatan bahwa NUC merupakan sebuah perangkat komputer yang cukup minimalis.

Intel-NUC
Peletakan Intel NUC pada bagian belakang monitor

Dengan bentuknya yang minimalis, Intel hanya menjual bodi dan juga prosesor serta motherboard-nya. Artinya perangkat Intel NUC ini hampir mirip dengan PC rakitan biasa, pengguna bisa menambahkan komponen-komponen yang dikehendaki pada Intel NUC ini. Slot RAM yang ada pada perangkat ini sama dengan slot RAM dari notebook, jadi bentuk RAM akan lebih kecil jika dibandingkan dengan RAM pada PC. Maksimal RAM yang bisa ditambahakan mampu mencapai 16 GB (2 port, 1 port senilai 8 GB). Bagaimana dengan drive penyimpanan? Sama halnya dengan RAM, Intel juga telah menyediakan slot yang bisa digunakan untuk HDD sebesar 2.5”, pengguna juga bisa melakukan kombinasi drive penyimpanan antara HDD dan SSD. Untuk konektivitas yang digunakan oleh Intel NUC, pengguna harus menambahkan wireless card sendiri, sekali lagi Intel sudah memberikan slotnya, dan pengguna tinggal memasang wireless card tersebut. Interface seperti port USB, HDMI dan juga koneksi LAN telah terpasang pada bagian belakang dari NUC ini.

Pengguna Intel NUC bisa memilih prosesor yang digunakan mulai dari Intel Pentium hingga Intel Core i5. Generasi yang digunakan mulai dari generasi IvyBridge hingga Broadwell. Jadi, perangkat ini hampir sama dengan perangkat PC yang anda gunakan sehari-hari, bahkan kemampuan yang diberikan bisa melebihi PC anda (tergantung spesifikasi) dan juga konsumsi tenaga yang dibutuhkan lebih kecil dari kebanyakan PC yang ada. Dengan komposisi yang sesuai anda bisa menggunakan perangkat ini sebagai perangkat gaming dan juga kerja sekaligus.

Keuntungan Intel NUC

1. Ukuran bukan penentu performa

Dengan ukuran yang cukup kecil, banyak orang meragukan kinerja dari Intel NUC, tapi hal tersebut sebaiknya dibuang jauh-jauh karena performa dari PC ini cukup meyakinkan (meski setiap performa sangat bervariasi tentunya, tergantung dari komponen yang anda gunakan). Pada percobaan di Desktop WorldBench, Intel NUC yang memiliki spesifikasi yang sama dengan Dell XPS 27 touch mampu memiliki nilai yang lebih tinggi jika dibandingan dengan PC tersebut. Selain itu, jika dibandingkan dengan PC All-In-One harga NUC bisa jauh lebih murah dan jika kita amati bahwa sangat jarang sekali PC All-In-One yang memiliki integrated VGA yang cukup bertenaga.

Intel-NUC
Sistem yang ada di dalam Intel NUC

Intel NUC tidak hanya berguna untuk kegiatan komputasi juga. NUC mampu menjadi sebagai perangkat entertaiment, serta perangkat pendukung pada dapur, tempat tidur atau mungkin di garasi milik anda. Sistem yang ditawarkan oleh NUC cukup mengesankan dan mampu membantu produktivitas pengguna. Dengan didukung oleh teknologi seperti Intel Quick Sync Video, pengguna bisa memperkecil ukuran dari sebuah video atau gambar hingga 2 kali lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran sebelumnya.

Intel-NUC
Gambaran Intel NUC

Bahkan perangkat ini pun sangat cocok untuk kegiatan-kegiatan pada perusahaan yang cukup besar. Intel NUC mampu digunakan untuk para pengguna yang melakukan pekerjaan komputasi dasar mulai dari mengetik hingga para pekerja desainer ringan. Tentunya kapabilitas dari komponen yang ada ada NUC sangat mempengaruhi pekerjaan anda. Pengguna juga tinggal menggunakan mouse dan keyboard wireless untuk lebih menambahkan kesan portable pada perangkat ini.

Mungkin bagi anda penggemar game, perangkat ini tidak seberapa kami sarankan. Dan tampaknya pengguna juga mengetahui hal ini. Intel hanya memberikan kartu grafik yang dedicated milik mereka, yaitu Intel HD. Pengguna bisa memilih Intel HD sesuai dengan tingkat dari prosesor. Semakin tinggi prosesor maka akan semakin tinggi pula Intel HD yang akan didapatkan. Ketika menggunakan Intel HD 4000, 4400 atau 5000, Intel NUC masih bisa memainkan game high-end seperti Crysis 3 atau BioShock Infinite dengan kecepatan frame menyentuh angka 30 fps. Bahkan game berjalan pada resolusi HD, namun kualitas gambar di turunkan menjadi “low”.

2. Kemampuan tinggi di dalam bentuk yang kecil

Kehadiran Intel NUC secara tidak langsung akan menggoyangkan pasar PC ke depannya. Perangkat ini tampak bisa menjadi salah satu perangkat alternatif dalam pemilihan PC oleh para pengguna. Dengan tenaga yang sama bahkan lebih, namun konsumsi tenaga yang lebih kecil, membuat Intel NUC mampu menjadi pesaing tinggi bagi PC yang ada di pasaran. Selain itu, NUC juga memiliki kemampuan dibongkar pasang komponennya untuk bisa mengikuti perkembangan yang ada. Pengguna hanya menghabiskan dana sekitar 8 jutaan untuk bisa mendapatkan NUC dengan spesifikasi yang paling tinggi (sudah dengan sistem operasi Windows 8.1).

Mungkin salah satu yang disayangkan adalah pihak Intel menggabungkan prosesor langsung dengan motherboard-nya. Sehingga sangat menyusahkan pengguna untuk selanjutnya bisa mengganti prosesor yang diinginkan. Selain itu, semua komponen yang ada pada Intel NUC bisa diganti/ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan dari pengguna. Jika anda hanya menggunakananya untuk keperluan komputasi yang biasa-biasa saja, NUC dengan harga sekitar 3 jutaan sudah bisa mengakomodasi keperluan anda.

NUC merupakan perangkat dengan kombinasi yang cukup unik yang dijadikan dalam 1 paket berbentuk kecil. Selain itu, Intel NUC mampu memiliki performa dan efisiensi tenaga yang tinggi pula. Dan untuk saat ini mungkin tidak ada Desktop PC yang mampu menyaingi atau menyamai bentuknya yang kecil. Jika anda pikir jika bentuk yang kecil tidak mampu menghantarkan performa yang menawan, Intel NUC siap menjadi bukti bahwa pemikiran seperti itu merupakan kesalahan yang besar di era yang berkembang ini.

Leave a Response